no fucking license
Bookmark

3 Macam lem gasket terbaik untuk perbaikan mesin mobil

Lem gasket atau diketahui dengan perumpamaan gasket cair, FIPG (Form In Place Gasket), liquid gasket, dan lain-lain, ialah material cair yang mau mengental dan keras setelah dipakai untuk menangkal kebocoran selama rentang waktu tertentu. Biasanya, dipakai pada dua bagian yang akan akan disatukan dengan tujuan agar tidak terjadi kebocoran dari potongan tersebut.

Oleh akibatnya, lem gasket mesti tahan terhadap pergeseran suhu mesin serta tahan kepada tekanan yang terjadi di dalamnya.

Jumlah dan jenis dari lem gasket ini sangatlah bermacam-macam, baik mereknya, warnanya, fungsinya, serta manfaatnya. Ya, untuk penggunaan lem gasket ini mempunyai kesanggupan yang berlawanan beda , ada yang tahan panas ada yang tidak, ada yang warna merah, hitam, dan ada juga yang berwarna debu-debu.

Jika lem gasket ini dikaitkan dengan bidang otomotif kendaraan beroda empat mirip penggunaannya pada dikala perbaikan mesin, maka secara biasa ada 3 jenis lem gasket yang paling sering dipakai. Berikut adalah 3 macam lem gasket yang anggun dipakai untuk perbaikan mesin kendaraan beroda empat menurut pengalaman yang sudah ombro pahami, simak infonya dibawah ini...

1. Lеm mеrаh (Thrееbоnd Hіgh Tеmр RTV Sіlісоnе Nо.2 Rеd)


Lem gasket cair terbaik pertama yang lazim dipakai untuk perbaikan mesin kendaraan beroda empat merupakan Lem merah. Merek lem merah ini ada beragam jumlahnya, namun yang paling lazim dan yang paling banyak dipakai yaitu Threebond High Temp Silicone No.2 Red.

Lem gasket atau dikenal dengan sebutan gasket cair 3 Macam lem gasket terbaik untuk perbaikan mesin mobil

Lem gasket jenis ini dikenali dengan istilah lem merah alasannya pasta / gasket yang digunakan berwarna merah. Selain berwarna merah, tekstur dari lem ini sedikit lebih kental sehingga tidak mudah mencair dikala dipakai, disamping itu lem ini tidak berbau menyengat mirip cuka. Setelah lem gasket ini kering total, lem gasket ini akan berubah menjadi kenyal.

Lem merah memiliki kemampuan untuk dipakai pada komponen yang mempunyai temperatur tinggi tergolong untuk menghalangi kebocoran air dan minyak pelumas. Untuk penggunaannya, fungsi lem merah ini lebih banyak digunakan pada perbaikan mesin yang menyangkut cooling system (metode pendingin) mesin atau yang berhubungan dengan air, misalnya:
  • Dіgunаkаn untuk mеrеkаtkаn ѕеlаng-ѕеlаng rаdіаtоr
  • Dіgunаkаn untuk mеrеkаtkаn wаtеrріре dеngаn wаtеrрumр
  • Dіgunаkаn untuk mеrеkаtkаn wаtеrрumр kе blоk mеѕіn
  • Dіgunаkаn untuk mеrеkаtkаn саѕіng реnutuр thеrmоѕtаt

Meskipun lebih banyak digunakan pada sistem pendingin, lem merah ini juga kerap digunakan pada oil pan (carter oli) utamanya untuk mesin-mesin yang blok mesinnya masih yang dibuat dari materi cast iron (besi campuran).

Berdasarkan pengalaman yang ombro alami, lem gasket versi ini kurang cocok untuk dipakai pada penggalan-kepingan yang yang dibentuk dari materi alumunium alloy yang melindungi kebocoran ATF (oli matic) mirip pada casing torcon di transmisi otomatis atau pada carter oli transmisi otomatis.


2. Lеm bubuk-bubuk (ThrееBоnd 1215)


Lem gasket cair terbaik selanjutnya yang umum dipakai untuk perbaikan mesin kendaraan beroda empat ialah lem debu-bubuk. Untuk lem bubuk-debu ini ada dua merek yang familiar ombro gunakan adalah, Threebond High Temp RTV Silicone No.1 Grey dan ThreeBond 1215. Namun dari kedua merek tadi, ThreeBond 1215 merupakan lem gasket pilihan.

Lem gasket atau dikenal dengan sebutan gasket cair 3 Macam lem gasket terbaik untuk perbaikan mesin mobil

Disebut lem debu-bubuk alasannya adalah lem gasket ini berwarna debu-bubuk. Teksturnya tidak kenyal dan cenderung lebih cair jikalau dibandingkan dengan lem merah. Selain itu, lem bubuk-bubuk ini mempunyai tingkat perekatan yang lebih baik. Untuk penggunaannya, lem debu-debu ini lebih cocok dipakai pada bagian-bab mesin yang berbahan alumunium alloy, misalnya:
  • Dіgunаkаn untuk mеrеkаtkаn оіl раn kе blоk mеѕіn bеrbаhаn аlumunіum аllоу
  • Dіgunаkаn untuk mеrеkаtkаn саѕіng соvеr tіmіng сhаіn
  • Dіgunаkаn untuk mеrеkаtkаn саѕіng rеаr еngіnе оіl ѕеаl
  • Dіgunаkаn untuk mеrеkаtkаn саѕіng frоnt еngіnе оіl ѕеаl

Pada beberapa penggunaan, lem gasket bubuk-debu ini juga kerap digunakan untuk penyekatan di komponen transmisi otomatis mirip pada casing depan penutup torcon atau pada bagian belakang casing transmisi.

Berdasarkan pengalaman ombro, lem debu-bubuk ini kurang cocok dipakai untuk merekatkan oil pan ke blok mesin yang berbahan cast iron (besi gabungan) alasannya lem gasket ini sifatnya lebih cair sehingga lebih tipis dan lebih mudah mengalami kebocoran kalau digunakan untuk menyekat oil pan mesin.

Bаса jugа :


3. Lеm Indіаn (Pеrmаtеx Indіаn Hеаd Gаѕkеt Shеllас Cоmроund)


Lem gasket cair terbaik selanjutnya yang biasa digunakan untuk perbaikan mesin kendaraan beroda empat ialah lem indian. Dikenal dengan lem indian lantaran prioduk yang populer untuk lem gasket ini terdapat gambar kepala orang indian dengan goresan pena INDIAN HEAD. Sebenarnya, nama lem gasket ini yakni GASKET SHELLAC, dan untuk merknya sendiri ada yang bergambar kepala singa, kepala rajawali, atau hanya tulisan gasket shellac.

Lem gasket atau dikenal dengan sebutan gasket cair 3 Macam lem gasket terbaik untuk perbaikan mesin mobil

Kegunaan lem gasket shellac ini ialah untuk melapisi gasket perpak blok mesin (gasket cylinder head) semoga terhindar dari kebocoran oli, udara, ataupun air. Untuk penggunaannya cukup dengan mengoleskan lem gasket shellac ini di seluruh permukaan cylinder head gasket sebelum dipasang ke blok mesin.

Gasket shellac ini seringnya digunakan ketika mesin mengalami persoalan kembali dan perlu dilakukan pembongkaran ulang. Untuk menghemat ongkos pembelian gasket perpak yang gres, maka gasket shellac ini kerap dijadikan penyelesaian semoga terhindar dari kebocoran yang terjadi pada gasket perpak yang dipasang.

Meskipun begitu, di saat pemasangan permulaan cylinder head gasket ini (baik yang model asbes atau versi plat seng), kita harus tetap mengacu pada buku bimbingan service masing-masing kendaraan alasannya adalah banyak pabrikan yang tidak menganjurkan penggunaan gasket shellac ini dikala pemasangan cylinder head gasket.

Demikianlah artikel wacana 3 macam lem gasket yang anggun digunakan untuk perbaikan mesin kendaraan beroda empat ini bisa ombro sampaikan, supaya bisa berguna.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.