no fucking license
Bookmark

Bagian-bagian pompa bahan bakar mekanik beserta fungsinya

Saat ini, pompa materi bakar (atau lebih sering disebut fuelpump) secara umum terbagi menjadi 2 tipe, tipe mekanikal dan tipe elektrikal. Pompa materi bakar tipe mekanikal lebih banyak didapatkan pada kendaraan beroda empat-kendaraan beroda empat lama (apalagi untuk kendaraan beroda empat yang diproduksi sebelum tahun 2000) yang menggunakan metode karburator, sedangkan tipe elektrikal lebih banyak ditemukan pada kendaraan beroda empat-kendaraan beroda empat dengan metode injeksi.

Pompa bahan bakar berfungsi untuk menghisap bahan bakar dari fuel tank (tangki bahan bakar) dan memompanya kembali menuju ke karburator atau ke injektor.

Jika tipe elektrikal memakai tenaga listrik, maka pompa bahan bakar tipe mekanikal melaksanakan pekerjaan secara mekanis berdasarkan gerak naik turun rocker arm yang digerakkan oleh camshaft untuk menghisap dan memompa materi bakar.

Nah, pada postingan kali ini, ombro akan menyebarkan gosip perihal bab-pecahan pompa bahan bakar mekanik berserta fungsinya. Berikut merupakan bab-bab pompa materi bakar mekanik di kendaraan beroda empat..

  Pompa bahan bakar tipe mekanikal lebih banyak ditemukan pada mobil Bagian-bagian pompa bahan bakar mekanik beserta fungsinya


1. Kаtuр mаѕuk (іnlеt vаlvе)


Katup masuk (inlet valve) merupakan katup kawasan masuknya bahan bakar yang dihisap dari fuel tank dan disaring oleh fuel filter untuk kemudian dialirkan kedalam ruang pemompaan materi bakar. Jadi, sebelum materi bakar dipompa, materi bakar akan dihisap masuk melalui katup inlet ini.

Katup inlet ini bersifat "one way" valve yang artinya katup ini hanya akan mengalirkan materi bakar masuk kedalam saja dan menahan materi bakar yang hendak keluar lewat katup ini.


2. Kаtuр kеluаr (оutlеt vаlvе)


Katup keluar (outlet valve) yaitu katup yang dipasang pada ruang outlet tempat keluarnya bahan bakar sesudah dipompa. Katup keluar ini terhubung dengan karburator kendaraan beroda empat, sehingga anutan materi bakar ang dipompa dan mengalir keluar dari katup outlet ini kemudian akan dimasukkan kedalam unsur karburator.

Katup outlet juga mempunyai sifat dan kerja yang serupa dengan katup inlet, yakni bersifat "one way" sehingga idemateri bakar yang sudah dipompa keluar tidak dapat masuk kembali melalui katup ini.


3. Dіаfrаgmа (dіарhrаgm)


Diafragma (diaphragm) kerap disebut membran sebab yang dibuat dari materi karet khusus yang tahan terhadap materi bakar sehingga tidak gampang rusak atau sobek.

Diafragma bersifat elastis dan berfungsi untuk menghisap masuk bahan bakar kedalam ruang pemompaan. Selain itu diafragma juga berfungsi untuk kemudian mendorong keluar materi bakar menuju ke karburator lewat katup outlet. Kaprikornus difragma ini akan menghisap materi bakar kemudian mendorong bahan bakar keluar menuju karburator.

Dalam mekanisme kerjanya, diafragma ini terhubung dengan pull rod dan rocker arm yangakan bergerak naik turun sesuai dengan putaran camshaft.


4. Oіl ѕеаl


Oil seal pada pompa materi bakar mekanik berfungsi untuk menangkal oli mesin masuk kedalam ruang daerah diafragma berada. Jika oil seal ini bocor, maka oli mesin akan masuk kedalam diafragma dan akan menciptakan diafragma menjadi cepat rusak.


5. Bаtаng реnаrіk (рull rоd)


Batang penarik (pull rod) meruapakan sebuah batang yang berfungsi untuk menarik diafragma ke arah bawah (menghisap bahan bakar). Sedangkan untuk mengembalikan posisi batang penarik ini digunakan spring (pegas ) yang dipasang serempak dengan diafragma.


6. Sіlіndеr blоk


Silinder blok merupakan silinder blok mesin yang mempunyai lubang kawasan pemasangan pompa bahan bakar mekanik ini dimana rocker arm akan masuk kedalam dan bersentuhan dengan cam shaft mesin. Bisa dikatakan silinder blok ini merupakan tempat kedudukan dari pompa materi bakar mekanik.

Pada sebagian versi kendaraan beroda empat, pompa materi bakar mekanik juga ada yang dihubungkan lewat silinder head.

Bаса jugа :


7. Rосkеr аrm


Rocker arm merupakan lengan yang menghubungkan pull rod dengan camshaft. Rocker arm akan bergerak menarik atau mendorong batang penarik sesuai dengan posisi cam lobe yang ada di camshaft. Jika tonjolan camlobe mengenai permukaan rocker arm, maka pull rod akan kepincut sehingga baan bakar akan terhisap masuk.


8. Cаm ѕhаft


Camshaft terhubung dengan putaran mesin. Saat mesin berputar, camshaft akan ikut berputar. Pada camshaft ini terdapat camlobe (penggalan yang mempunyai tonjolan) sehingga sewaktu cam berputar, ia akan menggerakkan rocker arm naik dan turun sehingga terjadilah pemompaan bahan bakar dari tangki menuju ke karburator.


9. Pеgаѕ (ѕрrіng)


Pegas (Spring) pada pompa materi bakar mekanik berfungsi untuk mengembalikan posisi rocker arm semoga senantiasa terhubung dengan camshaft sekaligus berfungsi untuk membantu gaya dorong pada diafragma saat prose mendorong baan bakr menuju ke karburator.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.