no fucking license
Bookmark

Berapa lama cas aki mobil ?

Berapa usang cas aki kendaraan beroda empat ? Pertanyaan yang satu ini sering terlontar ketika kita gres berbelanja aki ataupun saat ingin melakukan pengisian ulang aki kendaraan beroda empat. Untuk aki kendaraan beroda empat yang kondisinya baru, saat ini sudah banyak yang mampu pribadi dipasang dan dipakai langsung pada kendaraan.

Meskipun begitu, dari beberapa pengalaman yang kami lalui, melaksanakan pengisian aki sebelum digunakan akan lebih baik jadinya ketimbang tidak mengisinya. Namun begitu, cas aki ini juga memerlukan waktu biar risikonya bisa elok dan aki tetap awet dipakai.

 Pertanyaan yang satu ini sering terlontar saat kita baru membeli aki ataupun saat ingin m Berapa lama cas aki mobil ?

Lamanya cas aki kendaraan beroda empat itu sendiri intinya tergantung dari besarnya kapasitas aki yang mau di isi. Semakin besar kapasitas aki yang dimiliki, lazimnya akan makin lama pula waktu yang diinginkan. Selain itu, usang pengecasan juga dipengaruhi dari besarnya arus dan tegangan charger yang dipakai.

Ada 2 cara yang sering di kerjakan ketika melakuan pengisian aki kendaraan beroda empat yakni pengisian lambat (Slow Charging) dan pengisian cepat (Fast Charging), kedua cara ini akan menghipnotis lamanya waktu cas aki kendaraan beroda empat.


1. Pеngіѕіаn Lаmbаt (Slоw Chаrgіng)


Pengisian lambat (Slow Charging) ialah pengisian yang menggunakan besaran arus listrik dari alat cas aki yang dihitung sebesar 10 % dari kapasitas aki yang mau di cas.

Sebagai pola, bila kita mempunyai aki dengan kapasitas 50 AH (Ampere Hour), maka besaran arus yang dipakai untuk cas aki dengan pengisian lambat ialah sebesar 5 A ( 50 x (10/100)). Ini artinya kita membutuhkan alat cas aki yang mampu mengeluarkan arus listrik minimal 5A.

Untuk menghitung lama waktu pengisian aki, kita bisa memakai rumus pengisian aki sebagai berikut

"Lаmа реngіѕіаn (jаm) = (Bеѕаr kараѕіtаѕ аkі [AH] / Bеѕаr аruѕ сhаrgіng [AH]) + 20% Hаѕіl реmbаgіаn kараѕіtаѕ/аruѕ сhаrgіng."


Cоntоh;

Sebuah aki kendaraan beroda empat memiliki kapasitas sebesar 50 AH, maka arus yang diinginkan untuk cas aki dengan pengisian lambat merupakan 10% dari 50 AH yaitu 5 A. Maka, lama waktu yang dibutuhkan untuk cas aki dengan pengisian lambat ialah
= (50 AH/ 5 AH) + ((20/100) x 10)
= 10 + 2
= 12 jam

Oleh alasannya adalah itu, untuk melakukan pengisian aki dengan kapasitas 50 AH dengan menggunakan pengisian lambat (slow charging) ber arus 5A di butuhkan waktu selama 12 jam.

Bаса jugа :


2. Pеngіѕіаn Cераt (Fаѕt Chаrgіng)


Jika pengisian lambat mempunyai batasan arus sebesar 10%, maka untuk pengisian cepat (Fast Charging) besaran arus yang digunakan merupakan diantara 10-40 % dari kapasitas aki yang mau di cas.

Artinya, jikalau kapasitas aki yang mau di cas sebesar 50 AH, maka besaran arus maksimal yang bisa dipakai untuk mengecas aki tersebut dengan memakai cara pengisian cepat merupakan sebesar 20 Ampere saja. Lebih dari itu, aki kendaraan beroda empat bisa cepat rusak.

Untuk lama waktu pengisiannya, Anda mampu menjumlah dengan cara yang sama menggunakan rumus pengisian aki yang telah diterangkan diatas (pada pengisian lambat).

Cоntоh;

Sebuah aki kendaraan beroda empat mempunyai kapasitas 50 AH, maka arus yang dibutuhkan untuk cas aki dengan cara pengisian cepat (Fast Charging) yakni 40% dari 50 AH adalah 20 A. Maka, usang waktu yang diperlukan untuk cas aki kendaraan beroda empat dengan cara pengisian cepat yakni
= (50 AH/ 20 AH) + ((20/100) x 2,5)
= 2,5 + 0,5
= 3 jam

Dengan begitu, pengisian aki dengan kapasitas 50 AH yang memakai tata cara pengisian cepat (Fast Charging) di perlukan waktu selama 3 jam.

Oleh alasannya Pengisian cepat (Fast Charging) yakni pengisian aki dengan arus listrik yang sangat besar, maka ketika cas aki kendaraan beroda empat tersebut mesti dijalankan secara benar dan hati-hati.

Perlu di ingat, bahwa melaksanakan pengisian cepat (Fast Charging) kurang di rekomendasikan, selain resiko yang lebih besar dikala cas aki, pengisian cepat ini berpeluang mampu merusak sel aki lebih cepat.

Jika alat cas aki kendaraan beroda empat yang anda miliki mempunyai sistem automatic stop, ada baiknya untuk memakai automatic stop tersebut biar pengecasan aki mampu dijalankan secara optimal.

Demikianlah cara untuk mengkalkulasikan dan mengenali berapa usang cas aki kendaraan beroda empat bisa dijalankan, biar bisa berguna.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tірѕ-dаn-саrа
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.