Jika slip pada permukaan jalan terjadi, ban yang slip akan terseret oleh laju kendaraan. Hal ini bisa menjadikan ban tersebut menjadi cepat aus dan rusak serta menciptakan pengemudian menjadi tidak nyaman.
Untuk mengetahui bagaimana cara kerja gardan, seharusnya kita perlu mengetahui apa saja unsur-komponen utama gardan beserta keterkaitannya untuk memudahkan pemahaman. Berikut yakni unsur-unsur gardan sederhana
- Drіvе Pіnіоn Gеаr : tеrhubung dеngаn рrореllеr ѕhаft (аѕ kореl) dаn fіnаl rіng gеаr
- Fіnаl rіng gеаr : tеrhubung dеngаn drіvе ріnіоn gеаr dаn dіраѕаng mеnуаtu dеngаn dіffеrеntіаl саѕе.
- Dіffеrеntіаl саѕе : tеrhubung dеngаn rіng gеаr dаn ѕеbаgаі rumаh/ hоuѕіng dаrі 2 ріnіоn gеаr
- Pіnіоn gеаr : tеrhubung dеngаn dіffеrеntіаl саѕе dаn ѕіdе gеаr kаnаn dаn kіrі
- Sіdе gеаr : tеrhubung dеngаn аxlе ѕhаft (аѕ rоdа) kаnаn dаn kіrі
- Axlе ѕhаft : tеrhubung dеngаn rоdа kаnаn dаn rоdа kіrі
Setelah mengatahui posisi dan letak komponen-kepingan gardan, berikut yakni cara kerja gardan dan pedoman tenaga dan putaran yang dihasilkan dikala mobl berjalan lurus dan berbelok.
Pаdа dіkаlа kеndаrааn bеrоdа еmраt bеrlаngѕung luruѕ
Pada dikala kendaraan beroda empat berjalan lurus, keadaan kedua roda kanan dan kiri berada dalam kecepatan dan putaran yang sama, disamping itu beban yang ditanggung oleh roda kanan dan kiri juga sama. Hal ini menyebabkan seluruh kepingan gear di dalam differential ini bergerak dengan kecepatan yang serupa dan menjadi satu kesatuan.
Perpindahan putaran yang terjadi di propeller shaft akan diteruskan untuk memutar drive pinion gear. Selanjutnya, drive pinion gear akan memutar ring gear. Pada ring gear terdapat differential case sehingga dikala ring gear berputar, maka differential case juga ikut berputar.
Dengan ikut berputarnya differential case, maka pinion gear (yang dihubungkan ke differential case dengan memakai pinion shaft), juga akan terbawa dan ikut berputar bersama dengan differential case.
Karena beban dan kecepatan putaran antara roda kiri dan roda kanan merupakan sama pada dikala mobil berlangsung lurus , maka pinion gear akan mengikat side gear kiri dan side gear kanan untuk berputar dalam satu kesatuan.
Perhatikan unsur pinion gear dan side gear pada gambar animasi dibawah yang bekerja menjadi satu kesatuan.
Jadi, pada di saat kendaraan beroda empat berlangsung lurus, pinion gear tidak berputar pada poros nya (pinion shaft). Pinion gear hanya mengikat dan menenteng side gear untuk ikut berputar bahu-membahu dengan differential case dalam kecepatan putaran yang serupa.
Ketika differential case berputar satu kali, maka side gear juga berputar satu kali juga, demikianlah seterusnya dalam kondisi lurus. Karena side gear terhubung dengan as roda (axle shaft), maka putaran side gear ini kemudian akan diteruskan untuk memutar as roda dan menggerakkan roda.
Bаса jugа :
- Cаrа kеrjа роrоѕ рrореllеr
- 4 Mоdеl gаrdаn kеndаrааn bеrоdа еmраt (dіffеrеntіаl)
- Mеngеnаl dіffеrеntіаl/gаrdаn kеndаrааn bеrоdа еmраt
Pаdа ѕааt kеndаrааn bеrоdа еmраt jаlаn bеrbеlоk
Pada ketika mobil jalan berbelok, beban yang ditanggung pada roda kepingan dalam yakni lebih besar ketimbang beban yang ditanggung pada roda potongan luar. Karena beban yang ditangung roda bagian dalam lebih besar, maka kecepatan putar roda belahan dalam juga menjadi lebih lambat dibanding dengan roda serpihan luar.
Sebagai contoh, ketika kendaraan beroda empat berbelok ke kiri, maka beban roda kiri akan lebih besar dibandingkan dengan roda kanan, begitu pula dengan kecepatan putarnya, putaran roda kiri akan lebih lambat dibanding roda kanan. Berikut cara kerja gardan pada ketika mobil berbelok
Putaran dari propeller shaft akan diteruskan untuk memutar drive pinion gear. Selanjutnya, drive pinion gear akan memutar ring gear. Pada ring gear terdapat differential case sehingga di saat ring gear berputar, maka differential case juga ikut berputar.
Ketika kendaraan beroda empat berbelok ke kiri, maka beban roda kiri lebih besar dari roda kanan. Hal ini bikin side gear untuk roda kiri akan memberi perlawanan terhadap pinion gear untuk tidak ikut berputar.
Akibat daya perlawanan (daya menahan) yang terjadi pada side gear untuk roda kiri, maka hal ini bikin pinion gear berputar pada porosnya sekaligus mengitari side gear untuk roda kiri.
Berputarnya pinion gear pada side gear kiri menjadikan putaran pada side gear kanan (yang terhubung dengan as roda kanan) menjadi lebih cepat. Perhatikan putaran kedua side gear kanan dan kiri pada animasi dibawah berikut yang menggambarkan putaran side gear kanan lebih cepat dari kiri dikala kendaraan beroda empat berbelok ke kiri
Oleh alasannya side gear ini terhubung dengan axle shaft roda (as roda) maka gerakan side gear ini juga akan diteruskan ke roda dengan kondisi putaran roda kanan akan lebih singkat dibanding dengan putaran roda kiri.
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tеоrі-Otоmоtіf
0 Response to "Cara kerja gardan pada mobil"
Post a Comment
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.