Cara mencari top kompresi mobil

Top kompresi kendaraan beroda empat ditandai dengan posisi piston yang sedang dalam posisi puncak (berada di Titik Mati Atas) dan sedang dalam langkah kompresi (saat kedua katup intake dan exhaust dalam posisi tertutup). Oleh alasannya mesin mobil kerap mempunyai lebih dari satu silinder mesin, maka hal yang paling umum dilakukan merupakan dengan manandakan top kompresi kendaraan beroda empat pada silinder no.1.

Dengan memutuskan top kompresi pada silinder no.1, biasanya, top kompresi pada silinder selanjutnya juga akan mengikuti sehingga cukup lewat silinder no.1 saja. Selain itu, pada silinder no.1 juga lazimnya sudah di rancangan oleh pihak pabrikan semoga bagian-mesin yang lain memiliki ciri khusus sehingga memudahkan dalam proses perawatan dan perbaikan kendaraan.

Namun begitu, seringkali dalam melaksanakan perbaikan kita juga kerap mengalami beberapa hambatan, mulai dari lupa atau memang potongan yang dipakai tidak ori dan ialah copotan dari versi lain tetapi tetap bisa dipasang. Hal ini kerap menciptakan kita kesulitan untuk menentukan top kompresi kendaraan beroda empat.

Nah, pada postingan kali ini, ombro akan menyebarkan kiat bagaimana cara mencari top kompresi mobil, simak tipsnya dibawah berikut ini.


1. Mеlаluі tаndа (mаrk) dі kоmроnеn tеrtеntu


Cara mencari top kompresi kendaraan beroda empat yang pertama ialah lewat tanda (mark) di unsur-komponen tertentu mesin. Tanda ini biasanya dibuat secara khusus, ada yang berupa tanda titik, tanda garis I, atau tanda v. Tanda-tanda ini lazimnya dipasangkan pada kepingan mesin yang hendak mensugesti posisi top kompresi mesin yakni :

Pаdа kоmроnеn сrаnkѕhаft

Di komponen crankshaft ini, kita dapat mengetahui tanda top kompresi mesin pada beberapa komponen diantaranya :
  • Crаnkѕhаft ѕрrосkеt (tіmіng bеlt dаn tіmіng сhаіn) уаng bіаѕаnуа dіtаndаі dеngаn tаndа tіtіk
  • Crаnkѕhаft gеаr (kеndаrааn bеrоdа еmраt dеngаn tіmіng gеаr), dіtаndаі jugа dеngаn tаndа tіtіk
  • Dаmреr рullеу (рulі сrаnkѕhаft), dіtаndаі dеngаn tаndа kаrаktеr I аtаu V раdа реnggаlаn tері dаmреr рullеу

Pаdа kоmроnеn саmѕhаft

Melalui camshaft sprocket timing belt atau timing chain yang lazimnya ditandai dengan tanda garis I atau titik.

Pаdа bеlаhаn flуwhееl

DI beberapa tipe kendaraan beroda empat, ada yang menampilkan tanda top kompresi mesin di belahan flywheel, tepatnya disisi samping unsur tersebut. Umumnya memakai tanda I dengan angka 0 yang dicetak di flywheel.

Tanda-tanda pada belahan tersebut mesti disamakan posisinya pada tanda top yang lazimnya ditempel di dinding blok mesin (untuk crankshaft) atau silinder head (untuk camshaft). Jadi, tanda yang ada di sprocket, posisinya mesti ketemu dengan tanda yang ada pada dinding silinder blok atau silinder head. Perhatikan contohnya pada gambar dibawah berikut ini

Top kompresi mobil ditandai dengan posisi piston yang sedang dalam posisi puncak  Cara mencari top kompresi mobil

Pada gambar kiri, ialah tanda top kompresi di penggalan camshaft sedangkan untuk gambar kanan ialah tanda top kompresi di serpihan crankshaft lewat damper pulley.

Untuk mencari top kompresi kendaraan beroda empat, kita mesti menyamakan kedua tanda pada penggalan camshaft dan bagian crankshaft. Tanda-tanda tersebut harus disamakan pada dikala yang bantu-membantu sehingga kita bisa memperoleh top kompresi kendaraan beroda empat. Berikut teladan posisi top kompresi kendaraan beroda empat L300 yang menggunakan timing belt

Top kompresi mobil ditandai dengan posisi piston yang sedang dalam posisi puncak  Cara mencari top kompresi mobil


2. Mеlаluі роѕіѕі саm lоbе dі ѕіlіndеr nо.1


Cara mencari top kompresi kendaraan beroda empat yang berikutnya yakni lewat posisi cam lobe di silinder no.1. Ya, posisi cam lobe mampu menunjukkan informasi terkait posisi katup (klep) pada silinder tersebut. Untuk mengetahui silinder no 1, secara lazim silinder mesin no 1 terletak dibagian mesin yang posisinya paling akrab dengan komponen timing belt/chain atau gear.

Perhatikan contohnya pada gambar dibawah berikut

Top kompresi mobil ditandai dengan posisi piston yang sedang dalam posisi puncak  Cara mencari top kompresi mobil

Untuk mampu mencari top kompresi mesin, kita bisa mempergunakan posisi cam lobe pada silinder no 1 tersebut yang terdapat di masing-masing camshaft (intake/exhaust)

Jika posisi cam lobe pada silinder no 1 menekan klep (valve) menandakan posisi katup sedang terbuka sehingga tidak termasuk dalam posisi top kompresi. Namun, jikalau posisi cam lobe tidak menekan klep (valve) menunjukan bahwa klep dalam posisi tertutup dan bisa digunakan selaku indikator bahwa silinder mesin berada pada posisi top kompresi. Perhatikan pola posisi noken as di bawah berikut

Top kompresi mobil ditandai dengan posisi piston yang sedang dalam posisi puncak  Cara mencari top kompresi mobil

Top kompresi mobil mampu diketahui jikalau posisi cam lobe berada pada posisi yang sedang tidak menekan katup, perhatikan pada gambar cam lobe diatas sebelah kiri. Pastikan kedua klep intake dan exhaust pada silinder no.1 sedang dalam posisi tertutup (tidak ditekan oleh cam lobe). Dengan begitu, kita sudah mampu mendapatkan bahwa silinder 1 bab silinder headnya sudah dalam posisi top kompresi.

Bаса jugа :


3. Mеlаluі роѕіѕі ріѕtоn ѕіlіndеr nо.1


Cara mencari top kompresi kendaraan beroda empat yang terakhir yakni lewat posisi piston silinder no.1. Sebenarnya cara ini lebih subyektif, alasannya hanya dapat dijalankan pada kendaraan beroda empat yang memilki lubang pada silinder head sempurna di atas piston mirip misalnya lubang busi atau pada lubang nosel injektor common rail diesel.

Top kompresi mobil ditandai dengan posisi piston yang sedang dalam posisi puncak  Cara mencari top kompresi mobil

Cukup dengan membuka busi kemudian masukan kawat lurus kedalam lubang tersebut kemudian teruskan dengan memutar crankshaft hingga kita menerima kawat yang bergerak naik dan sesaat turun kembali.

Kawat tersebut akan terdorong oleh piston saat crankshaft diputar. Posisi kawat yang paling tinggi mernandakan posisi piston yang juga sedang dalam posisi tertinggi di titik mati atas.

Untuk memutuskan posisi top kompresi mobil, tentukan piston sudah dalam posisi paling tinggi dan cam lobe pada silinder no.1 diposisi tidak menekan valve.

Demikianlah postingan cara mencari top kompresi kendaraan beroda empat yang dapat ombro sampaikan, biar bisa bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tірѕ-dаn-саrа

0 Response to "Cara mencari top kompresi mobil"

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.