no fucking license
Bookmark

Cara mengatasi lampu mundur mati pada mobil avanza

Lampu mundur berfungsi selaku sinyal isu terhadap orang lain bahwa mobil yang kita kendarai akan bergerak mundur. Umumnya, lampu mundur memakai warna putih, selain alasannya adalah hukum yang berlaku, warna putih pada lampu mundur juga berfungsi untuk menerangi jalan dibelakang saat kondisi gelap seperti malam atau dikala berada di basement.

Meskipun lampu mundur ini tidak sepenting lampu sein dan lampu kepala, tetapi lampu mundur yang mati tetap saja akan membahayakan bagi si pengendara ataupun orang lain disekitar kendaraan ini.

Nah, pada postingan kali ini, ombro akan membicarakan bagaimana sih cara menanggulangi lampu mundur mati pada mboil avanza? Simak langkah-langkah menanggulangi lampu mundur mati seperti dibawah berikut ini.


1. Pеrіkѕа ѕеkrіng/Fuѕе lаmрu mundur


Langkah pertama dan paling gampang untuk menangani lampu mundur mati yaitu dengan menilik kondisi sekring / fuse. Ya, salah satu penyebab lampu mundur avanza mati yakni selesai sekring lampu mundurnya putus.

Pada kendaraan beroda empat avanza, aba-aba sekring lampu mundur avanza ini ditandai dengan arahan IG1/BACK dengan ukuran 7.5 Ampere dan berwarna coklat. Sekring lampu mundur avanza ini terletak pada fusebox (bok sekring) yang terletak di dalam kabin kendaraan beroda empat, tepatnya terletak dibawah setir pecahan kanan, erat dengan posisi kaki kanan supir. Bаса: Artі аrаhаn ѕеkrіng mоbіl tоуоtа аvаnzа bеrіkut роѕіѕіnуа

Lampu mundur berfungsi sebagai sinyal informasi kepada orang lain bahwa mobil yang kita ke Cara mengatasi lampu mundur mati pada mobil avanza

Sekring yang putus akan menyebabkan anutan listrik dari aki mobil menuju lampu mundur menjadi terputus dan tidak bisa mengalir sehingga lampu mundur tidak akan menyala. Periksalah sekring tersebut, jikalau putus secepatnya ganti dengan sekring yang ukurannya sama kemudian periksa kembali apakah lampu mundur sudah menyala atau belum.

Jika lampu mundur sudah menyala, maka dilema cuma dari sekringnya saja. Namun, jikalau lampu mundur masih belum menyala simak langkah kedua dibawah berikut.


2. Pеrіkѕа bоhlаm lаmрu mundur


Langkah berikutnya selaku cara menangani lampu mundur mati pada kendaraan beroda empat avanza yakni dengan melakukan pemeriksaan pada bohlam lampu mundur. Sebaiknya anda membuka rear combination lamp dan mengeluarkan bohlam lampu mundur dari casingnya untuk memastikan pemeriksaan dikerjakan dengan benar.

Bohlam lampu mundur kendaraan beroda empat avanza memakai bohlam lampu tipe wedge base bening (tipe lampu yang diketahui selaku tipe lampu bohlam cucuk atau cumi). Daya yang dipakai untuk lampu mundur kendaraan beroda empat avanza ini adalah sebesar 16 watt.

Lampu mundur berfungsi sebagai sinyal informasi kepada orang lain bahwa mobil yang kita ke Cara mengatasi lampu mundur mati pada mobil avanza

Periksalah kondisi lampu mundur dengan teliti, kalau tampaklampu terlihat menghitam atau kawat filamen di dalamnya putus, maka anda mesti menggantinya dengan bohlam lampu yang baru yang tipenya sama seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Jika, tidak putus, perhatikanlah posisi pemasangan bohlamnya apakah terpasang dengan benar atau tidak, periksa juga kondisi soket lampunya, apakah cacat atau tidak. Jika lampu gres sudah dipasang namun lampu mundur masih tetap mati, kerjakan langkah selanjutnya dibawah berikut


3. Pеrіkѕа ѕаklаr/ѕwіtсh lаmрu mundur


Jika lampu mundur masih mati dan belum mau menyala, langkah selanjutnya adalah dengan mengusut saklar/switch lampu mundur. Switch ini letaknya ada dibagian transmisi. Letak switch lampu mundur avanza ini umumnya ada di sisi sebelah kiri di transmisi. Perhatikan letak switch lampu mundur avanza mirip pada gambar dibawah berikut ini

Lampu mundur berfungsi sebagai sinyal informasi kepada orang lain bahwa mobil yang kita ke Cara mengatasi lampu mundur mati pada mobil avanza

Untuk pemeriksaan yang benar, sebaiknya kita membuka switch dan mengukurnya dengan memakai avometer. Jika saklar mampu terhubung dan terputus dikala diukur, ini menunjukan saklar dalam kondisi baik dan wajar .

Namun, jikalau kita tidak memiliki avometer, kita bisa memakai seutas kabel yang sudah dikupas penggalan ujungnya (mampu juga menggunakan kawat atau paper clip). Selain lebih gampang, cara ini juga ampuh untuk menetapkan apakah penyebab lampu mundur mati ini dari switch atau bukan. Berikut caranya :
  • Pаѕtіkаn bоhlаm lаmрu mundur ѕudаh tеrраѕаng.
  • Lераѕ ѕосkеt kоnеktоr ѕwіtсh lаmрu mundur dі trаnѕmіѕі.
  • Pіlіh ѕосkеt уаng mеngаrаh kе kаbеl-kаbеl kеndаrааn bеrоdа еmраt (bukаn уаng mеngаrаh kе ѕаklаr/ѕwіtсh mundur).
  • Sаmbungkаn kеduа ріn kоnеktоr dаlаm ѕоkеt tеrѕеbut dеngаn kаbеl уаng ѕudаh kіtа ѕіарkаn ѕеbеlumnуа.
  • Putаr kunсі kоntаk kе роѕіѕі ON.
  • Pеrhаtіkаn lаmрu mundurnуа.
Jika lampu mundur menyala, maka saklar/switch lampu mundur memiliki masalah dan perlu diganti. Jika tidak menyala, maka teruskan pemeriksaan terakhir dengan langkah dibawah berikut.

Bаса jugа :


4. Pеrіkѕа grоund dаn jаlur kеlіѕtrіkаn lаmрu mundur


Lampu mundur berfungsi sebagai sinyal informasi kepada orang lain bahwa mobil yang kita ke Cara mengatasi lampu mundur mati pada mobil avanza

Langkah terakhir selaku cara menanggulangi lampu mundur mati yakni dengan mengusut grounding lampu serta jalur kelistrikan untuk lampu mundur kendaraan beroda empat sahabat. Periksalah socket-soket sambungan serta untuk lampu mundur, pastikan tidak ada yang terputus.

Jika hal ini dirasa menyusahkan, maka ada baiknya kawan dekat menjinjing mobilnya ke bengkel-bengkel kendaraan beroda empat terdekat yang paham untuk menangani lampu mundur mati ini.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.