no fucking license
Bookmark

Cara menghilangkan goresan pada mobil

Bodi kendaraan beroda empat tergores atau baret-baret memang seiring waktu pasti akan terjadi, apalagi bila kendaraan beroda empat digunakan untuk perjalanan harian dan minim perawatan. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab ukiran pada kendaraan beroda empat diantaranya, gesekan kuku tangan dikala membuka pintu, baret selesai menyerempet ranting-ranting pohon, atau terkena pentalan watu di jalan.

Goresan-goresan ini kalau dibiarkan lambat laun akan merusak permukaan cat dan bahkan bisa merusak performa kendaraan beroda empat semuanya. Oleh lantaran itu diperlukanlah tindakan pencegahan dan perbaikan agar kerusakan tidak menjalar sehingga membuat performa kendaraan beroda empat menjadi tidak mengenakan.

baret memang seiring waktu pasti akan terjadi Cara menghilangkan goresan pada mobil

Salah satu cara irit yang bisa dilaksanakan yakni dengan menetralisir gesekan tersebut dikit demi sedikit. Dan tahukah anda bahwa untuk menetralisir tabrakan ringan, anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Nah, pada postingan kali ini, ombro akan mengembangkan tips cara menetralisir ukiran pada mobil. Namun sebelumnya kita perlu mengidentifikasi dan menyelidiki seberapa parah ukiran yang terjadi. Simak cara identifikasi tabrakan pada mobil seperti dibawah berikut ini...

I. Idеntіfіkаѕі / сеk gеѕеkаn уаng аdа


Sebelum menetralisir gesekan pada kendaraan beroda empat, ada baiknya kita mengamati goresannya apalagi dulu. Ada tabrakan yang masih bisa dihilangkan dan adapula tabrakan yang sudah tidak mampu dihilangkan kecuali dengan melaksanakan cat ulang. Dibawah berikut merupakan teladan baret dan ukiran pada kendaraan beroda empat

Gоrеѕаn Rіngаn

Goresan ringan yakni tabrakan yang tidak terlalu berefek pada permukaan cat. Biasanya tabrakan ini muncul sebab permukaan dari benda yang terserempet ikut melekat pada bodi kendaraan beroda empat yang berserempetan. Perhatikan teladan gesekan ringan yang ada pada gambar dibawah ini

baret memang seiring waktu pasti akan terjadi Cara menghilangkan goresan pada mobil

Mengatasi ukiran ringan, umumnya cukup dengan menggunakan scratch remover guna menetralisir ukiran yang ada, selanjutnya menyertakan cairan polish untuk mengkilapkan warna dan menyempurnakan hasil pemolesan.

Gоrеѕаn Sеdаng

Goresan sedang yaitu tabrakan yang memiliki efek pada permukaan cat namun tidak menciptakan cat tersebut mengelupas semuanya. Bekas kuku pada body akrab handle pintu atau serempetan dengan semak-semak dan tumbuhan dijalan merupakan salah satu contoh gesekan sedang. Perhatikan umpamanya seperti gambar dibawah berikut.

baret memang seiring waktu pasti akan terjadi Cara menghilangkan goresan pada mobil

Mengatasi baret / gesekan sedang, lazimnya diinginkan materi penghilang goresan yang cukup kuat menyerupai contohnya rubbing compound (kompon) atau heavy duty cleaner yang kemudian dilanjutkan dengan menyertakan polesan dengan cairan polish untuk menyamarkan dan mengkilapkan kembali warna pada bodi kendaraan beroda empat.

Gоrеѕаn Dаlаm

Goresan dalam yakni gesekan yang menciptakan permukaan cat pada kendaraan beroda empat terkelupas. Untuk body dengan bahan plastik, biasanya akan terlihat warna hitam plastik. Sedangkan untuk body kendaraan beroda empat dengan bahan plat akan terlihat warna silver/ perak seperti warna logam. Perhatikan pola ukiran dalam seperti gambar dibawah ini.

baret memang seiring waktu pasti akan terjadi Cara menghilangkan goresan pada mobil

Untuk menetralisir baret /ukiran dalam pada bodi kendaraan biasanya cuma mampu dijalankan dengan mengecat ulang body yang tergores tersebut.

Dari identifikasi /cek tabrakan yang ada, maka cara untuk menetralisir tabrakan pada kendaraan beroda empat cuma mampu dijalankan kalau yang terjadi yaitu tabrakan ringan dan tabrakan sedang. Sedangkan untuk tabrakan dalam anda perlu mengecat ulang pecahan tersebut.

Bаса jugа :


II. Cаrа mеnеtrаlіѕіr bаrеt / tаbrаkаn раdа kеndаrааn bеrоdа еmраt


Dibawah berikut ialah tindakan dan cara menetralisir gesekan pada kendaraan beroda empat

1. Sіарkаn аlаt dаn mаtеrі уаng dіреrlukаn

Untuk ukiran ringan dan gesekan sedang, maka kita hanya membutuhkan beberapa alat saja ialah:
  • Sсrаtсh rеmоvеr аtаu rubbіng соmроund
  • Cаіrаn роlіѕh
  • Lар рlаѕ сhаmоіѕ (kаnеbо)
  • Bеbеrара lеmbаr kаіn lар kеrіng уаng hіgіеnіѕ
  • Sаrung tаngаn
  • Aіr untuk mеmbеrѕіhkаn kаlаu dіhаrарkаn

2. Bеrѕіhkаn bаgіаn уаng tеrgоrеѕ dаrі kоtоrаn

Langkah berikutnya adalah membersihkan apalagi dahulu kepingan yang tergores dari kotoran dan bubuk yang ada. Hal ini penting dilakukan biar kotoran dan debu yang ada tidak melekat pada pasta scratch remover atau rubbing compound (kompon) lantaran bisa memperparah tabrakan yang ada.

Jika cuma bubuk ringan, cukup bersihkan dengan kain lap yang bersih saja, tetapi kalau ada kotoran tanah, ada baiknya basuh terlebih dulu dengan air bersih dan keringkan dengan lap plas chamois (konebo) dan lap kering.

3. Olеѕі rubbіng соmрund раdа реrmukааn уаng tеrgоrеѕ

Gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan anda. Kemudian ambil scratch remover atau rubbing compound seperlunya. Oleskan rubbing compound dengan gerakan melingkar diatas gesekan yang ada dengan memakai kain lap kering yang bersih.

Karena sifat rubbing compund ini keras, kerjakan pemolesan dengan lembut. Jangan terlalu keras menekan lantaran mampu bikin cat terkikis lebih cepat. Ulangi pemolesan dengan rubbing compund pada bagian yang lain yang tergores hingga tabrakan samar dan hilang.

4. Ulаngі mеmоlеѕ hіnggа gеѕеkаn mеnjаdі ѕаmаr

Lakukan memoles dengan rubbing compound hingga seluruh tabrakan yang ada tampaksamar dan menghilang. Pastikan seluruh gesekan yang ada sudah dicompound dengan merata sampai ukiran menghilang. Lalu bersihkanlah sisa compund dengan kain lap kering sampai bersih.

5. Gunаkаn саіrаn роlіѕh untuk mеnуеmрurnаkаn реmоlеѕаn

Langkah terakhir yakni dengan menggunakan cairan polish untuk membersihkan dan mengkilapkan bekas polesan yang ada. Gosokkan secara merata cairan polish ke bagian yang tergores. Lalu bersihkan semuanya dengan lap kering yang bersih.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.