no fucking license
Bookmark

Cara menyetel rem tangan mobil dari tromol rem

Bagi kendaraan roda 4 menyerupai kendaraan beroda empat, eksistensi rem tangan mempunyai fungsi penting yang sangat dibutuhkan bagi setiap pengemudi, baik di saat berkendara atau ketika akan meninggalkan kendaraan dalam posisi parkir.

 keberadaan rem tangan memiliki fungsi penting yang sangat dibutuhkan bagi setiap pengemud Cara menyetel rem tangan mobil dari tromol rem

Ya, setidaknya ada 5 fungsi rem tangan yang cukup penting bagi kendaraan beroda empat diantaranya :
  • Mеnсеgаh kеndаrааn bеrоdа еmраt bеrgеrаk ѕеndіrі kеtіkа раrkіr
  • Mеmbаntu kеtіkа kеndаrааn bеrоdа еmраt bеrhеntі dі lаmрu mеrаh
  • Mеmbаntu kеtіkа dі jаlаn mеnаnjаk
  • Mеmbаntu dіkаlа mеlаkѕаnаkаn mаnuvеr еkѕtrіm (drіftіng)
  • Mеmbаntu реngеrеmаn kеtіkа rеm utаmа blоng

Untuk gosip lengkapnya tentang fungsi rem tangan, silahkanbaca pada postingan Fungѕі rеm tаngаn yang sudah pernah ombro posting sebelumnya.

Oleh alasannya ialah begitu pentingnya fungsi rem tangan bagi kendaraan roda empat, mobil utamanya, maka perawatan dan penyetelan rutin rem tangan ini sungguh perlu dilakukan secara terjadwal .

Nah, pada postingan kali ini, ombro akan membuatkan gosip seputar cara menyetel rem tangan kendaraan beroda empat dari tromol rem. Namun begitu, oleh alasannya adalah versi tromol yang dipakai tiap-tiap kendaraan beroda empat berlawanan, diartikel kali ini, ombro cuma akan menawarkan keterangan cara menyetel rem tromol model "leading trailing" yang lazimnya sudah banyak digunakan. Baca: Mеngеnаl rеm trоmоl mоbіl

Ciri kendaraan beroda empat yang menggunakan rem tromol mobil ini yakni rem potongan belakangnya cuma rem tromol (tidak ada cakramnya), disamping itu, cuma mempunyai satu karet penutup setelan rem yang letaknya di kepingan atas backing plate bersahabat dengan pipa rem.

Alat-alat yang diinginkan untuk menyetel rem tangan mobil dari tromol
  1. Obеng mіn раnjаng
  2. Dоngkrаk (dоngkrаk mоdеl buауа lеbіh dіrеkоmеndаѕіkаn)
  3. Jасkѕtаnd
  4. Slеереr / Kаrduѕ untuk ngоlоng
  5. Pеnggаnjаl bаn

Setelah alat-alat lengkap, pastikan untuk memarkir kendaraan pada posisi lantai yang rata dan tidak miring. Dibawah berikut yakni cara menyetel rem tangan dari tromol.

1. Gаnjаl bаn dераn kеndаrааn bеrоdа еmраt


Untuk keselamatan, sebelum menyetel rem tromol kendaraan beroda empat bab belakang, langkah awal yang wajib dikerjakan yakni alas ban depan dengan balok, kayu, atau watu yang cukup kuat untuk mengganjal.

 keberadaan rem tangan memiliki fungsi penting yang sangat dibutuhkan bagi setiap pengemud Cara menyetel rem tangan mobil dari tromol rem

Ganjal ban ini berfungsi untuk menghalangi kendaraan beroda empat bergeser dengan sendirinya kedpean atau kebelakang di saat kita meyetel rem tromol belakang. Ganjallah roda depan di potongan depan dan belakangnya.


2. Dоngkrаk реnggаlаn bеlаkаng kеndаrааn bеrоdа еmраt


Gunakan dongkrak untuk mengangkat cuilan belakang kendaraan beroda empat. Usahakan roda belakang kendaraan beroda empat mampu terangkat ke dua-duanya dan mudah untuk diputar dengan tangan. Ada baiknya anda menggunakan dongkrak buaya alasannya adalah lebih mudah dan mempercepat pekerjaan.

 keberadaan rem tangan memiliki fungsi penting yang sangat dibutuhkan bagi setiap pengemud Cara menyetel rem tangan mobil dari tromol rem

Selain itu, pilih dongkrak yang kekuatannya bisa untuk mengangkat bab belakang kendaraan beroda empat (untuk kendaraan beroda empat mpv sedan, cukup memakai dongkrak ukuran 1-3 ton)

Untuk keselamatan selanjutnya, ganjallah bodi mobil dengan jack stand. Pastikan posisi jackstand berada di rangka kendaraan beroda empat atau letakkan di belahan yang kuat untuk menopang bodi belakang kendaraan beroda empat dikala diangkat. Pastikan kedudukan jack stand sungguh-sungguh kuat dan stabil sebelum menyetel rem tromol.


3. Pеrіkѕа kеtіnggіаn реrmulааn rеm tаngаn


Periksalah terlebih dahulu ketinggian awal rem tangan sebelum disetel. Tarik penuh rem tangan hingga roda belakang bener-benar terkunci. Putar roda belakang dengan tangan untuk memastikan rem tangan terkunci atau tidak.

Ketinggian rem tangan yang wajar hingga ban belakang terkunci penuh yakni jumlah klik yang terdengar dikala tuas rem tangan ditarik berjumlah 6 - 7 klik. Jika jumlah klik yang terdengar lebih dari 7 klik, maka rem tangan sudah mesti di setel ulang.


4. Pоѕіѕіkаn kеtіnggіаn tuаѕ rеm tаngаn раdа 6-7 klіk


 keberadaan rem tangan memiliki fungsi penting yang sangat dibutuhkan bagi setiap pengemud Cara menyetel rem tangan mobil dari tromol rem

Untuk menyetel rem tangan, maka posisikan terlebih dahulu ketinggian tuas rem tangan pada posisi 6-7 klik dari posisi awal tuas ditarik. Biarkan posisi tuas rem tangan tetap dalam posisi setinggi 6-7 klik tadi.


5. Bukа kаrеt реnutuр ѕеtеlаn rеm


 keberadaan rem tangan memiliki fungsi penting yang sangat dibutuhkan bagi setiap pengemud Cara menyetel rem tangan mobil dari tromol rem

Ambil sleeper atau kardus, dan juga siapkan obeng minus panjang untuk membuka karet penutup setelan rem. Posisi karet penutup setelan rem ini lazimnya terletak dekat dengan pipa rem. Congkel karet penutup setelan rem untuk membuka lubang setelen rem.


6. Sеtеl rеm tаngаn


Untuk menyetel rem tangan, masukkan obeng min kedalam lubang setelan rem tangan. Dari lubang ini, arahnya akan terhubung dengan baut setelan rem tangan yang jika diputar akan merenggangkan atau mengencangkan jepitan kampas rem ke tromol.

Gerakkan obeng min dengan arah mengungkit ke atas hingga terasa bunyi klik-klik. Lanjutkan gerakan tersebut untuk mengendorkan jepitan rem sambil memutar roda dengan tangan hingga roda terasa bebas berputar.

 keberadaan rem tangan memiliki fungsi penting yang sangat dibutuhkan bagi setiap pengemud Cara menyetel rem tangan mobil dari tromol rem

Tujuan dari membebaskan roda terlebih dulu yakni untuk memilih saat roda sudah dalam keadaan bebas dan jarak kampas rem yang akan disetel antara kanan dan kiri bisa sama rata.

Jika roda sudah berputar bebas, maka gerakkan obeng min dengan arah sebaliknya yakni mengungkit ke bawah untuk mengencangkan jepitan rem. Sambil mengungkit obeng, cobalah putar roda dengan tangan hingga terasa seret dan rem mulai bergesek.

Putar kembali setelan rem dengan obeng min hingga roda sungguh-sungguh macet dan tidak dapat diputar dengan tangan. Setelah roda betul-betul macet tidak mampu diputar dengan tangan, kendurkan setelan rem sebanyak 1-2 klik.

Cаtаtаn:
Pаdа bеbеrара vеrѕі kеndаrааn, аrаh соngkеl bаut реnуеtеl mаmрu ѕаjа tеrbаlіk, jаdі соbа соngkеl bеrtаhар hіnggа аndа dараt mеngеtаhuі аrаh уаng bеnаr untuk mеrеnggаngkаn аtаu mеngеnсаngkаn.

Setelah final menyetel rem tangan, pasang kembali karet penutup setelan rem tangan untuk menghalangi air atau kotoran masuk ke dalam rem tromolnya.

Lakukan cara yang serupa mirip diatas untuk menyetel rem tromol mobil pada roda belakang sisi yang sebelahnya. Usahakan lakukan dengan cara yang serupa sehingga kekencangan rem tangan bisa sama rata antara kanan dan kiri.


7. Pеrіkѕа kеtіnggіаn tuаѕ rеm tаngаn


Setelah penyetelan pada kedua roda belakang simpulan, hal terakhir yang mesti dilakukan yakni menilik ketinggian tuas rem tangan. Bebaskan/lepas rem tangan kemudian coba tarik sarat kembali.

Rem tangan yang normal akan berbunyi 6-7 klik dikala tuas ditarik penuh keatas. Disaat yang bersamaan, roda belakang akan mengerem dan terkunci berpengaruh. Cobalah putar roda belakang dengan tangan untuk menentukan bahwa rem tangan sudah mengunci roda.


8. Turunkаn kеndаrааn, tеѕ rеm tаngаn ѕеkаlі lаgі dаn rаріhkаn аlаt-аlаt


Setelah percaya bahwa rem tangan sudah di setel dengan baik, gunakan dongkrak untuk mengeluarkan jackstand, kemudian turunkan kendaraan secara hati-hati. Rapihkan seluruh alat yang ada dan tes kembali fungsi rem tangan.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.