no fucking license
Bookmark

Cara test manual sensor ckp (crankshaft position sensor) Avanza dengan multimeter

Sensor CKP atau singkatan dari Crankshat Position Sensor merupakan salah satu unsur pada metode EFI yang berfungsi untuk mengukur kecepatan putaran mesin, membaca sudut dan posisi crankshaft, serta menentukan waktu injeksi bahan bakar dan pengapian.

Sensor CKP memegang peran penting bagi kinerja mesin alasannya adalah ia secara pribadi mendeteksi putaran crankshaft guna menentukan kapan bahan bakar harus di injeksikan dan kapan pengapian harus dinyalakan.

Sensor CKP atau singkatan dari Crankshat Position Sensor merupakan salah satu komponen pad Cara test manual sensor ckp (crankshaft position sensor) Avanza dengan multimeter

Kerusakan pada sensor CKP, lazimnya akan berpengaruh pribadi pada mesin kendaraan beroda empat seperti mesin sukar dihidupkan, mesin sering mati tiba-tiba, lampu MIL menyala, mesin bergetar saat idling, dan masih banyak lagi dilema mesin lainnya yang mau timbul dikala sensor CKP ini rusak (baca: 6 Gеjаlа ѕеnѕоr CKP ruѕаk уаng аkаn tіmbul dі mеѕіn )

Dalam memilih apa penyebab problem mesin mirip acuan diatas memang tidak melulu selesai sensor CKP rusak. Oleh alasannya itu, diperlukanlah alat scanner untuk mengetahui apa penyebab utama dari problem mesin tadi.

Secara umum, untuk kendaraan beroda empat dengan tata cara OBDII yang mengalami kerusakan sensor CKP akan menyalakan lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) di dashboard. Dan pada scanner tool akan menampilkan DTC (Diagnose Trouble Code) dengan arahan DTC P0335 bertuliskan "Crankshaft Position Sensor A Circuit Malfunction".

Selain itu, kerusakan sensor CKP juga kerap memperlihatkan aba-aba DTC P0339 bertuliskan "Crankshaft Position Sensor A Circuit Intermitten".

Salah satu cara untuk menentukan sensor CKP ini rusak atau tidak yaitu dengan melaksanakan test manual sensor CKP dengan multimeter. Namun, oleh alasannya adalah model dan bentuk CKP ini berbeda-beda pada tiap-tiap kendaraan beroda empat, kita mesti menetapkan cara pengukurannya dengan mengikuti buku isyarat service sensor CKP pada masing-masing kendaraan beroda empat.

Dan pada artikel kali ini, ombro cuma akan memberikan berita wacana cara test manual sensor CKP avanza tahun 2010 yang pada sensor CKP-nya cuma mempunyai 2 pin kabel pada socketnya. Dibawah berikut ialah cara test manual sensor CKP Avanza

1. Sіарkаn Multіmеtеr


Siapkan multimeter (semestinya gunakan multimeter digital) untuk pengukuran tahanan/ kendala/ resistansi merupakan set pada ohmmeter. Lakukan "zero calibration" untuk keakuratan nilai pengukuran.


2. Sіарkаn Sеnѕоr CKP уаng аkаn dіukur.


Untuk kendaraan beroda empat avanza 2010 ini, sensor CKP terletak didepan mesin dengan posisi dibawah bersahabat dengan pulley crankshaft. Sebaiknya dilepas untuk membuat lebih mudah pengukuran sekaligus untuk melaksanakan pemeriksaan fisik sensor.


3. Hubungkаn ріn 1 CKP ѕеnѕоr dеngаn kаbеl mеrаh (kоnkrеt) multіmеtеr


Pasanglah kabel merah (nyata) multimeter di pin no 1 pada CKP sensor. Pastikan Probe multimeter menjamah pin dengan baik dan benar biar pengukuran bisa dilaksanakan dengan benar.

Bаса jugа :


4. Hubungkаn ріn 2 CKP ѕеnѕоr dеngаn kаbеl hіtаm (nеgаtіf) multіmеtеr


Pasanglah kabel hitam (negatif) multimeter di pin no 2 CKP sensor. Pastikan probe menempel dengan benar. Perhatikan pola pengukuran ibarat pada gambar dibawah berikut.

Sensor CKP atau singkatan dari Crankshat Position Sensor merupakan salah satu komponen pad Cara test manual sensor ckp (crankshaft position sensor) Avanza dengan multimeter

Sebagai aksesori, untuk langkah no 3 dan 4 diatas, posisi kabel dan pin boleh dipasang secara terbalik hal ini mengingat sensor ckp avanza dengan 2 pin kabel ini ialah bagian elektro yang berbentukkumparan di dalamnya


5. Bаса hаѕіl ukur dаn bаndіngkаn dеngаn tаbеl bеrіkut


Bacalah hasil ukur sensor CKP pada layar pengukuran multimeter, kemudian bandingkan kesudahannya menyerupai pada tabel dibawah berikut

Hubungаn Tеѕtеr Kоndіѕі ѕuhu Kоndіѕі ѕреѕіfіkаѕі
1 - 2 Dіngіn (kurаng dаrі 50˚C) 1630 - 2740 оhm
Pаnаѕ (lеbіh dаrі 50˚C) 2065 - 3225 оhm

Jika hasil ukur tidak cocok dengan tabel, hal ini menunjukan bahwa sudah terjadi kerusakan pada sensor CKP tersebut. Gantilah sensor CKP dengan yang baru.

Demikianlah artikel ihwal cara test manual sensor ckp kendaraan beroda empat avanza 2010 dengan multimeter yang dapat ombro sampaikan, supaya bisa berkhasiat.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.