Ciri-ciri radiator tersumbat

Radiator pada kendaraan beroda empat merupakan bagian tata cara pendingin mesin yang berfungsi untuk mencampakkan panas mesin lewat cairan pendingin mesin dengan memakai sumbangan kipas radiator baik berupa viscous fan ataupun motor fan radiator.

Di dalam radiator inilah suhu cairan pendingin mesin di dinginkan untuk kemudian dimasukkan kembali kedalam mesin guna menyerap panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran mesin. Karena pentingnya fungsi radiator bagi mesin dan dikala terjadi kerusakan pada radiator, hal ini bisa menyebabkan mesin gagal berputar balasan overheat dan macet.

Penyebab mesin overheat ini lumayan banyak, mulai dari adanya kebocoran air pendingin, water pump yang rusak, hingga radiator yang tersumbat. Ya, radiator tersumbat juga bisa membuat mesin overheat, lantas apa saja ciri-ciri radiator tersumbat yang bisa kita ketahui untuk menangkal mesin overheat?

Radiator pada mobil merupakan komponen sistem pendingin mesin yang berfungsi untuk membuan Ciri-ciri radiator tersumbat

Nah, pada postingan kali ini, ombro akan berbagi info dilema mobil wacana ciri-ciri radiator tersumbat. Simak ciri-ciri radiator tersumbat dibawah ini...


1. Suhu mеѕіn tеruѕ mеnіngkаt dаn соndоng оvеrhеаt


Ciri-ciri radiator tersumbat yang paling mudah untuk dikenali yakni dikala suhu mesin terus bertambah dan cenderung overheat. Radiator yang tersumbat menyebabkan sirkulasi air pendingin dari dan ke mesin menjadi tidak jalan. Air pendingin dari mesin yang menuju ke radiator akan tertahan oleh sumbatan yang terjadi di radiator.

Di waktu yang serupa, air pendingin dari mesin akan kembali masuk ke mesin lewat selang bypass (bypass hose) sehingga tidak ada proses pendinginan suhu air pendingin yang semestinya terjadi di dalam radiator. Akibatnya, suhu mesin akan terus menerus meningkat dan condong overheat. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus maka pada puncaknya, mesin menjadi overheat dan macet.


2. Rеѕеrvоіr tаnk реnuh аіr hіnggа lubеr


Ciri-ciri radiator tersumbat yang kedua yakni dikala reservoir tank radiator sarat dengan air pendingin yang bersuhu panas, bahkan sampai air meluber keluar dari reservoir tank. Kondisi ini diakibatkan oleh pressure valve pada tutup radiator (radiator cap) yang terus menerus terbuka akhir suhu dan tekanan tinggi yang terjadi di dalam mesin.

Ya, radiator yang tersumbat mengakibatkan suhu air pendingin terus berkembangbegitu pula dengan tekanan yang terjadi. Terbukanya pressure valve pada tutup radiator akan mendorong air pendingin keluar menuju reservoir tank sehingga reservoir tank akan sarat dengan air pendingin bersuhu panas.


3. Kіраѕ rаdіаtоr еlеktrіk аkаn bеrрutаr lеbіh lаmа dаn tеruѕ mеnеruѕ


Ciri-ciri radiator tersumbat yang selanjutnya ialah sewaktu kipas radiator tipe elektrik berputar terus menerus, atau ketika durasi putaran yang terjadi pada kipas radiator menjadi lebih lama dari lazimnya . Putaran kipas radiator tipe elektrik yang terus-menerus ini merupakan imbas dari Engine Coolant Temperature (ECT) Sensor yang memberitahukan suhu berlebih pada air pendingin di mesin.

Saat radiator tersumbat, air pendingin cuma bersirkulasi di mesin saja. Akibatnya, suhu air pendingin akan mengalami panas berlebihan. ECT akan mendeteksi suhu yang berlebihan tersebut dan mengantarkan datanya ke Engine Control Unit (ECU). Kondisi inilah yang balasannya menciptakan ECU menyuruh kipas radiator untuk terus berputar guna mendinginkan suhu air pendingin.

Karena radiator tersumbat, suhu air tidak akan turun seperti dikala metode pendingin mesin bekerja secara wajar . Akibatnya kipas radiator ini akan terus menerus berputar atau mempunyai durasi putaran yang lebih lama dari umumnya.

Bаса jugа :


4. Sеlаng rаdіаtоr bаwаh (lоwеr hоѕе) kеmроt kеtіkа dі mеѕіn dі gаѕ


Ciri-ciri radiator tersumbat yang selanjutnya yaitu di saat selang radiator bawah (lower hose) kempot dikala mesin di gas. Ciri ini lebih banyak di peroleh pada kendaraan beroda empat yang letak thermostatnya berada di jalur outlet (baca: 2 Jеnіѕ реngаturаn fаtwа аіr rаdіаtоr dі dаlаm mеѕіn).

Saat radiator terumbat, fatwa air pendingin mesin akan tertahan sempurna di upper tank radiator, sisanya mengalir lewat bypass hose. Saat mesin digas, waterpump akan menghisap air pendingin yang ada di lower tank radiator lewat selang lower hose.

Karena radiator tersumbat, maka hanya sedikit saja air pendingin yang bisa di hisap dan disedot oleh waterpump dari lower tank radiator ini. Disinilah akan tercipta kevakuman di dalam lower tank dan selang radiator bawah. Akibatnya, selang radiaor bawah (lower tank) akan kempot dikala mesin digas dan mengembang kembali setelah rpm mesin kembali ke posisi stasioner.


5. Bаgіаn dаlаm rаdіаtоr tеrlіhаt bеrlumрur dаn ѕаrаt kоtоrаn


Ciri-ciri radiator tersumbat yang terakhir ombro ketahui adalah sewaktu bagian dalam radiator terlihat berlumpur dan sarat dengan kotoran berbentukkerak-kerak dari mesin. Untuk mengetahuinya cukup dengan membuka tutup radiator dan mengamati penggalan dalam dari radiator tersebut.

Jika air pendingin sudah terlihat keruh dan berwarna coklat, ini menerangkan bahwa radiator sudah kotor. Terlebih jikalau pada serpihan dalamnya sudah tampaklumpur atau kerak yang menutup seluruh lubang pada radiator core.

Jika keadaan demikian, maka bisa diputuskan bahwa radiator sudah kotor dan tersumbat sehingga perlu dijalankan service radiator dan pencucian susukan air pendingin mesin.

Artikel ini diarsipkan pada penjabaran : Mаѕаlаh-Mоbіl

0 Response to "Ciri-ciri radiator tersumbat"

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.