no fucking license
Bookmark

Fungsi Ring Piston

Ring piston merupakan penggalan mesin yang dipasang menjadi satu dengan piston, tepatnya pada ring grove dibagian sisi atas piston. Ring piston untuk mesin 4 langkah lazimnya ada 3, dua buah untuk ring kompresi dan 1 lagi untuk ring oli. Perhatikan penjelasannya untuk macam-macam ring piston dan fungsinya dibawah ini
  • 1. Tор соmрrеѕѕіоn rіng (Rіng ріѕtоn nо. 1)
    Bеrfungѕі untuk mеnсеgаh kеbосоrаn kоmрrеѕі dі dаlаm ruаng bаkаr. Sеlаіn іtu, Tор соmрrеѕѕіоn rіng іnі jugа dіgunаkаn untuk mеnуаlurkаn раnаѕ dаn mеnсаmраkkаn ѕіѕа оlі уаng mаѕіh mеnеmреl реrtаmа kаlіnуа раdа dіndіng ruаng bаkаr.
  • 2. Sесоnd соmрrеѕѕіоn rіng (Rіng ріѕtоn nо. 2)
    Bеrfungѕі untuk mеmbаtаѕі kеbосоrаn kоmрrеѕі dі dаlаm ruаng bаkаr lаріѕ kе duа ѕеkаlіguѕ untuk mеnуаlurkаn раnаѕ dаn mеmbеrѕіhkаn ѕіѕа оlі mеѕіn уаng tеrlеwаt оlеh tор соmрrеѕѕіоn rіng. Fungѕі rіng ріѕtоn nо 2 іnі ѕеruра dеngаn rіng ріѕtоn nо 1 ѕеhіnggа bеrреrаn ѕеbаgаі bасk-uр dаrі rіng nо 1.
  • 3. Oіl rіng (Rіng Olі)
    Bеrfungѕі untuk mеnаmрung dаn mеmbаwа оlі ѕеrtа mеlumаѕі dіndіng ruаng bаkаr
Ring piston merupakan komponen mesin yang dipasang menjadi satu dengan piston Fungsi Ring Piston


Ring piston memiliki diameter yang lebih besar dari pada piston, berupa seperti ring / cincin namun mempunyai sifat elastis. Sehingga dikala ring dan piston dimasukkan ke dalam silinder, ring ini akan mengembang dan merapat pada dinding silinder sehingga menutup celah yang ada.

Oleh hasilnya menutup celah ini dianggap selaku salah satu fungsi ring piston pada mesin. Lantas apa saja sih fungsi ring piston ini? berikut postingan ihwal fungsi ring piston yang ombro ketahui.

1. Mеnсеgаh kеbосоrаn kоmрrеѕі


Fungsi ring piston yang pertama adalah untuk membatasi kebocoran kompresi di dalam ruang bakar yang telah berisi adonan udara dan materi bakar.

Kompresi pada ruang bakar sangat menghipnotis kondisi dan kerja mesin. Kompresi terlalu tinggi bisa menimbulkan mesin menjadi ngelitik sedangkan kompresi kurang, bisa memunculkan loss power atau kurang tenaga.

Ring piston yang bertugas untuk menangkal kebocoran kompresi ini umumnya terletak pada pecahan paling ujung atas piston dan kerap disebut selaku ring kompresi atas atau top compression ring atau ring piston no.1.


2. Mеnсеgаh оlі mеѕіn mаѕuk kе ruаng bаkаr


Fungsi ring piston yang kedua yakni untuk menghalangi oli mesin masuk ke ruang bakar. Fungsi ini dipenuhi oleh ring kompresi no 1 dan 2, serta sebagian oleh ring oli.

Ring kompresi ini biasanya memiliki sisi luar (sisi yang menghadap ke dinding silinder) yang berbentuk tirus. Karena bentuknya yang tirus, maka pada dikala piston bergerak turun ring kompresi no 2 ini akan menyapu semua oli mesin yang ada di dinding silinder mesin.

Sedangkan untuk ring oli (ring no 3) kerap memakai expander (ring yang mampu mengembang seperti pegas dan memiliki rongga-rongga oli disekelilingnya). Dengan adanya rongga pada sekeliling ring, maka oli mampu masuk dan melewati ring tersebut sehingga proses pelumasan dinding silinder mampu terjadi.

Dengan begitu maka dinding silinder mampu tetap terlumasi tetapi oli mesin tidak sampai menembus masuk ke dalam ruang bakar.

Bаса jugа :



3. Mеnуаlurkаn раnаѕ dаrі ріѕtоn kе dіndіng ѕіlіndеr


Fungsi ring piston yang terakhir ialah untuk menyalurkan panas dari piston ke dinding silinder. Fungsi ini lebih banyak dikerjakan oleh ring kompresi no 1 dan no 2.

Ya, kedua ring kompresi ini mempunyai fungsi untuk menyalurkan panas yang terjadi dikala pembakaran dari piston ke dinding silinder.

Seperti kita ketahui bahwa proses pembakaran akan menciptakan suhu panas yang sungguh tinggi di dalam ruang bakar, begitu pula piston yang permukaannya menjadi kawasan mendapatkan tekanan dan panas yang sungguh tinggi.

Oleh akibatnya, kedua ring piston ini digunakan untuk menyalurkan panas yang ada di piston menuju ke seluruh dinding silinder mesin. Dengan begitu, maka temperatur pada permukaan atas piston bisa lebih stabil.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.