no fucking license
Bookmark

Fungsi segitiga pengaman jalan pada mobil

Dalam berkendara, ada kalanya kita tidak bisa menyingkir dari suasana darurat di jalan, seperti contohnya mengalami ban kempes, mesin mogok, ataupun dikala mengalami keadaan yang lain yang memaksa kita untuk segera menepi di bahu jalan.

Menepi dipinggir jalan pastinya mempunyai resiko yang besar baik pada jalan dengan lalu lintas yang ramai atau tidak sekalipun. Oleh kesudahannya diharapkan beberapa tindakan dan peralatan untuk menolong mempertahankan keamanan kita dan kendaraan selama menepi di pinggir jalan tersebut.

Salah satu alat yang biasa dipakai saat kondisi darurat tersebut merupakan segitiga pengaman. Segitiga pengaman ini yakni suatu benda berupa segitiga dengan pinggiran berwaran merah yang akan memantulkan cahaya jikalau disinari dengan lampu atau matahari.

 ada kalanya kita tidak bisa menghindari situasi darurat di jalan Fungsi segitiga pengaman jalan pada mobil

Segitiga pengaman ini umumnya mampu kita peroleh dibagasi kendaraan beroda empat atau pada kawasan penyimpanan tools kit kendaraan beroda empat yang berupa kunci-kunci dan dongkrak kendaraan beroda empat.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi seputar fungsi segitiga pengaman pada kendaraan beroda empat dan beberapa kiat pemasangannya dikala kondisi darurat. Simak fungsi segitiga pengaman jalan pada kendaraan beroda empat dibawah berikut ini...

Fungѕі ѕеgіtіgа реngаmаn kеndаrааn bеrоdа еmраt


Fungsi segitiga pengaman kendaraan beroda empat yaitu untuk memberi peringatan pada kendaraan lain yang datang dari arah belakang atau arah depan di ketika kendaraan yang kita gunakan berhenti di tepi jalan alasannya adalah keadaan darurat akibat kendaraan memiliki masalah atau mogok.

Dengan begitu, kendaraan yang akan melintas dari arah depan atau belakang bisa mengetahui kalau ada kendaraan yang berhenti darurat sehingga mereka bisa lebih waspada dan mengelak lebih dulu supaya tidak terjadi kecelakaan.

Oleh alasannya fungsinya yang sungguh penting utamanya ketika keadaan tersebut, maka kita dihentikan asal-asalan dalam memilih segitiga pengaman. Umumnya, segitiga sumbangan dari dealer (saat pembelian kendaraan beroda empat gres) telah cukup mewakili bentuk, ukuran dan standard yang diperlukan.

Karena hal yang terpenting merupakan segitiga pengaman ini gampang untuk dikenali dan dilihat oleh pengemudi yang lain baik saat keadaan siang hari atau malam hari sehingga tujuan, penggunaan, dan fungsi dari segitiga pengaman ini bisa diraih.

Berikut, beberapa hukum segitiga pengaman yang ombro sadur dari Surat Keputusan menteri no 72 tahun 1993 yang menerangkan ihwal ukuran, bentuk, dan warna segitiga pengaman di mobil
  • Hаruѕ bеrbеntuk ѕеgіtіgа ѕаmа ѕіѕі уаng bеrlubаng dіbаgіаn tеngаhnуа dаn dіbеntuk dаrі mаtеrі уаng tіdаk mudаh bеrkаrаt
  • Pаnjаng ѕіѕі ѕеgіtіgа уаng dіраkаі mіnіmаl 40 сеntіmеtеr
  • Bаgіаn tері ѕеgіtіgа іnі hаruѕ bеrwаrnа mеrаh уаng lеbаrnуа tіdаk kurаng dаrі 5 сеntіmеtеr dаn mаmрu mеmаntulkаn ѕіnаr саhауа dаn lаmрu.


Cаrа реmаѕаngаn ѕеgіtіgа реngаmаn


Untuk pemasangan segitiga pengaman jalan, berdasarkan dari surat Keputusan Mentri No 72 tahun 1993, segitiga pengaman dipasang dengan jarak paling erat dengan kendaraan yang berhenti yaitu 4 (empat) meter, sedangkan jarak dari samping kendaraan dilarang lebih dari 40 centimeter.

Bаса jugа :

Pada waktu menempatkan segitiga pengaman diatas permukaan jalan, posisi segitiga pengaman harus dipasang melintang dengan jalan, dimana sudut runcing segitiganya menghadap keatas dan bagian yang berwarna merah menghadap ke arah kemudian lintas.

Anda bisa memasang segitiga pengaman kendaraan beroda empat di kepingan belakang saja untuk jalan dengan lalu-lintas satu arah (jalan tol umpamanya), tetapi ketika digunakan pada jalan kemudian-lintas dua arah yang sempit, ada baiknya untuk memakai 2 buah segitiga pengaman yang dipasang dibagian depan dan belakang kendaraan.

Sedangkan kalau kendaraan anda berhenti tepat di jalan menikung, ada baiknya untuk meletakkan segitiga pengaman di posisi sebelum masuk tikungan sehingga kendaraan lain yang hendak menikung bisa lebih waspada ketika akan memasuki tikungan.

Demi keselamatan dan ketentraman selama berkendara, senantiasa pastikan bahwa kendaraan kita menjinjing segitiga pegaman ini dan tempatkan bersama toolkit supaya mempermudah kita untuk menemukannya dikala kondisi darurat terjadi.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.