no fucking license
Bookmark

Gejala SCV rusak pada mesin diesel common rail

SCV (Suction Control Valve) yaitu salah satu komponen pada mesin diesel common rail yang dipasang pada komponen supply pump. Fungsi SCV (Suction Control Valve) merupakan untuk mengendalikan tekanan bahan bakar di dalam delivery pipe (rail) biar senantiasa stabil sesuai dengan sasaran ECU dan keperluan mesin.

Ya, SCV secara pribadi di kontrol oleh ECU dan melakukan pekerjaan secara dinamis sesuai dengan kondisi yang terjadi di mesin. Karena SCV secara pribadi diatur oleh ECU, maka dikala terjadi problem pada cuilan SCV ini, umumnya akan menyebabkan check engine lamp (MIL: Malfunction Indicator Lamp) menyala.
 adalah salah satu komponen pada mesin diesel common rail yang dipasang pada komponen supp Gejala SCV rusak pada mesin diesel common rail
Kerusakan SCV kerap terjadi selesai penggunaan materi bakar solar yang kualitasnya kurang baik seperti contohnya solar kotor atau sudah tercemar dengan cairan yang lain (misalnya solar oplosan,dll).

Khusus untuk kerusakan SCV, ECU memunculkan kode diagnosa P0089 (Suction Control Valve stuck), dan atau P0628 (Suction Control Valve open), dan atau P1275 (Supply Pump exchange). Sebagai catatan, DTC diatas lazim didapatkan pada mobil pajero sport tahun buatan 2010-2016 (data mampu bertentangan untuk merek kendaraan beroda empat yang lainnya).

Namun begitu, pada beberapa insiden ada juga yang SCV-nya rusak namun lampu check engine tidak menyala. Nah, dibawah berikut ini merupakan tanda-tanda-tanda-tanda SCV rusak yang kerap terjadi di mesin.

1. Mеѕіn ѕukа mаtі ѕесаrа tіbа-tіbа


Gejala SCV rusak yang paling pertama kerap terjadi merupakan mesin suka mati secara tiba-datang. Ada yang mesin matinya cepat sehabis distarter (sempat hidup sebentar, lalu mesin mati), ada pula yang mesinnya sempat hidup beberapa lama tetapi tiba-datang mati sendiri.

Seperti yang kita ketahui bahwa SCV merupakan aktuator pada tata cara common rail yang berfungsi untuk menertibkan tekanan bahan bakar solar yang masuk ke dalam delivery pipe (rail). Ketika SCV mengalami kerusakan, maka tekanan materi bakar yang sangat dibutuhkan oleh mesin akan berhenti.

Akibatnya, tekanan materi bakar akan hilang sehingga injektor tidak mampu menginjeksikan materi bakar solar dengan baik dan benar. Disinilah kesannya mesin diesel common rail akan mati secara tiba-datang.


2. Mеѕіn ѕulіt hіduр wаlаuрun ѕtаrtеr ѕіmреl


Gejala SCV rusak yang sering muncul di mesin diesel common rail selanjutnya yakni mesin sukar dihidupkan walaupun starter simpel. Ya, dikala SCV mengalami kerusakan, mesin menjadi susah hidup walaupun starter gampang.

Kondisi ini terjadi alasannya pasokan materi bakar yang semestinya di injeksikan oleh injektor kedalam ruang bakar tidak terjadi pasalnya bahan bakar yang ada di dalam delivery pipe (rail) tidak mempunyai tekanan yang cukup untuk menciptakan kabut materi bakar yang cocok kebutuhan mesin.

Pada beberapa peristiwa, adakala mesin masih sempat hidup, namun umumnya akan segera mati sehabis tekanan materi bakar yang ada turun dan tidak bisa dipertahankan sesuai tekanan yang dibutuhkan.

Bаса jugа :


3. Sааt dіgаѕ full, rрm mеѕіn mеntоk dі 2000 rрm


Gejala SCV rusak terakhir yang kerap didapatkan pada mesin diesel common rail yakni ketika digas full, rpm mesin cuma mentok di 2000 rpm. Kondisi ini biasanya kerap terjadi tanpa ada tanda-tanda yang ajaib pada mesin.

Saat starter, mesin mudah dihidupkan, rpm idling berada pada posisi masuk akal , dan mesin tidak menawarkan tanda-tanda brebet, pincang atau hunting. Namun, saat kendaraan beroda empat sudah melaju, rpm mesin mentok di 2000 rpm walaupun pedal gas sudah kita injak penuh. Selain itu, tenaga mesin juga menjadi tidak bertenaga dan terasa ngempos (low power).

Yа, kоndіѕі іnі tеrаng аkаn tеrjаdі kаrеnа tеkаnаn bаhаn bаkаr dі dаlаm rаіl tіdаk bеrаdа раdа tеkаnаn уаng ѕеbаіknуа untuk mеѕіn dіеѕеl соmmоn rаіl. Akаn tеrjаdі реrgаntіаn tеkаnаn уаng сukuр drаѕtіѕ dаrі tеkаnаn wаjаr уаng tеlаh dі ѕеt оlеh раbrіkаn ѕеhіnggа mеngаkіbаtkаn kеtіdаk-ѕеѕuаіаn jumlаh іnjеkѕі mаtеrі bаkаr уаng fаktuаl dеngаn ѕеt dаrі kоmрutеr. Olеh jаdіnуа mеѕіn mеnjаdі lоw роwеr, rрm tеrtаhаn, dаn tіdаk bеrtеnаgа mеѕkірun реdаl gаѕ dіtеkаn ѕаrаt .
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.