no fucking license
Bookmark

Jenis-jenis kopling pada kendaraan

Kopling pada kendaraan secara lazim dipakai untuk mengontrol persambungan anutan tenaga dari sumber penggagas ke bab yang digerakkan. Jika pada kendaraan beroda empat, maka kepingan kopling ini mampu mengontrol aliran tenaga dari mesin ke transmisi. Ini artinya, dengan adanya penggalan kopling kita mampu mengatur pemikiran tenaga dari mesin, mau tersambung atau terputus?

Ya, semoga pengoperasian kendaraan bisa dikerjakan dengan gampang, nyaman, dan kondusif, maka peran kopling sungguh dibutuhkan bagi kendaraan. Setidaknya ada 5 fungѕі реntіng kорlіng bаgі kеndаrааn merupakan :
  1. Mеnghubungkаn dаn mеnеtарkаn рutаrаn dаrі mеѕіn kе trаnѕmіѕі
  2. Mеmреrmudаh реmіndаhаn gіgі trаnѕmіѕі
  3. Mеnghеntіkаn kеndаrааn bеrоdа еmраt tаnра mеmроѕіѕіkаn tuаѕ trаnѕmіѕі kе роѕіѕі nеtrаl
  4. Mеmbеbаѕkаn lаju kеndаrааn dаrі kеаdааn еngіnе brаkе
  5. Agаr kеndаrааn bіѕа bеrgеrаk muluѕ ѕааt реrmulааn bеrlаngѕung

Kopling pada kendaraan secara umum digunakan untuk mengatur persambungan aliran tenaga dar Jenis-jenis kopling pada kendaraan

Dalam penerapannya dikendaraan, bentuk dan jenis kopling ini sangatlah bermacam-macam, tetapi secara lazim, jenis kopling secara garis besar dibedakan menjadi 4 garis besar yakni jenis kopling yang berdasarkan cara kerjanya, menurut kondisi minyak pelumas, berdasarkan pengendalian, dan menurut jumlah komponen plat kopling yang dipakai. Untuk lebih jelasnya, simak jenis-jenis kopling pada kendaraan dibawah berikut ini...

I. Jеnіѕ kорlіng mеnurut саrа kеrjаnуа


Berdasarkan cara kerjanya, kopling terbagi menjadi 3 jenis kopling ialah :

1. Kорlіng gеѕеk (Frісtіоn сlutсh)

Kopling gesek (Friction clutch) yakni jenis kopling yang proses pemindahan tenaganya dilaksanakan lewat ukiran antara bagian penggagas dengan yang hendak digerakkan. Konsep kopling ini banyak digunakan pada sistem pemindah tenaga kendaraan, khususnya pada kendaraan ringan seperti sepeda motor, sedan, dan kendaraan beroda empat penumpang lainnya.

2. Kорlіng mаgnіt (Mаgnеtіс сlutсh)

Kopling magnit (Magnetic clutch) yakni jenis kopling yang proses pemindahan tenaganya dikerjakan dengan memanfaatkan medan magnet.

Ketika timbul medan magnet pada satu bab, maka bab lain secara otomatis akan kepincut dan terhubung dengan penggalan tersebut sehingga terjadilah pemikiran tenaga dari bagian yang bergerak ke bagian yang digerakkan. Contoh paling mudah dari penggunaan kopling magnit ini yakni magnetic clutch pada kompressor AC.

3. Kорlіng Fluіdа (Fluіd соuрlіng)

Kopling fluida (Fluid coupling) yakni jenis kopling yang proses pemindahan tenaganya dilakukan dengan mempergunakan idefluida (cairan). Fluida yang mengalir selesai putaran akan memperlihatkan imbas dan tenaga putar pada bagian lain di dalam komponen kopling ini sehingga mampu ikut berputar.

Contoh penggunaan kopling jenis fluida ini mampu kita temukan pada kompnen torque converter (kendaraan beroda empat matic) ataupun pada visko fan (kipas radiator)


II. Jеnіѕ kорlіng bеrdаѕаrkаn kоndіѕі реlumаѕ


Kondis minyak pelumas yang ada pada kopling juga mampu dipakai selaku dasar untuk membeakan jenis kopling. Saat ini ada dua jenis kopling bila dibagi menurut kondisi minyak pelumas yang digunakan dalam kopling tersebut yaitu:

1. Kорlіng lеmbар (Wеt Clutсh)

Kopling berair ialah jenis kopling yang dalam penggunaannya wajib dibasahi oleh minyak pelumas. Metode pembasahannya bisa dengan direndam atau diberikan cipratan minyak pelumas. Namun yang niscaya kopling jenis ini harus senantiasa dibasahi dengan minyak pelumas.

Contoh penggunaan kopling jenis mirip ini bisa kita peroleh pada unsur transmisi otomatis tipe planetray gear atau pada kendaraan roda dua (sepeda motor)

2. Kорlіng kеrіng (Drу Clutсh)

Kopling kering ialah jenis kopling yang dalam penggunaannya wajib kering dan dihentikan ada cairan atau minyak pelumas yang membasahinya. Ini artinya kopling mesti betul-betul terbebas dari segala macam minyak pelumas di kendaraan.

Jika kopling ini berair terkena cairan atau minyak pelumas, maka kopling akan menjadi selip dan kopling tidak mampu melakukan pekerjaan dengan baik. Contoh penggunaan kopling jenis ini mampu kita lihat pada kopling mobil bertransmisi manual yang secara umum dikuasai menggunakan kopling kering ini.


III. Jеnіѕ kорlіng mеnurut реngеndаlіаn


Jika dibagi berdasarkan bagaimana kita mengendalikan kopling, maka secara biasa kopling terbagi menjadi tiga jenis yakni :

1. Kорlіng mеkаnіѕ

Kopling mekanis merupakan jenis kopling yang memanfaatkan gerak mekanikal dorong dan tarik dari seutas kabel baja (kawat baja) yang saling menghubungkan antara pedal kopling dengan penggalan penekan kopling dalam transmisi.

Oleh jadinya kopling jenis ini disebut juga kopling jenis mekanis karena bekerjanya terjadi secara mekanikal.

2. Kорlіng Hіdrоlіѕ

Kopling hidrolis yakni jenis kopling yang memakai fluida berupa minyak kopling sehingga menciptakan tekanan hidrolis untuk menggerakkan lever dan menekan plat kopling.

Fluida ini mengubah gerak mekanikal dari kaki pengemudi menjadi tekanan hidrolik yang disalurkan lewat pipa hidrolis untuk menekan lever sehingga kopling bisa melakukan pekerjaan .

3. Kорlіng ѕеntrіfugаl

Kopling sentrifugal yakni jenis kopling yang memanfaatkan gaya sentrifugal untuk menghubungkan poros pencetus (mesin) dengan poros yang digerakkan (beban seperti rantai, roda, dll).

Semakin besar putaran mesin yang dihasilkan maka kian bersahabat pula cengkaraman kopling untuk mengikat kedua poros. Jika putaran mesin melemah, maka cengkaram kopling akan melemah sehingga kedua poros akan terputus hubungannya.

Bаса jugа :


IV. Jеnіѕ kорlіng mеnurut jumlаh рlаt kорlіng уаng dіgunаkаn


Pembagian jenis kopling yang terakhir merupakan jenis kopling yang dilihat menurut jumlah plat kopling yang dipakai. Saat ini ada dua jenis kopling berdasarkan jumlah plat yang digunakan yaitu

1. Kорlіng рlаt tunggаl (Sіnglе рlаtе)

Jenis kopling plat tunggal (single plate) yakni jenis kopling yang pada unsur koplingnya hanya terdapat satu plat kopling saja. Contoh kopling plat tunggal ini mampu kita jumpai pada unsur kopling kendaraan beroda empat bertransmisi manual.

2. Kорlіng рlаt bаnуаk (Multірlе рlаtе)

Jenis kopling plat banyak (Multiple plate) ialah jenis kopling yang pada unsur koplingnya terdapat lebih dari satu plat kopling. Biasanya kopling plat banyak ini masuk kedalam kopling jenis lembap dan lazimnya bisa kita dapatkan pada mobil bertransmisi otomatis.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.