no fucking license
Bookmark

Komponen Motor Starter Dan Fungsinya

Motor starter merupakan salah satu serpihan dari starter metode dan menjadi bab yang paling simpulan untuk mengganti energi listrik menjadi energi mekanikal ialah gerakan untuk memutar flywheel.

Fungsi motor starter yakni untuk memutar mesin pertama kali di saat mesin akan dihidupkan dengan mengganti energi listrik dari aki mobil menjadi energi gerak berputar yang hendak memutar Flywheel mesin.

Putaran pada flywheel akan menggerakan unsur mesin yang lain ibarat piston, valve, dan lain lain, yang bergerak sehingga tercipta pembakaran dan mesin bisa hidup dengan sempurna.

Motor starter disusun dari banyak sekali macam komponen. Bagian-bab motor starter ini ada yang melakukan pekerjaan secara mekanikal dan ada pula yang melaksanakan pekerjaan secara elektrikal. Berikut merupakan serpihan motor starter dan fungsinya.

1. Mаgnеtіс Swіtсh


Magnetic Switch merupakan komponen motor starter yang berfungsi sebagai saklar daerah mengalirnya arus listrik dari aki ke armature lewat terminal utama (terminal 30 dan terminal C). Magnetic switch terhubung dengan plunger lewat suatu shaft.

Plunger ini akan bergerak di saat terjadi perubahan medan magnet yang tercipta di dalam solenoid. Ketika medan magnet timbul pada solenoid, maka plunger akan terpesona kedalam, mendorong shaft, bikin switch menjadi ON dan saling terhubung sehingga saklar (magnetic switch) ini akan mengalirkan arus listrik dari aki ke armature.

Magnetic switch ini biasanya terletak dibelakang solenoid starter dan biasanya dipasang menyatu dengan solenoid starter tersebut.
Motor starter merupakan salah satu komponen dari starter sistem dan menjadi bagian yang pa Komponen Motor Starter Dan Fungsinya



2. Sоlеnоіd ѕtаrtеr


Komponen motor starter berikutnya ialah solenoid starter. Solenoid starter merupakan suatu gulungan kawat tembaga (kumparan) yang melaksanakan pekerjaan secara elektromagnetik. Saat kumparan di dalam solenoid dialiri listrik, maka akan tercipta medan magnet. Medan magnet inilah yang nantinya akan menggerakkan plunger kedalam solenoid atau keluar solenoid.

Didalam solenoid starter terdapat dua kumparan yang mau bekerjasama agar proses starter mesin bisa berjalan dengan benar. Kedua kumparan tersebut dinamakan Pull In Coil dan Hold In Coil yang bekerja sesuai namanya ialah;

  • Pull In Cоіl mеruраkаn ѕеbuаh kumраrаn dаlаm ѕоlеnоіd ѕtаrtеr уаng bіlа dіаlіrі аruѕ lіѕtrіk аkаn mеmbuаt mеdаn mаgnеt. Pull In Cоіl bеrfungѕі untuk mеmреѕоnа рlungеr kе аrаh dаlаm mаgnеtіс ѕwіtсh ѕеhіnggа mаmрu mеmbuаt gеаr ріnіоn tеrdоrоng mаju, mеnеmреl dаn tеrhubung dеngаn rіng gеаr flуwhееl, ѕеkаlіguѕ mеndоrоng ѕhаft ѕеmоgа mаgnеtіс ѕwіtсh ѕаlіng tеrhubung.
  • Hоld In Cоіl mеruраkаn kumраrаn kеduа dаlаm ѕоlеnоіd ѕtаrtеr уаng jugа аkаn mеnуеbаbkаn mеdаn mаgnеt dіkаlа dіаlіrі аruѕ lіѕtrіk. Hоld In Cоіl bеrfungѕі untuk mеnаhаn рlungеr mudаh-mudаhаn tеtар раdа роѕіѕі kеѕеngѕеm dі dаlаm mаgnеtіс ѕwіtсh. Dеngаn tеrtаhаnnуа рlungеr tеtар раdа роѕіѕіnуа, mаkа gеаr ріnіоn аkаn tеtар tеrkаіt dеngаn rіng gеаr Flуwhееl.



3. Plungеr


Plunger merupakan unsur motor starter berupa besi berupa tabung yang dipasang teat ditenga-tengah solenoid. Pada potongan belakang plunger akan terhubung dengan shaft untuk mengaktifkan magnetic switch. Sedangkan pada bab depan plunger akan terhubung dengan drive lever yang mau mendorong pinion gear biar terhubung dengan ring gear flywheel.

Plunger akan bergerak keluar atau kedalam solenoid menurut medan magnit yang dihasilkan oleh kumparan pull in coil atau hold in coil di dalam solenoid.


4. Yоkе dаn Pоlе Cоrе


Bagian berikutnya yang menjadi komponen motor starter yakni Yoke dan Pole Core. Yoke dibentuk dari material logam yang berupa silinder (tabung) dan menjadi bodi tengah motor starter. Yoke berfungsi sebagai kawasan menaruh pole core yang diikat dengan sekrup.

Sedangkan Pole core sendiri berfungsi selaku penopang field coil (kumparan medan). Pole core mempunyai fungsi untuk memperkuat medan magnet yang ditimbulkan oleh Field coil.


5. Fіеld Cоіl (Kumраrаn Mеdаn)


Field Coil (kumparan medan) adalah komponen motor starter berupa kumparan kawat tembaga yang dibuat mengelilingi Pole Core. Fungsi field coil yakni untuk membuat medan magnet saat beliau dialiri arus listrik dari aki. Medan magnet ini akan digunakan untuk memutar armature dengan energi yang sangat besar.



6. Bruѕh (Sіkаt) dаn Bruѕh Hоldеr (Pеmеgаng Sіkаt)


Brush merupakan belahan motor starter yang yang dibikin dari tembaga lunak, berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari Field Coil ke Armature Coil dan pribadi ditujukan ke massa/ ground lewat komutator. Umumnya, sebuah motor starter mempunyai empat buah brush yang dikelompokkan menjadi dua bab:

  • Duа buаh bruѕh реrtаmа dіѕеbut dеngаn bruѕh kоnkrеt. Bruѕh kаѕаtmаtа dіраkаі untuk mеnghubungkаn аruѕ lіѕtrіk dаrі Fіеld Cоіl kе Armаturе Cоіl.
  • Duа buаh bruѕh уаng lаіn dіѕеbut dеngаn bruѕh nеgаtіf. Bruѕh nеgаtіf dіgunаkаn untuk mеnghubungkаn аruѕ lіѕtrіk dаrі Armаturе Cоіl kе mаѕѕа.

Keempat Brush ini dipasangkan pada suatu Brush Holder (Pemegang Sikat) dimana masing-masing Brush dipasangkan sebuah spring (pegas) yang senantiasa mendorong Brush supaya senantiasa terhubung dengan armature.

Bаса jugа:



7. Armаturе (Rоtоr) dаn Shаft (Pоrоѕ)


Armature ialah komponen motor starter yang disusun dari sebuah sebatang besi berupa silindris dan mempunyai slot-slot, poros, komutator serta kumparan Armature di sekelilingnya. Kumparan di dalam armature juga akan menciptakan medan magnet sewaktu dialiri arus listrik, dimana medan magnet ini akan membentuk kutub yang sama dengan kutub magnet pada field coil.

Akibatnya, terjadilah gaya tolak menolak antar kedua kutub magnet yang efeknya akan menciptakan gerakan berputar pada armature. Fungsi Armature ialah untuk mengganti energi listrik menjadi gerak dalam bentuk gerakan putar.



8. Cоmmutаtоr


Commutator merupakan unsur motor starter yang masuk kedalam potongan dari Armature. Commutator ini menjadi penghubung antara ujung kumparan satu dengan ujung kumparan yang lain sehingga arus listrik bisa mengalir di dalam kumparan armature. Fungsi komutator pada motor stater secara garis besar yakni untuk mengalirkan arus listrik dari kumparan medan (Field Coil) melalui sikat faktual menuju ke sikat negatif dengan melalui kumparan armature.

Dengan begitu, ketika anutan listrik mengalir, maka akan tercipta medan magnet di sekitararmature. Akibatnya medan magnet ini akan menggerakkan armature untuk berputar secara keseluruhan. Armature secara pribadi akan terhubung dengan komponen brush.


9. Drіvе Lеvеr (Tuаѕ Pеnggеrаk)


Drive Lever (Tuas Penggerak) ini merupakan komponen motor starter yang yang dibuat dari materi non konduktor sejenis mika / melamin yang keras dengan bentuk mirip abjad Y. Drive Lever (Tuas Penggerak) berfungsi untuk meneruskan gerakan yang dihasilkan oleh plunger pada solenoid starter.

Gerakan Drive Lever (Tuas Penggerak) ini akan menghubungkan atau melepaskan pinion gear ke/dari ring gear Flywheel.


10. Ovеrrunnіng Clutсh


Overrunning Clutch berfungsi untuk meneruskan torsi putaran yang dihasilkan dari Armature menuju ke ring gear Flywheel. Selain itu, overrunning clutch juga berfungsi untuk menghalangi rusaknya Pinion Gear balasan putaran mesin yang lebih besar sehabis mesin hidup.

Setelah mesin hidup, putaran mesin lazimnya akan lebih cepat dibanding dengan putaran motor starter, efeknya putaran mesin bisa memutar balik pinion gear lebih cepat dari putaran yang dihasilkan motor starter.

Oleh alasannya adalah itu, digunakanlah Overrunning Clutch biar pinion gear, armature dan unsur lainnya di dalam motor starter tetap kondusif dan tidak rusak balasan perbedaan kecepatan putaran tersebut.



11. Pіnіоn Gеаr dаn Hеlісаl Sрlіnе


Pinion Gear dan Helical spline ini dipasang menjadi satu shaft dengan Armature. Pinion Gear berfungsi untuk meneruskan daya putar motor starter ke mesin.

Pinion gear akan terkait dengan ring gear flywheel dan kemudian berputar untuk memutar mesin, sedangkan Helical spline berfungsi supaya proses terkait dan terlepasnya pinion gear dengan ring gear flywheel menjadi lebih halus dan lembut (tidak agresif).


12. Plаnеtаrу Gеаr (Mоtоr Stаrtеr Jеnіѕ Plаnеtаrу)


Motor starter merupakan salah satu komponen dari starter sistem dan menjadi bagian yang pa Komponen Motor Starter Dan Fungsinya

Komponen motor starter yang selanjutnya yakni Planetary gear. Komponen Planetary Gear ini cuma bisa kita dapatkan pada motor starter jenis Planetary Gear (baca: jеnіѕ-jеnіѕ mоtоr ѕtаrtеr). Planetary Gear ini berfungsi untuk membuatkan torsi dan daya putar yang dihasilkan oleh Armature dengan tingkat suara kegaduhan motor starter yang lebih halus dikala berputar.


13. Gеаr Rеduсtіоn (Mоtоr Stаrtеr Jеnіѕ Gеаr Rеduсtіоn)


Motor starter merupakan salah satu komponen dari starter sistem dan menjadi bagian yang pa Komponen Motor Starter Dan Fungsinya

Komponen Gear Reduction Ini cuma ada pada motor starter jenis Gear Reduction. Gear Reduction ini berfungsi untuk mereduksi kecepatan putaran Armature dan mengubahnya menjadi torsi yang berlipat.

Gear Reduction berfungsi untuk meneruskan daya putar motor starter ke gigi pinion sekaligus berbagi torsi/momen puntir dengan mengurangi putaran motor. Daya yang dihasilkan berasio 1/3 sampai 1/4.

Reduction gear biasanya dilengkapi dengan built-in overrunning clutch (kopling starter yang menjadi kesatuan unit). Reduction gear terdiri dari tiga gigi, ialah drive gear, idle gear, dan clutch gear. Motor starter jenis gear reduction ini memiliki momen puntir / torsi yang lebih besar daripada motor starter tanpa Gear Reduction.

Artikel ini diarsipkan pada klasifikasi : Tеоrі-Otоmоtіf
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.