Komponen sistem bahan bakar bensin dan fungsinya pada mobil karburator

Di kendaraan beroda empat, baik yang menggunakan metode EFI ataupun memakai karburator, masing-masing memiliki sebuah tata cara bahan bakar. Sistem materi bakar ini berfungsi untuk mengendalikan jumlah dan pasokan materi bakar yang mau dipakai selama mesin bekerja, mulai dari tempat untuk memuat bahan bakar, mengalirkan hingga untuk mengakibatkan materi bakar tersebut bisa digunakan oleh mesin.

Komponen-unsur pada tata cara bahan bakar ini tentu saja berlainan antara metode EFI dengan sistem karburator, namun secara garis besar mempunyai prinsip yang serupa untuk dipakai sebagai potongan pada metode materi bakar.

Nah, pada postingan kali ini, ombro akan menyebarkan informasi perihal unsur-penggalan materi bakar bensin dan fungsinya pada kendaraan beroda empat karburator. Simak lebih lengkap perihal apa saja komponen sistem bahan bakar bensin pada postingan dibawah ini.

 baik yang menggunakan sistem EFI ataupun menggunakan karburator Komponen sistem bahan bakar bensin dan fungsinya pada mobil karburator


1. Tаngkі mаtеrі bаkаr (Fuеl tаnk)


Komponen sistem materi bakar bensin yang pertama yakni tangki materi bakar atau sering disebut fuel tank. Fuel tank biasanya dibentuk dari plat baja tahan karat atau pada sebagian kendaraan beroda empat masa kini ada yang terbuat dari materi plastik dan resin. Fuel tank biasa ditaruh dibagian bawah kendaraan beroda empat, ada yang di belahan belakang, ada juga yang diletakkan dibagian tengah.

Secara lazim, fungsi fuel tank ialah untuk mengangkutmateri bakar yang hendak digunakan / dialirkan ke mesin serta untuk memuat kembali materi bakar yang tidak dipakai di mesin. Setidaknya terdapat 4 fungsi utama fuel tank yang ada pada kendaraan beroda empat, untuk lebih lengkapnya silahkan baca pada postingan wacana fuel tank yang sudah ombro posting sebelumnya yakni:


2. Sаrіngаn mаtеrі bаkаr (Fuеl fіltеr)


Komponen metode bahan bakar bensin yang kedua yakni saringan materi bakar atau sering disebut fuel filter. Untuk kendaraan beroda empat karburator, biasanya memakai fuel filter model plastik yang secara periodik bisa diganti (biasanya diganti sewaktu Tune up). Fule filter lazimnya ditaruh ditengah-tengah saluran materi bakar yaitu diantara karburator dan tangki materi bakar.

Fungsi fuel filter yakni untuk menyaring kotoran yang mengalir bareng bensin dari fuel tank menuju ke karburator. Selain untuk menyaring kotoran, fuel filter ini juga berfungsi untuk menyaring dan memisahkan air yang terbawa bersama bahan bakar /bensin.


3. Pоmра mаtеrі bаkаr (Fuеl рumр)


Komponen metode bakar bensin yang ketiga yaitu pompa materi bakar (Fuel pump). Fungsi fuel pump yakni untuk memompa materi bakar dari fuel tank menuju ke karburator. Ya, materi bakar dari dalam tangki akan dihisap oleh fuel pump kemudian dipompa keluar menuju ke karburator sehabis melalui saringan bahan bakar (fuel filter).

Untuk kendaraan beroda empat karburator, terdapat dua jenis fuel pump yang digunakan. Model kendaraan beroda empat paling lama, lazimnya menggunakan fuel pump tipe mekanikal. Dan untuk model kendaraan beroda empat karburator yang lebih gres, lazimnya sudah menggunakan fuel pump tipe elektrik (kerap di sebut rotak).

Mobil karburator tidak membutuhkan bahan bakar dengan tekanan tertentu mirip layaknya pada kendaraan beroda empat dengan tata cara EFI, ia hanya membutuhkan materi bakar yang bisa dipompa dan masuk kedalam tangki penampungan sementara di dalam karburator untuk selanjutnya digunakan oleh mesin pada proses pembakaran.


4. Sеlаng bеnѕіn (Fuеl dеlіvеrу lіnе)


Komponen metode materi bakar bensin yang ke empat yakni selang bensin (fuel delivery line). Selang bensin (fuel delivery line) ini berfungsi selaku tempat mengalirnya bensin dari tangki materi bakar menuju ke karburator.

Umumnya selang besin ini yang dibuat dari pipa berbahan besi antikarat yang di kombinasikan dengan selang dari materi karet pada bab-bagian tertentu mirip pada bagian saringan bensin dan sambungan pipa ke karburator.

Bаса jugа :


5. Kаrburаtоr


Komponen metode materi bakar bensin yang ke lima yakni karburator. Karburator merupakan komponen yang berfungsi untuk mengganti bentuk bensin dari cairan menjadi kabut/uap bensin untuk dimasukkan ke dalam ruang bakar mesin. Karburator pada kendaraan beroda empat lazimnya diletakkan akrab unsur intake manifold kendaraan beroda empat.

Cara kerja karburator terbilang cukup rumit alasannya adalah didalam kerjanya, karburator mesti bisa untuk mengontrol supply materi bakar bensin secara sempurna dan efisien di seluruh keadaan kerja mesin seperti misalnya dikala mesin beban penuh, dikala idling, saa rpm tinggi, saat jalan menanjak, menurun, dan lain sebagainya.


6. Sеlаng реngеmbаlі (Fuеl rеturn lіnе)


Komponen metode materi bakar bensin yang selanjutnya yakni selang pengembali (fuel return line). Selang pengembali berfungsi selaku kawasan mengalirnya bensin yang tidak dipakai oleh mesin dari karburator kembali menuju ke tangki materi bakar (fuel tank).


7. Chаrсоаl саnіѕtеr


Komponen tata cara bahan bakar bensin yang terakhir ombro ketahui yakni Charcoal canister. Chacoal canister ini berfungsi untuk memuat uap bahan bakar dari tangki bahan bakar untuk di alirkan masuk kedalam ruang bakar.

Uap materi bakar yang berasal dari tangki materi bakar ini bisa menyebabkan polusi udara, oleh karena itu digunakanlah cahrcoal canister untuk menmpung uap materi bakar tesebut untuk keudian dimasukkan kedalam intake manifold guna dibakar saat prose pembakaran mesin berlangsung. Namun begitu, tidak semua kendaraan beroda empat menggunakan charcoal canister dalam tata cara bahan bakarnya.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tеоrі-Otоmоtіf

0 Response to "Komponen sistem bahan bakar bensin dan fungsinya pada mobil karburator"

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.