Penyebab kipas radiator mobil nyala terus

Fungsi penting dari kipas radiator kendaraan beroda empat merupakan untuk mendinginkan suhu air pendingin di dalam radiator dengan cara menghisap angin mudah-mudahan mengalir lewat kisi-kisi radiator sehingga suhu panas dari air pendingin mampu dibawa oleh hembusan angin tersebut.

Dalam kerjanya, kipas radiator untuk mobil EFI sepenuhnya dikendalikan oleh engine control unit (ECU). ECU mampu memutar kipas radiator atau menghentikan putarannya menurut data input yang diterima dari sensor-sensor.

Saat suhu air pendingin mesin terlalu panas dan sudah melalui batas suhu kerja wajar , maka ECU akan memutar kipas radiator untuk mendinginkan suhu air. Setelah suhu air pendingin turun, maka kipas radiator akan berhenti berputar, begitu seterusnya.

Fungsi penting dari kipas radiator mobil adalah untuk mendinginkan suhu air pendingin di d Penyebab kipas radiator mobil nyala terus

Lantas, bagaimana jikalau kipas radiator kendaraan beroda empat nyala terus dan tak mauberhenti berputar? Dari beberapa pengalaman yang ombro ketahui, kondisi ini memang tidak umum. Bahkan pada beberapa perkara, ada kipas radiator yang telah nyala terus padahal kunci kontak baru diposisi ON dan mesin belum hidup.

Kondisi ini lazimnya terjadi akhir kipas radiator sudah di jumper langsung ke aki untuk terus hidup di saat kunci kontak ON. Membiarkan kipas radiator mobil nyala terus memang tidak baik, selain menciptakan aki cepat tekor, mesin juga lazimnya menjadi lebih boros materi bakar dan kurang yummy tarikannya.

Nah, pada postingan kali ini, ombro akan berbagi berita wacana penyebab-penyebab kipas radiator kendaraan beroda empat nyala terus dan tak mauberhenti berputar, simak penyebabnya dibawah berikut.


1. Kеruѕаkаn раdа wаtеr tеmреrаturе ѕеnѕоr (WTS)


Penyebab kipas radiator kendaraan beroda empat nyala terus yang paling sering terjadi ialah selesai kerusakan pada water temperatur sensor. Water temperature sensor pada kendaraan beroda empat juga sering dikenal dengan istilah Engine coolant temperature sensor (ECT).

Kerusakan pada water temperatur sensor yang memunculkan kipas radiator mobil nyala terus merupakan dikala water temperatur sensor mengalami short circuit (terjadi korelasi singkat).

Ya, di saat ECT mengalami short, maka nilai tahanan ECT menjadi nol (0) dan arus listrik akan terus mengalir kembali masuk ke Engine Control Unit (ECU). Disini, ECU akan menilai bahwa suhu air pendingin memiliki temperatur air yang panas. Akibatnya, ECU akan mengaktifkan kipas radiator kendaraan beroda empat untuk terus berputar. Baca: Fungѕі dаn саrа kеrjа wаtеr tеmреrаtur ѕеnѕоr

Salah satu cara termudah untuk memastikannya yakni dengan mencabut socket yang terpasang pada water temperatur sensor ini. Jika kipas radiator berhenti berputar, hal ini menerangkan bahwa sudah terjadi kerusakan terjadi pada water temperatur sensor.


2. Kеruѕаkаn раdа rеfrіgеrаnt рrеѕѕurе ѕеnѕоr


Penyebab kipas radiator kendaraan beroda empat nyala terus berikutnya yaitu simpulan kerusakan pada refrigerant pressure sensor. Biasanya, kerusakan pada refrigerant pressure sensor ini akan menimbulkan kipas radiator nyala terus dikala AC dinyalakan. Jika AC tidak dinyalakan, putaran kipas akan wajar mengikuti kondisi suhu dan temperatur air pendingin mesin.

Refrigerant pressure sensor merupakan sensor untuk mendeteksi jikalau terjadi tekanan tinggi pada cairan refrigerant (freon) yang terdapat pada selang bertekanan di dalam sistem AC kendaraan beroda empat. Ketika tekanan refrigerant sudah terlalu tinggi, maka sensor akan menginformasikan ke ECU untuk memutar kipas radiator (khusus untuk mobil dengan 1 motor fan radiator tanpa tambahanfan AC seperti pada kendaraan beroda empat avanza xenia).

Berputarnya kipas ini, akan mendinginkan suhu dan tekanan yang ada pada kondensor AC. Ketika suhu sudah hambar dan tekanan freon kembali wajar , maka kipas radiator akan berhenti berputar. baca : kараn kіраѕ rаdіаtоr kеndаrааn bеrоdа еmраt bеrрutаr

Ketika terjadi kerusakan / malfungsi pada referigerant pressure sensor, maka ECU bisa saja menyuruh kipas radiator untuk terus berputar.


3. Kеruѕаkаn раdа rеlау fаn rаdіаtоr


Penyebab kipas radiator kendaraan beroda empat nyala terus berikutnya yakni final kerusakan pada relay fan radiator. Relay fan radiator merupakan saklar elektrik yang bekerja secara elektromagnetik berdasarkan arus input pada bagian kumparannya (baca : Fungѕі rеlау kеndаrааn bеrоdа еmраt dаn саrа kеrjаnуа)

Kerusakan relay fan radiator yang menyebabkan kipas radiator kendaraan beroda empat nyala terus, lazimnya terjadi simpulan terjadi short circuit (kekerabatan singkat) di dalam relay fan radiator tersebut. Penyebabnya sering terjadi alasannya adalah aspek usia pemakaian atau pernah terjadi keganjilan pada rangkaian untuk kipas radiator kendaraan beroda empat.

Untuk memastikannya, anda mampu mencoba menukar posisi relay fan radiator dengan relay sejenis yang umumnya ada di dalam fusebox sekring.


4. Kеruѕаkаn раdа Fаn Cоntrоl Unіt


Penyebab kipas radiator kendaraan beroda empat nyala terus selanjutnya yakni simpulan kerusakan pada Fan Control Unit. Fan control unit ini ialah microcontroller yang berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran kipas radiator sesuai dengan kebutuhan mesin.

Model kendaraan beroda empat yang menggunakan fan control unit ini umumnya tidak terlampau banyak, salah satu teladan kendaraan beroda empat yang ombro ketahui memakai fan control unit ini adalah mitsubishi galant hiu, Fan control unit ini dipasang bersahabat dengan fan shroud radiator. Kerusakan pada fan control unit ini juga mampu menjadi penyebab kipas radiator mobil nyala terus.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Mаѕаlаh-Mоbіl

0 Response to "Penyebab kipas radiator mobil nyala terus"

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.