no fucking license
Bookmark

Penyebab koil mobil mati

Koil ialah salah satu komponen pada metode pengapian kendaraan beroda empat, fungsinya yakni untuk menghidupkan tegangan tinggi sehingga pada busi bisa tercipta percikan bunga api yang dibutuhkan mesin untuk siklus pembakaran.

Bagi mesin berbahan bakar bensin, koil memiliki tugas yang sungguh penting. Tanpa koil yang dapat melakukan pekerjaan dengan baik, mesin kendaraan beroda empat biasanya tidak bisa dipakai dengan kondusif dan tenteram. Akan muncul bermacam-macam dilema mulai dari mesin brebet, mesin mati-mati, hingga mesin mati total.

Koil merupakan salah satu komponen pada sistem pengapian mobil Penyebab koil mobil mati

Koil kendaraan beroda empat yang mati, umum terjadi balasan gulungan koil primer dan sekunder ada yang putus atau short, atau pada tipe koil on plug, igniter yang dipasang bantu-membantu dengan koil mengalami kerusakan.

Lantas hal-hal apa saja yang menjadi penyebab putus atau rusaknya gulungan koil atau igniter sehingga bikin koil kendaraan beroda empat mati? Artikel dibawah berikut ini, merupakan beberapa penyebab koil mobil mati yang biasa terjadi...


Buѕі уаng tеlаh ruѕаk аtаu mаtі tеtарі tіdаk ѕесераtnуа dіgаntі


Hal pertama yang dapat menjadi penyebab koil kendaraan beroda empat mati yakni akibat penggunaan busi yang sudah rusak tetapi tidak secepatnya diganti. Ya, busi yang mati kerap menjadi penyebab koil mobil rusak.

Pasalnya, aliran tegangan tinggi yang semestinya keluar dari busi, terhambat dan tertahan di dalam koil sekunder. Beberapa imbas yang ditimbulkan dari kondisi ini yakni arus listrik akan mencari titik terlemah dari pelindung koil sehingga kerap bikin koil menjadi bocor. Bahkan, kebocoran yang terjadi kerap merambat hingga ke kabel busi dan penutupnya.

Selain itu, tegangan tinggi yang tertahan dalam gulungan koil sekunder juga akan menjadikan panas di dalamnya sehingga mampu menambahnilai tahanan serta membuat badan koil terasa panas saat dipegang. Kondisi inilah yang akibatnya menjadi penyebab koil mobil mati.


Pеnggunааn buѕі tіdаk сосоk ѕреѕіfіkаѕі kеndаrааn


Hal selanjutnya yang kerap menjadi penyebab koil kendaraan beroda empat mati yakni penggunaan busi yang tidak sesuai spesifikasi kendaraan. Ya, busi mobil lazimnya mempunyai tipe dan spesifikasi yang berlawanan-beda, tergantung dari tipe dan kebutuhan mesin.

Ada mesin yang memerlukan busi dengan resistan di dalamnya (lazimnya ditandai dengan arahan R pada busi), ada mesin yang memerlukan busi tanpa resistan, ada pula mesin yang memerlukan busi jenis iridium atau platinum.

Jika kita mengganti busi dengan yang tidak cocok spesifikasi yang diharapkan mesin, maka dampaknya akan pribadi dialami oleh koil yang secara pribadi terhubung dengan busi. Seperti contohnya, percikan api yang keluar terlalu kecil hingga busi tidak dapat memercikan api.

Cepat atau lambat, kondisi mirip ini akan menambah beban kerja koil sehingga mempercepat kerusakan pada koil kendaraan beroda empat.


Kаbеl buѕі bосоr


Kabel busi bocor yang tidak segera diganti juga kerap menjadi penyebab koil kendaraan beroda empat mati. Kabel busi yang bocor kerap terjadi balasan perlakuan yang salah dikala melakukan perawatan/perbaikan mirip misalnya menarik pada tempat yang salah sehingga karet insulator kabel busi sobek.

Selain kesalahan dikala perawatan /perbaikan, kabel busi juga mampu bocor balasan umur pakai kabel busi yang sudah terlalu usang. Kabel busi, mempunyai insulator berbahan karet yang lambat laun akan getas/ringkih akhir terpapar panas mesin yang terus menerus.

Pada bab kabel busi yang sudah rentan, arus dan tegangan tinggi yang seharusnya memercik di busi, akan keluar dari tubuh kabel busi. Jika kondisi ini terus menerus dibiarkan maka lambat laun koil kendaraan beroda empat akan cepat rusak.

Bаса jugа :


Uѕіа раkаі kоіl уаng tеlаh lеbіh dаrі 5 tаhun


Penyebab koil kendaraan beroda empat mati berikutnya yaitu tamat usia pakai koil yang sudah lebih dari 5 tahun. Ya, setiap komponen mempunyai usia kerjanya masing-masing tergolong koil kendaraan beroda empat yang masuk ke dalam komponen elektrikal dimana untuk mendeteksi kerusakannya, terbilang cukup menyusahkan alasannya memerlukan alat ukur yang mencukupi.

Memang, ada koil kendaraan beroda empat yang mampu tahan lebih dari usia 5 tahun, namun secara lazim, koil yang sudah melebihi usia pakai lebih dari 5 tahun pastinya sudah mengalami banyak penurunan fungsi dan mutu materi koil tersebut, mirip contohnya, tahanan koil membesar hingga insulator epilog koil yang mulai ringkih sehingga mudah bocor.

Kerusakan-kerusakan kecil mirip inilah yang lambat laun akan menciptakan koil kendaraan beroda empat cepat mati dengan sendirinya.


Kuаlіtаѕ kоіl уаng kurаng bаіk


Hal terakhir yang bisa menjadi penyebab koil mobil mati ialah final kualitas koil kendaraan beroda empat yang kurang baik. Umumnya, mutu yang kurang baik kerap ditemukan pada koil-koil kendaraan beroda empat yang bukan produk OEM (Original Equipment Manufaturer).

Namun begitu, bukan memiliki arti produk OEM juga bebas dari cacat produk, ada kalanya mutu koil bikinan OEM pun juga mampu mengalami cacat sehingga menjadi penyebab koil kendaraan beroda empat mati.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.