no fucking license
Bookmark

Penyebab lampu kabin mobil nyala terus

Lampu kabin yang menyala terus sepintas memang tidak tampakmembahayakan. Namun jikalau hal ini di diamkan terus menerus, tentunya hal ini akan berimbas pada hadirnya problem-dilema lain yang bisa merugikan anda di kemudian hari.

Ya, lampu kabin yang terus menyala pastinya akan menghabiskan sumber daya listrik di aki kendaraan beroda empat anda. Jika mesin masih menyala, niscaya tidak terlalu dilema, tetapi jika mesin mobil mati dan tidak ada metode pengisian aki yang bekerja , maka aki kendaraan beroda empat bisa tekor dan efeknya bisa bikin mobil mogok.

Lampu kabin yang menyala terus sepintas memang tidak terlihat membahayakan Penyebab lampu kabin mobil nyala terus

Selain aki tekor dan kendaraan beroda empat mogok, lampu kabin yang terus menyala lama kelamaan juga mampu menghancurkan penampilan casing lampu kabin tersebut. Lambat laun casing lampu kabin akan menguning atau bahkan mengitam balasan terpapar panas yang terus menerus. Hal ini pastinya membuat penampilan lampu kabin menjadi kurangsedap dipandang mata.

Lantas apa saja sih penyebab lampu kabin kendaraan beroda empat nayala terus? Nah pada postingan kali ini, ombro akan membuatkan informasi dilema kendaraan beroda empat tentang penyebab lampu kabin nyala terus. Simak info lengkapnya dibawah ini...

1. Mеkаnіѕmе gеѕеr раdа ѕаklаr lаmрu kаbіn ruѕаk


Penyebab lampu kabin kendaraan beroda empat nyala terus yang umum terjadi yakni balasan prosedur geser pada skalar lampu kabin mengalami kerusakan. Biasanya, plat yang digunakan sebagai saklar sudah bengkok dan tidak lentur sehingga saat saklar di geser, plat tersebut tetap melekat sehingga arus listrik tetap mengalir dan membuat lampu kabin terus menyala.

Untuk pemeriksaannya pundak-membahu cukup gampang, namun perlu kehati-hatian alasannya mampu menjadikan short yang dapat menciptakan sekring lampu kabin putus atau terjadi kerusakan pada modul lampu kabin.


2. Dооr ѕwіtсh ruѕаk


Penyebab lampu kabin kendaraan beroda empat nyala terus yang berikutnya yakni tamat adanya salah satu door switch (saklar pintu) yang mengalami korslet / short. Door switch ini biasa dipasang pada samping-samping pilar pintu sehingga ketika pintu ditutup door switch akan stress oleh pintu mobil. Selain itu, untuk mengoperasikan lampu kabin ini, lazimnya ada 3 posisi yaitu OFF, ON, dan DOOR (atau ada juga sebagian yang bertuliskan AUTO).

Posisi saklar OFF bermakna lampu kabin mati, posisi ON bermakna lampu kabin menyala terus selama saklar di posisi ON. Sedangakn untuk DOOR atau AUTO bermakna lampu kabin akan menyala dikala salah satu pintu kendaraan ada yang terbuka.

Cara kerja door switch ini merupakan saat pintu di tutup saklar pada door switch akan memutus korelasi dengan body / rangka sehingga arus listrik tidak mengalir dan lampu kabin akan padam. Ketika pintu di buka, maka saklar door switch akan saling terhubung sehingga arus listrik mengalir dan lampu kabin menyala.

Ketika lampu kabin terus menyala dan tak inginmati (terlebih kalau posisi saklar ada di posisi DOOR atau AUTO), hal ini menerangkan ada salah satu door switch yang senantiasa terhubung dengan body.

Oleh alasannya itu, selaku salah satu cara untuk menilik lampu kabin yang menyala terus yaitu dengan menyelediki satu persatu door switch yang ada di setiap pintu. Cukup dengan menekan tombolnya berulang kali sambil mengamati nyala matinya lampu kabin.

Lakukan mulai dari pintu depan kanan kiri, pintu belakang kanan kiri, atau pintu hatchback yang ada di belakang sendiri. Jika di dapatkan peruabahan pada salah satu door switch, memiliki arti door switch yang sedang di periksa merupakan penyebab lampu kabin kendaraan beroda empat menyala terus.

Bаса jugа :


3. Mоdul lаmрu kаbіn еrrоr


Penyebab lampu kabin kendaraan beroda empat nyala terus yang terakhir ombro pahami yaitu balasan modul lampu kabin error. Ya, pada sebagian versi kendaraan beroda empat periode kini, untuk pengaturan lampu kabin dan perangkat elektronik yang lain biasanya disatukan dengan menggunakan sebuah modul elektronika.

Sebagai teladan saja pada mobil MItsubishi Xpander yang memakai ETACS (Eletronic Time And Control Alarm System). Modul ini digunakan untuk melaksanakan pembiasaan dan pengaturan perangkat elektronik mirip lampu kabin, lampu kepala (headlamp), wiper, door lock, atau lampu sen.

Jika pada pemeriksaan skalar lampu kabin serta door switch tidak ditemukan problem, maka modul elektro yang error mirip inilah yang kerap menjadi penyebab mengapa lampu kabin kendaraan beroda empat nyala terus.

Untuk melakukan pemeriksaan modul elektronik ini pastinya membutuhkan alat scanner, dan ini lazimnya hanya dimiliki oleh dealer resmi. Oleh karena itu, kalau kedua investigasi diatas memang sudah percaya tidak ada problem, maka langkah terakhir yakni dengan memeriksakannya ke bengkel resmi.

Jika anda berkendara di keadaan malam hari dan mengalami dilema ini, satu solusi yang mampu anda jalankan yaitu dengan melepas sekring lampu kabin untuk memutus arus dan bikin lampu kabin padam. Dengan begitu, maka perjalanan malam anad akan tetap nayaman. Namun begitu, jangan lupa untuk memeriksa kembali dilema ini ke bengkel yang memang anda percaya.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.