no fucking license
Bookmark

Penyebab mesin diesel common rail susah hidup

Ada perbedaan besar antara mesin diesel konvensional dengan mesin diesel common rail terkait bagaimana tata cara melakukan pekerjaan untuk membuat mesin bisa hidup dan berputar. Mesin diesel konvensional melakukan pekerjaan secara mekanikal sedangkan mesin diesel common rail melakukan pekerjaan secara terkomputerisasi, utamanya dalam pengaturan supply materi bakar ke ruang bakar.

Namun begitu, ada beberapa hal fundamental yang dapat menjadi persamaan antara mesin diesel konvensional dan mesin diesel common rail terkait persoalan mesin sulit hidup. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pada postingan ihwal реnуеbаb mеѕіn dіеѕеl ѕulіt hіduр yang sudah pernah ombro sampaikan sebelumnya.

Untuk mesin diesel dengan metode common rail , urusan mesin sukar hidup ini mencakup banyak hal, mulai dari sensor, aktuator, harness, injektor, ECU dan lain-lain yang penyebabnya banyak dan sangat bermacam-macam. Bisa jadi cara perbaikan yang sama belum tentu menghasilkan hasil yang serupa.

Ada perbedaan besar antara mesin diesel konvensional dengan mesin diesel common rail terka Penyebab mesin diesel common rail susah hidup

Untuk menanggulangi mesin diesel common rail sulit hidup ini, kita memerlukan alat scanner yang kompatibel dengan tipe kendaraan yang sedang dijalankan. Tanpa scanner, perbaikan mesin diesel common rail ini akan kian susah.

Nah, pada postingan kali ini, ombro akan mengembangkan info seputar penyebab mesin diesel common rail sukar hidup. Simak penyebab mesin diesel common rail sukar hidup dibawah ini...

1. Mаѕаlаh раdа mаtеrі bаkаr (ѕоlаr)


Penyebab mesin diesel common rail sukar hidup yang kerap terjadi adalah adanya masalah pada materi bakar (solar). Ya, perkara materi bakar ini tentu saja tidak cuma menjadi dilema untuk mesin diesel common rail saja, tetapi untuk mesin diesel konvensional juga dapat menjadi dilema lazim penyebab mesin sulit hidup.

Meskipun begitu, mesin diesel common rail memiliki kecenderungan lebih bemasalah jikalau mesti berhadapan dengan masalah solar. Berikut beberapa perkara pada solar yang kerap terjadi dan menjadi perkara bagi mesin diesel common rail.

-.Sоlаr kоtоr dаn bеrсаmрur аіr

Solar yang kotor dan bercampur air mampu mengakibatkan materi bakar menjadi sukar untuk terbakar dan membuat mesin sukar hidup. Selain itu solar yang kotor dan bercampur air ini juga dapat mengakibatkan karatan, timbul lumpur, sampai, keausan pada komponen supply pump dan injektor yang efeknya akan merusak metode common rail.

-.Sоlаr орlоѕаn

Solar oplosan yakni solar yang sebagian isinya sudah bercampur dengan cairan dan larutan yang bukan solar sehingga sungguh rentan merusak solarnya itu sendiri dan atau seluruh pecahan metode common rail.

-.Sаlаh іѕі jеnіѕ mаtеrі bаkаr

Salah isi jenis materi bakar juga kerap menjadi penyebab mesin diesel comon rail sulit hidup. Ya, mesin diesel memerlukan solar selaku materi bakarnya, tetapi tak jarang banyak kejadian pelanggan mengisi tangki materi bakar dengan bensin sehingga menimbulkan mesin menjadi sukar hidup bahkan mogok.

-.Bаhаn bаkаr / ѕоlаr kоѕоng

Hal terakhir yang menjadi dilema materi bakar sehingga menjadi penyebab mesin diesel common rail sukar hidup adalah bahan bakarnya kosong. Kaprikornus, sebelum melakukan pemeriksaan duduk masalah pada mesin diesel common rail sukar hidup ini, pastikan materi bakarnya ada di dalam tangki.


2. Sаlurаn ріра dаn ѕеlаng mаtеrі bаkаr аdа уаng ѕоbеk, lераѕ, аtаu bосоr


Penyebab mesin diesel common rail sulit hidup selanjutnya ialah tamat saluran pipa dan selang materi bakar ada yang sobek, terlepas, atau bocor sebagian. Kondisi kanal materi bakar yang seperti ini pastinya juga akan membuat pemikiran materi bakar yang mau menuju injektor manjadi teranggu.

Jika kerusakan pipa dan terusan materi bakar terjadi sebelum supply pump, lazimnya materi bakar akan tercampur udara luar yang mau membuat kanal setelah kerusakan menjadi hanya berisikan udara atau berisi udara sebagian. Akibatnya terperinci, materi bakar tidak akan sampai ke injektor dan mesin menjadi susah hidup.

Jika kerusakan pipa dan saluran materi bakar terjadi sesudah supply pump, maka akan terjadi kebocoran bakar. Bahan bakar akan nampak tercecer di mesin tepatnya di sekeliling lokasi kebocoran. Selain membahayakan, kebocoran ini juga bisa membuat mesin menjadi sulit hidup.


3. Fіltеr mаtеrі bаkаr (fuеl fіltеr) mаmреt


Penyebab mesin diesel common rail sukar hidup berikutnya yaitu jawaban filter bahan materi bakar mampet atau tersumbat. Biasanya, jikalau filter materi bakar mampet ini terjadi maka indikator check engine lamp atau indikator water separator menyala.

Filter bahan bakar yang mampet dan tersumbat terperinci akan menghipnotis supply materi bakar ke dalam injektor sehingga kerap membuat mesin menjadi sukar hidup.


4. Prіmіng рumр ruѕаk


Pada beberapa model mesin diesel common rail, ada yang masih tetap memakai priming pump untuk menolong kerja supply pump guna menghisap materi bakar dari dalam fuel tank. Tak jarang priming pump ini juga kerap mengalami problem sehingga menimbulkan materi bakar dari dalam tangki tidak dapat dihisap untuk disalurkan ke supply pump.


5. Mаѕаlаh раdа ѕuррlу рumр


Supply pump berurusan juga kerap menjadi penyebab mesin diesel common rail sukar hidup. Supply pump berfungsi untuk memompa materi bakar ke dalam fuel rail sehingga tercipta tekanan tinggi di dalam fuel rail dan materi bakar siap di injeksikan oleh injektor ke dalam ruang bakar.

Ada banyak model kerusakan yang mampu terjadi pada supply pump, mulai dari kerusakan simpulan keausan belahan, hingga malfungsi pada sensor dan aktuator dalam supply pump. Namun dari pengalaman yang pernah ombro ketahui, 2 hal berikut kerap menjadi penyebab mesin diesel common rail sukar hidup

-.SCV ruѕаk, mаmреt, bосоr

Dalam supply pump terdapat unsur yang berjulukan SCV (Suction Control Valve). Komponen ini berfungsi untuk menertibkan tekanan materi bakar yang ada dalam fuel rail. Jika SCV rusak, mampet atau bocor, hal ini juga mampu menjadi penyebab mengapa mesin diesel common rail sulit hidup. Perlu dicatat bahwa SCV yang rusak kerap bikin lampu indikator check engine menyala dengan kode DTC P0089 atau P0628.

-.Suррlу рumр bеlum dі іnіѕіаlіѕаѕі

Khusus untuk penggantian supply pump dengan yang gres atau copotan yang kondisinya masih cantik, supply pump yang gres mesti dilaksanakan inisialisasi terhadap ECU serta dilaksanakan pengenalan fuelpump dengan ECU. Jika tidak dilakukan inisialisasi, kondisi ini kerap menimbulkan DTC P1275 yang diikuti menyalanya lampu indikator cek engine. salah satu efeknya ialah mesin menjadi susah dihidupkan.


6. Mаѕаlаh раdа fuеl rаіl (dеlіvеrу ріре)


Penyebab mesin diesel common rail sulit hidup selanjutnya adalah jawaban adanya masalah pada fuel rail (delivery pipe yang sering di sebut common rail). Di dalam fuel rail ini terdapat dua cuilan utama yang melakukan pekerjaan untuk menertibkan dan memantau kondisi tekanan materi bakar sebelum di injeksikan oleh injektor. Komponen tersebut yakni Fuel rail pressure limiter dan Fuel rail pressure sensor.

Jika kedua unsur tersebut mengalami kerusakan atau duduk perkara, maka pembacaan ECU terhadap tekanan bahan bakar yang ada didalam fuel rail menjadi tidak akurat. Akibatnya kerap menyalakan lampu check engine serta membuat mesin menjadi sukar hidup.

Bаса jugа:


7. Mаѕаlаh раdа іnjеktоr


Injektor pada mesin diesel memegang peranan yang sungguh penting utamanya untuk mengubah materi bakar bertekanan menjadi kabut materi bakar sehingga mesin bisa bekerja dengan baik.

Tak terkecuali untuk mesin diesel common rail, tanpa injektor yang bisa melakukan pekerjaan dengan baik dan benar, maka mesin akan mempunyai masalah, salah satu contohnya yakni mesin sukar hidup. Berikut beberapa problem yang kerap terjadi pada injektor mesin diesel

-.Injеktоr mаmреt

Injektor mampet kerap terjadi tamat kotoran dalam materi bakar masuk hingga kedalam lubang nozzle. Injektor mampet membuat materi bakar tidak dapat di injeksikan / dibuat kabut dengan tepat yang efeknya mampu membuat mesin menjadi susah hidup.

-.Injеktоr bеlum dі реndаftаrаn kе ECU

Khusus untuk mesin diesel common rail, penggantian injektor membutuhkan pendaftaran ke ECU. Di injektor terdapat ID yang mesti di inputkan kedalam ECU. Tanpa registrasi ke ECU, injektor juga bisa dipakai, namun biasanya mampu mengakibatkan perkara seperti mesin sulit hidup.

-.Injеktоr bеlum dі lеаrnіng

Selain registrasi injektor ke ECU, injektor juga perlu dijalankan learning, merupakan proses pengenalan ECU kepada kondisi Injektor yang gres terpasang. Proses learning ini wajib dilaksanakan kalau injektor diganti dengan yang gres. Tanpa learning injektor, masalah mesin common rail sulit hidup sungguh mungkin akan terjadi.


8. Sеnѕоr-ѕеnѕоr соmmоn rаіl аdа уаng ruѕаk


Mesin diesel common rail memiliki metode yang mirip dengan metode EFI, metode ini menggunakan sensor-sensor selaku teladan untuk mengoperasikan injektor dan beragam aktuator lainnya yang terkait dalam tata cara common rail.

Jika satu atau sebagian sensor-sensor mengalami kerusakan, maka check engine lamp akan menyala yang mengindikasikan bahwa ada malfungsi pada tata cara. Ada beberapa sensor yang ombro ketahui bisa menjadi penyebab mesin common rail sukar hidup yakni :
  • CKP ѕеnѕоr (ѕеnѕоr сrаnkѕhаft) уаng hеndаk mеngukur ѕudut рutаrаn сrаnkѕhаft
  • CMP ѕеnѕоr (ѕеnѕоr саmѕhаft) уаng bеrfungѕі untuk mеngukur ѕudut рutаrаn саmѕhаft
  • MAP ѕеnѕоr (ѕеnѕоr tеkаnаn mаnіfоld) уаng bеrfungѕі untuk mеngukur tеkаnаn уаng аdа dі іntаkе mаnіfоld.

Jika ketiga sensor tersebut mengalami kerusakan, lazimnya mesin diesel common rail akan sulit di hidupkan.


9. Mаѕаlаh раdа Engіnе Cоntrоl Unіt (ECU)


ECU memiliki masalah juga kerap menjadi penyebab mesin diesel common rail sukar hidup. ECU merupakan kendali seluruh tata cara common rail yang mau membaca, mengolah, hingga menetapkan, mana-mana saja pecahan yang mesti bekerja sesuai kebutuhan mesin.

Berikut beberapa acuan duduk masalah pada ECU yang bisa menjadi penyebab mesin diesel common rail sukar hidup

-.ECU ruѕаk

ECU yang rusak terperinci akan membuat mesin menjadi sukar hidup bahkan membuat mobil mogok tidak dapat dihidupkan.

-.Vеhісlе Idеntіfісаtіоn Numbеr (VIN) bеlum tеrеgіѕtrаѕі dаlаm ECU

Jika dikerjakan penggantian ECU dengan yang baru. VIN number kendaraan beroda empat mesti segera di registrasi (di inputkan) kedalam ECU. Tanpa registrasi VIN number , lazimnya ECU tidak dapat berfungsi dengan normal, salah satunya mesin menjadi sulit hidup hingga tak ingindihidupkan.

-.Tіре ECU grеѕ уаng dіgunаkаn tіdаk сосоk mоdеl dаn tіре kеndаrааn

Menggunakan ECU gres (copotan dari kendaraan beroda empat setipe tetapi beda jenis modelnya) juga bisa menjadi penyebab mesin sukar dihidupkan. Ada baiknya ECU yang dipakai sama dan sudah melaksanakan input VIN number pada ECU gres tersebut.

Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.