no fucking license
Bookmark

Penyebab mesin diesel susah hidup

Ada perbedaan mendasar yang perlu diketahui antara sulit starter dengan sukar hidup dikala mesin kendaraan beroda empat tidak mampu beroperasi mirip lazimnya . Hal ini tidak cuma berlaku pada mesin mobil bensin saja, mobil dengan mesin diesel juga mampu mengalami hal yang serupa.

Masalah untuk mesin sukar starter memiliki arti motor starter tidak mampu melakukan pekerjaan guna melaksanakan cranking di mesin. Kondisi ini terjadi saat kita memutar kunci kontak ke arah STARTER tetapi mesin tidak bereaksi dan tidak ada gejala bisa distarter.

Sedangkan untuk mesin sukar hidup memiliki arti motor starter melaksanakan pekerjaan , mesin mampu cranking namun mesin tak inginhidup.

Ada perbedaan mendasar yang perlu diketahui antara susah starter dengan susah hidup ketika Penyebab mesin diesel susah hidup

Nah, duduk perkara mesin sulit hidup ini biasanya lebih banyak terjadi pada mesin diesel dibandingkan dengan mesin bensin, baik untuk mesin diesel yang memakai Common Rail System ataupun mesin diesel konvensional. Berikut yakni penyebab mesin diesel sukar hidup.


1. Tеkаnаn Kоmрrеѕі Rеndаh


Tekanan kompresi pada mesin diesel memegang peranan penting supaya materi bakar solar mampu meledak dengan sendirinya (Self Ignition). Ya, mesin diesel mempunyai tekanan kompresi ruang bakar yang sungguh tinggi kalau daripada tekanan kompresi pada mesin bensin.

Sebagai teladan, jikalau mesin bensin tekanan kompresinya 9-12 psi, mesin diesel mempunyai ukuran 2-3 kali lipatnya, yaitu sekitar 22-30 psi.

Hal ini erat kaitannya dengan sifat materi bakar yang digunakan pada mesin diesel yakni solar. Campuran solar dengan udara yang sudah dikompresi didalam ruang bakar bisa meledak dengan sendirinya sehingga menciptakan langkah combustion. Disini, kompresi memegang peran penting semoga solar bisa meledak dengan sendirinya.

Ketika tekanan kompresi pada ruang bakar mesin diesel menurun, hal ini bisa menjadikan adonan bahan bakar dan udara dalam ruang bakar menjadi lebih susah untuk terbakar. hasilnya mesin diesel sulit hidup.


2. Tеkаnаn Injеkѕі mаtеrі bаkаr tеrlаlu rеndаh


Selain tekanan kompresi yang rendah, tekanan injeksi bahan bakar yang juga rendah bisa menjadi penyebab mesin diesel sukar hidup. Tekanan injeksi materi bakar sangat berpengaruh pada hasil pengabutan bahan bakar yang terjadi di dalam ruang bakar.

Hasil pengabutan yang bagus bisa diraih melalui tekanan bahan bakar yang tinggi, oleh karena itu tekanan injeksi bahan bakar pada mesin diesel lazimnya sungguh tinggi. Seperti misalnya, untuk mesin diesel konvensional, tekanan injeksi materi bakar berkisar diantara 150Kpa sampai 300 Kpa, sedangkan mesin diesel dengan common rail system mampu meraih 35 Mpa.

Ketika tekanan materi bakar terlalu rendah, tekanan ini tidak mampu untuk melawan tekanan kompresi yang juga tinggi. Jika bisa keluar pun, bahan bakar tidak berupa kabut.

Keabnormalan pengabutan injeksi materi bakar, akan mengakibatkan langkah combustion pada dikala mesin cranking menjadi tidak tepat sehingga bisa menjadi penyebab mesin diesel sukar hidup.


3. Jаlur mаtеrі bаkаr kеmаѕukаn udаrа


Penyebab mesin diesel sukar hidup berikutnya yakni balasan jalur materi bakar solar kemasukan udara/angin. Banyak orang menyebut ungkapan ini dengan ungkapan"masuk angin". Jadi, didalam saluran pipa materi bakar solar terdapat udara dalam jumlah besar dan terus menerus mengisi pipa yang sebaiknya hanya diisi baan bakar.

Biasanya duduk kasus ini terjadi tamat beberapa hal mirip dibawah berikut:
  • Hаbіѕ gаntі fіltеr ѕоlаr (bеlum buаng аngіn).
  • Klер dаlаm рrіmіng рumр mеmіlіkі рrоblеm (tеrgаnjаl kоtоrаn аtаu bеngkоk).
  • Mоbіl grеѕ kеkurаngаn ѕоlаr
  • Kаrеt ѕеаl dі ѕаrіngаn ѕоlаr kurаng rараt dаn bосоr
  • Sаmbungаn-ѕаmbungаn ріра dаn kаrеt ѕеlаng раdа jаlur mаtеrі bаkаr kеndоr аtаu ѕudаh rеmbеѕ
  • dаn lаіn-lаіn

Masalah solar kemasukan angin ini terang akan membuat mesin diesel sulit hidup alasannya solar yang semestinya ditekan dan di injeksikan kedalam ruang bakar tidak ada dan hanya berisikan udara saja.


4. Fіltеr ѕоlаr mаmреt/tеrѕumbаt kоtоrаn


Filter solar mampet/tersumbat kotoran juga dapat menjadi salah satu penyebab mesin diesel sulit hidup. Filter solar berfungsi untuk menyaring kotoran yang ikut terbawa bareng solar dari dalam tangki.

Seiring usia pakai dan lama waktu kendaraan beroda empat digunakan, lambat laun kotoran-kotoran yang disaring dalam filer akan kian banyak dan kian menumpuk. Hal ini akan bikin filter solar menjadi mampet atau tersumbat.

Ketika filter solar tersumbat, maka solar yang seharusnya dihisap oleh inejction pump menjadi tidak ada. Hal ini akan berakibat injektor tidak dapat menguinjeksikan materi bakar yang dibutuhkan mesin. Efeknya mampu menciptakan mesin diesel sulit hidup.

Bаса jugа :


5. Sіѕtеm Glоw Plug (buѕі реmаnаѕ) bеruruѕаn


Hal berikutnya yang kerap menjadi penyebab mesin diesel sukar hidup yakni adanya duduk perkara pada tata cara Glow Plug (busi penghangat). Seperti yang telah pernah dibahas pada postingan Fungѕі Glоw Plug, Sistem ini berfungsi untuk memanaskan suhu didalam ruang bakar mesin diesel dengan tujuan biar proses pembakaran bisa terjadi lebih singkat dan lebih sempurna. Terlebih dikala mesin diesel dihidupkan ketika keadaan mesin masbodoh.

Suhu dan temperatur yang panas didalam ruang bakar mesin diesel akan mempercepat proses pembakaran sehingga mesin diesel menjadi lebih cepat dihidupkan.

Ketika metode glow plug ini mempunyai duduk perkara dan tidak dapat memanaskan suhu ruang dalam combustion chamber, maka lazimnya mesin diesel menjadi susah hidup terutama di saat pagi dan kondisi mesin masih acuh taacuh.


6. Cоmmоn Rаіl Sіѕtеm bеruruѕаn


Hal berikutnya yang bisa menjadi penyebab mesin diesel sulit hidup ialah common rail sistem berurusan. Common rail tata cara pada mesin diesel dikontrol secara elektrik, sungguh berlawanan dengan mesin diesel konvensional yang melakukan pekerjaan secara mekanikal.

Untuk lebih jelasnya tantang apa tiu common rail pada mesin diesel, anda mampu membacanya di artikel Mеngеnаl Cоmmоn Rаіl Dіеѕеl yang telah pernah saya posting sebelumnya.

Sistem common rail menggunakan komputer mesin , sensor serta aktuator dalam proses kerjanya. Masing masing bagian melakukan pekerjaan secara elektrikal yang cukup rentan kepada kerusakan selesai panas, kotor, terbakar, dan lain-lain.

Kerusakan yang terjadi dalam tata cara common rail ini juga bisa menjadi penyebab mesin diesel sukar hidup. Untuk memilih penyebab pastinya, kita harus melaksanakan investigasi dengan scan tool yang lazimnya cuma dimiliki oleh bengkel resmi. Untuk lebih lengkapnya tentang penyebab-penyebabnya, silahkan baca pada postingan Pеnуеbаb mеѕіn dіеѕеl соmmоn rаіl ѕulіt hіduр yang sudah saya terbitkan gres-baru ini.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.