no fucking license
Bookmark

Penyebab mobil distarter bunyi tek tek

Mobil distarter bunyi tek tek memang adakala dialami oleh para pengguna kendaraan beroda empat. Kondisi ini lazimnya terjadi sehabis kendaraan beroda empat diparkir cukup lama diparkiran. Namun tidak menutup kemungkinan dilema mobil distarter suara tek-tek ini bisa terjadi sesaat setelah mesin kendaraan beroda empat dimatikan. Selain itu bunyi tek-tek dikala distarter ini adakala dibarengi dengan meredupnya lampu-lampu indikator di dashboard kendaraan beroda empat.

Jika kunci kontak masih dalam posisi ON, lampu-lampu indikator ini masih terlihat terperinci seperti tidak ada problem. Namun, dikala kunci kontak mulai diputar kearah ST (starter), kendaraan beroda empat tidak mampu distarter dan cuma terdengar bunyi cetek-cetek. Saat ini, dinamo starter tidak berputar dengan sebaiknya dibarengi dengan lampu-lampu indikator yang redup.

Mobil distarter bunyi tek tek memang kerap kali dialami oleh para pengguna mobil Penyebab mobil distarter bunyi tek tek

Pada contoh problem starter bunyi tek tek yang lain, adakala timbul juga bunyi krek sewaktu mobil distarter. Lantas apa saja sih yang menjadi penyebab kendaraan beroda empat distarter bunyi tek-tek ini? Simak informasi penyebab mobil distarter suara tek-tek dibawah ini..

1. Akі kеndаrааn bеrоdа еmраt tеkоr


Aki kendaraan beroda empat tekor sering menjadi penyebab kendaraan beroda empat distarter bunyi tek-tek. Aki tekor membuktikan bahwa setrum di dalam aki sudah kurang atau habis sehingga tidak dapat dipakai untuk menggerakkan motor starter.

Untuk membuat motor starter mampu berputar dan tidak hanya bunyi tek-tek, dibutuhkan jumlah arus listrik yang besar, dan ini cuma bisa ditawarkan jika aki kendaraan beroda empat dalam keadaan yang anggun.

Aki mobil yang cantik mempunyai tegangan tidak kurang dari 12,6V. Anda dapat mеmаkаі Avоmеtеr dіgіtаl untuk mengukur tegangan aki kendaraan beroda empat.

Mobil distarter bunyi tek tek memang kerap kali dialami oleh para pengguna mobil Penyebab mobil distarter bunyi tek tek

Jika tegangan aki mobil Anda kurang dari 12,6V dan di saat distarter suara tek-tek, sebaiknya aki kendaraan beroda empat perlu dicharge apalagi dahulu, atau kerjakan jumper dengan aki kendaraan beroda empat yang lainnya.

Setalah cas aki dilaksanakan ataupun dengan melaksanakan jumper aki ternyata mobil telah bisa distarter dengan lancar, hal ini menerangkan bahwa aki kendaraan beroda empat memang sudah waktunya diganti atau ada problem pada tata cara pengisian aki di mobil anda. Ada baiknya anda membawanya ke bengkel kendaraan beroda empat keyakinan untuk menangkal kendaraan beroda empat mogok sewaktu-waktu selesai aki kendaraan beroda empat soak.

Bаса jugа :



2. Mоtоr Stаrtеr Bеrmаѕаlаh


Hal selanjutnya yang kerap bikin kendaraan beroda empat distarter suara tek-tek yaitu mоtоr ѕtаrtеr memiliki masalah. Untuk investigasi motor starter seharusnya dilaksanakan oleh orang yang hebat dan berpengalaman. Karena untuk pemeriksaan motor starter ini, diperlukan pembongkaran dan pengetesan.

Mobil distarter bunyi tek tek memang kerap kali dialami oleh para pengguna mobil Penyebab mobil distarter bunyi tek tek


Bеrіkut bеbеrара реnуеbаb mоtоr ѕtаrtеr bеruruѕаn ѕеhіnggа kеndаrааn bеrоdа еmраt dіѕtаrtеr bunуі tеk-tеk

A. Sоlеnоіd ѕtаrtеr (mаgnеtіс ѕwіtсh) ruѕаk;

Solenoid starter (magnetic switch) ini berfungsi untuk menggerakkan pinion gear biar terkait dengan ring gear sekaligus menjadi saklar untuk mengalirkan arus listrik yang besar pada kumparan medan (field coil) dan Kumparan armature.

Penyebab tidak berfungsinya solenoid starter ini ada dua, pertama akhir kumparan solenoid short (korslet), kedua, relay dan sikring dalam rangkaian listrik untuk solenoid starter ini putus dan short.

Mobil distarter bunyi tek tek memang kerap kali dialami oleh para pengguna mobil Penyebab mobil distarter bunyi tek tek

Lakukan pemeriksaan hubungan pada kumparan solenoid, relay dan sekring dengan memakai avometer. Jika tidak ada kekerabatan (resistansi) dari kumparan solenoid, berarti solenoid dalam keadaan putus dan perlu diganti.

B. Cаrbоn Bruѕh mоtоr ѕtаrtеr hаbіѕ;

Carbon Brush ini letaknya ada di dalam motor starter, berfungsi sebagai ganjal yang bisa mengalirkan arus listrik dari aki mobil ke komponen kumparan armature. Dengan begitu maka komponen armature mampu berputar akhir kerja elektromagnet di dalam motor starter.

Carbon brush yang habis akan bikin hantaran listrik dari aki menjadi tidak tepat, bahkan bisa jadi arus listrik tersebut tidak dapat mengalir dan tertahan di carbon brush yang habis tersebut. Akibatnya tenaga putar yang dihasilkan menjadi lemah dan menciptakan motor starter bunyi cetek-cetek dan tidak mampu memutar mesin.

C. Kumраrаn mеdаn (fіеld соіl) dаn kumраrаn Armаturе tеrbаkаr;

Kumparan medan (field coil) dan kumparan armature yang terbakar merupakan salah satu penyebab motor starter berurusan sehingga kendaraan beroda empat ketika distarter suara tek tek.

Jika ini yang terjadi, biasanya dilakukan penggantian motor starter secara utuh, menimbang harga komponen perbaikan (field coil dan armature) yang lazimnya tidak jauh beda dengan harga motor starter Assy.


3. Kеlіѕtrіkаn Sіѕtеm Stаrtеr Bеrmаѕаlаh


Sistem starter pada kendaraan beroda empat dirangkai dari beberapa potongan mirip kunci kontak, aki, sikring, relay, motor starter, dan lain-lain (baca berita lengkapnya perihal fungѕі tаtа саrа ѕtаrtеr)

Mobil distarter bunyi tek tek memang kerap kali dialami oleh para pengguna mobil Penyebab mobil distarter bunyi tek tek

Dalam penggunaannya, acap kali sambungan antara socket dan konektor yang menghubungkan masing-masing unsur terlepas atau terhalang oleh kotoran. Contohnya yang sering terjadi yaitu pada socket terminal 50/ST di bagian magnetic switch yang sering lepas atau muncul kotoran dan kerak.

Akibatnya hantaran listrik antar komponen dalam metode starter ini menjadi terusik sehingga kerap menciptakan mobil sewaktu distarter bunyi tek-tek.

Oleh sebab itu, pemeriksaan terhadap sambungan masing-masing unsur perlu dijalankan dengan lebih teliti untuk memperkecil urusan kendaraan beroda empat dikala distarter bunyi tek-tek.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.