no fucking license
Bookmark

Penyebab relay lampu mobil panas

Secara umum, nyaris sebagian besar rangkaian kelistrikan di kendaraan beroda empat menggunakan fuse/ sekring dan relay. Terutama untuk unsur kelistrikan yang memakai daya listrik yang cukup besar. Salah satu contoh penggunaan sekring dan relay di kendaraan beroda empat ini yakni untuk komponen lampu kepala kendaraan beroda empat (lampu headlamp).

Dalam penggunaannya, tak jarang kita mendapatkan beberapa bagian unsur dalam rangkaian lampu kepala tersebut (menyerupai relay dan fuse) mengalami panas yang berlebihan. Masalah panas yang timbul pada relay lampu kendaraan beroda empat ini mengambarkan bahwa ada persoalan dalam rangkaian tersebut.

 hampir sebagian besar rangkaian kelistrikan di mobil menggunakan fuse Penyebab relay lampu mobil panas

Jika tidak segera tertuntaskan, besar kemungkinan panas tersebut bisa membakar kabel dan relay lampu yang ada. Hal ini terperinci sungguh membahayakan bagi siapa saja yang menggunakan kendaraan beroda empat tersebut.

Lantas apa yang menjadi penyebab relay lampu kendaraan beroda empat panas? Nah, pada postingan kali ini, ombro akan mengembangkan isu tentang penyebab relay lampu mobil panas, simak penyebab relay lampu mobil panas di bawah ini...

1. Dауа bоhlаm lаmрu tеrlаlu bеѕаr


Penyebab relay lampu kendaraan beroda empat panas yang pertama ialah jawaban penggunaan bohlam lampu kendaraan beroda empat yang berdaya lebih besar ketimbang ukuran asalnya. Misalnya, ukuran asal lampu kendaraan beroda empat berdaya 55/60 watt diganti dengan 90/100 watt.

Penggantian daya bohlam lampu yang terlalu besar ini tentunya juga akan berimbas pada jumlah arus listrik yang diharapkan semoga lampu kendaraan beroda empat mampu menyala dengan tepat.

Semakin besar arus listrik yang mengalir, maka panas yang ditimbulkan pada aliran listrik tersebut juga akan semakin besar. Akibatnya, bisa menciptakan relay lampu kendaraan beroda empat panas.


2. Kuаlіtаѕ rеlау kurаng bаіk


Penyebab relay lampu kendaraan beroda empat panas yang kedua yakni balasan mutu relay yang kurang baik. Seperti kita pahami bahwa terdapat beragam merek dan jenis relay lampu yang dijual dipasaran. Ada yang bermutu baik, ada pula yang tidak bermutu baik.

Kualitas relay yang kurang baik bisa dilihat dari fisik relay yang ada. Cirinya, harga yang terlalu murah, menggunakan materi plastik yang renyah, tidak ada brand (kalaupun ada, bentuknya tidak meyakinkan dan tidak rapih).

Masalah utama dari relay yang bermutu kurang baik yaitu pada standar dan kemampuan unsur didalamnya untuk mengaliri arus listrik. Biasanya, relay bermutu kurang baik memiliki ukuran mutu jauh dibawah tolok ukur relay yang cantik.

Kondisi ini sungguh mempengaruhi hantaran listrik yang terjadi di dalamnya. Salah satu misalnya ialah datangnya panas pada relay kendaraan beroda empat.


3. Ukurаn kаbеl rеlау tеrlаlu bеѕаr


Pengunaan ukuran kabel relay juga turut menjadi penyabab relay lampu kendaraan beroda empat panas. Ukuran kabel yang terlalu kecil jelas sungguh berbahaya karena mampu mengakibatkan kabel terbakar. Sedangkan bila ukuran kabel terlalu besar, maka relay lampu menjadi rujukan fatwa beban listrik yang terlalu besar.

Disini, relay dan sekring lazimnya menjadi unsur yang paling lemah lantaran harus menahan beban pemikiran arus listrik yang mengalir. Akibatnya, timbul panas yang berlebihan pada relay ataupun sekring lampu kendaraan beroda empat .

Oleh alasannya itu, jikalau kita ingin memasang relay lampu kendaraan beroda empat embel-embel maka kita perlu selektif dalam memilihnya mirip contohnya pada jenis socket lampu yang digunakan, ukuran kabel yang dipasang, sampai merek relay lampu yang dipakai.

Bаса jugа :


4. Pеnаmbаhаn bеbаn rеlау


Penyebab relay lampu mobil panas yang selanjutnya yaitu akhir adanya penambahan beban relay. Contohnya ialah jikalau kita menyertakan lampu variasi atau perangkat kelistrikan lain yang dipasang menumpang pada relay lampu.

Penambahan beban relay seperti ini terperinci akan meningkatkan jumlah arus listrik yang dikehendaki sehingga mampu membuat relay lampu menjadi panas balasan keunggulan beban.


5. Pеmаѕаngаn ѕосkеt rеlау kеndоr (tіdаk kеnсаng)


Penyebab relay lampu mobil panas yang terakhir ombro ketahui yakni balasan pemasangan socket relay kendor (tidak kencang). Agar arus listrik dapat mengalir tepat, pemasangan tiap-tiap sambungan di masing-masing komponen menyerupai sekring, relay, socket lampu dan lain-lain haruslah kencang dan dihentikan longgar.

Jika dalam pemasangan socket dan sambungan kabel relay longgar, maka akan terjadi lompatan aliran listrik diantara potongan yang longgar tersebut. Lompatan pedoman listrik ini terperinci akan membuat panas di kedua cuilan tersebut. Akibatnya secara keseluruhan relay lampu akan menjadi panas.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.