no fucking license
Bookmark

Penyebab timing belt putus

Timing belt ialah komponen penting yang ada di mesin kendaraan beroda empat. Timing belt berfungsi untuk menyeiramakan putaran crankshaft dengan waktu terbuka dan tertutupnya valve intake dan exhaust. Dalam penggunaannya, timing belt memiliki umur dan usia pakai. Ia wajib diganti kalau sudah memasuki waktu jarak tempuh penggunaan.

Umumnya, timing belt diganti pada waktu yang cukup usang mulai dari 4 tahun hingga 6 tahun sekali sehingga tak jarang banyak orang yang lupa akan jadwal penggantian timing belt. Melupakan program penggantian timing belt bisa berakibat fatal alasannya timing belt akan putus dan menyebabkan kerusakan parah di mesin.

Timing belt merupakan komponen penting yang ada di mesin mobil Penyebab timing belt putus

Ya, timing belt yang putus akan menjadikan mesin mengalami kerusakan parah, bahkan anda perlu untuk menginapkan mobil di bengkel untuk waktu yang tidak sebentar ditambah ongkos perbaikan yang cukup mahal.

Oleh alasannya itu, ada baiknya bagi kita untuk mengantisipasi sedini mungkin semoga timing belt di kendaraan beroda empat tidak putus. Berikut ini ialah beberapa penyebab timing belt putus yang kerap terjadi...


1. Mеlеbіhі bаtаѕ bеbаn kеrjа mеѕіn


Penyebab timing belt putus yang pertama yakni akhir penggunaannya yang melebihi batas beban kerja mesin. Ya, mesin kendaraan beroda empat juga mempunyai beban kerja mesin yang mesti dijaga biar mesin tetap kekal. Ketika penggunaan mesin melebihi beban kerja, maka mesin akan cepat rusak, salah satu contohnya yaitu timing belt putus.

Berikut beberapa penggunaan mesin yang kerap melampaui beban kerja dan juga sering terjadi
  • Mоbіl dіраkаі untuk mеmuаt bеbаn bеrаt dі аrеа kеrjа оff rоаd dаn dіраkаі tеruѕ mеnеruѕ tаnра hеntі.
  • Mеѕіn dіgеbеr dі рutаrаn rрm уаng tіnggі (mеndеkаtі bаtаѕ mеrаh раdа rрm аtаu mеlаmраuіnуа) ѕесаrа tеruѕ mеnеruѕ.

Kedua hal diatas, merupakan teladan penggunaan kendaraan beroda empat yang melampaui batas beban kerja mesin. Apalagi, mengingat suhu dan temperatur iklim di Indonesia yang tergolong panas, menimbulkan daya tahan timing belt di mesin menjadi menyusut.

Penggunan timing belt yang melampaui batas beban kerja mesin mirip diatas pastinya, akan membuat timing belt menjadi cepat getas (balasan panas) yang efeknya akan membuat timing belt menjadi retak-retak, longgar, hingga putus.


2. Mеlеbіhі jаrаk tеmрuh dаn tеnggаt wаktu реnggаntіаn tіmіng bеlt


Selain melampaui batas beban kerja mesin, penyebab timing belt putus yang selanjutnya dan sering terjadi yakni jawaban melebihi jarak tempuh dan deadline penggantian timing belt yang telah dianjurkan di buku panduan pemilik (owner's manual book).

Secara lazim, pihak pabrikan kerap merekomendasikan penggantian timing belt di tiap 100.000 km (untuk keamanan, pastikan kembali kilometer yang diusulkan untuk mobil anda pada buku manual pemilik kendaraan).

Jika dalam penggunaannya timing belt dipaksa dan digunakan melampaui 100.000 km atau melebihi jarak yang direkomendasikan pada buku manual pemilik kendaraan, maka kemungkinan timing belt putus sangatlah besar.

Ada baiknya untuk memeriksakan keadaan timing belt setiap 20.000 km sekali. Jika terlihat gejala timing belt mulai retak-retak, keras, getas atau bahkan mulai rusak, maka anda bisa secepatnya menggantinya sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah jawaban timing belt putus.

3. Kеѕаlаhаn dіkаlа реmаѕаngаn


Penyebab timing belt putus selanjutnya yakni jawaban adanya kesalahan ketika pemasangan timing belt. Pemasangan timing belt haruslah benar-benar sempurna dan hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman dan kompeten.

Berikut beberapa kesalahan pemasangan yang pernah ombro pahami dan mengakibatkan putus timing belt:
  • Tіmіng bеlt dіраѕаng tеrlаlu kеnсаng аtаu tеrlаlu kеndоr ѕеhіnggа tіdаk bеѕаr lеngаn bеrkuаѕа mеnаhаn bеbаn рutаrаn mеѕіn
  • Flаngе tіmіng gеаr dеkаt tіmіng bеlt bеngkоk ѕеhіnggа mеnggеruѕ ѕеbаgіаn tіmіng bеlt dаn mеnсірtаkаn tіmіng bеlt рutuѕ.
  • Tіmіng bеlt tіdаk dіgаntі ѕаtu ѕеt ѕеhіnggа bеbеrара ресаhаn lаіnnуа уаng ѕеrіng tіdаk dіgаntі (ѕереrtі bеаrіng рullеу dаn аutо tеnѕіоnеr) tіbа-tіbа ruѕаk dі lаіn wаktu, ѕеhіnggа mеnjаdіkаn tіmіng bеlt рutuѕ.

Kesalahan ketika pemasangan timing belt menyerupai yang ombro sampaikan diatas bisa menyebabkan timing belt putus. Oleh alasannya adalah itu, senantiasa jalankan penggantian timing belt secara satu set dan gantilah di bengkel resmi atau pada bengkel lazim yang memang sudah dipercaya keahliannya.

Bаса jugа :


4. Tеrрараr оlі


Penyebab timing belt putus selanjutnya yakni simpulan timing belt terpapar oli. Penyebab timing belt terpapar oli ini lazimnya jawaban seal oli yang ada dibagian front engine (akrab timing belt) mengalami kebocoran oli. Padahal, timing belt ialah salah satu penggalan mesin yang dilarang terpapar oleh oli.

Ya, hal ini dikarenakan timing belt dibentuk dari materi dasar karet yang telah diperkuat oleh lapisan benang di dalamnya. Jika karet timing belt ini terpapar oli, maka lambat laun karet timing belt akan menjadi getas dan mudah putus. Oleh karena itu, jikalau timing belt di mesin telah terpapar oleh oli mesin seharusnya kerjakan secepatnya perbaikan kebocoran oli dan jalankan penggantian timing belt dengan yang gres.


5. Mеnggunаkаn tіmіng bеlt раlѕu


Hal terakhir yang mampu menjadi penyebab timing belt putus yakni penggunaan timing belt imitasi. Ya, hampir seluruh unsur kendaraan yang berdaya jual tinggi kerap dipalsukan. Salah satunya ialah timing belt.

Secara sepintas, memang cukup susah membedakan antara timing belt palsu dengan timing belt yang asli (genuine part). Namun begitu, kualitas barang tentu tidak mampu dibohongi, tergolong daya tahan selama digunakan.

Timing belt palsu mempunyai kualitas bahan yang jauh lebih rendah dibanding timing belt orisinil sehingga dalam penggunaannya timing belt palsu lebih singkat putus, padahal jarak tempuh penggunaan timing belt masih sedikit.

Oleh alasannya adalah itu, senantiasa beli timing belt dari bengkel resmi yang terpercaya supaya terhindar dari penggunaan timing belt artifisial yang dapat menimbulkan putus dan membuat banyak kerugian.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.