no fucking license
Bookmark

Perbedaan mur dan baut

Mur dan baut mempunyai tugas yang sungguh penting di kendaraan beroda empat. Mur dan baut mampu kita dapatkan nyaris diseluruh bagian kendaraan. Entah itu di mesin, di body, di rem, suspensi, transmisi, bahkan hingga ke roda.

Mur dan baut ialah salah satu bagian mekanikal yang berfungsi untuk memadukan dua bagian menjadi satu dengan sifat yang tidak permanen. Ini artinya benda yang digabungkan dengan mur atau baut lazimnya bisa dibongkar pasang.

Mur dan baut memiliki peran yang sangat penting di mobil Perbedaan mur dan baut

Untuk kalangan teknisi, mungkin sudah paham sekali ihwal apa itu mur dan apa itu baut, tetapi untuk orang awam, tida sedikit pula yang keliru untuk membedakan mana mur dan mana baut.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan membagikan gosip seputar perbedaan mur dan baut. Simak info perbedaan mur dan baut di bawah ini...

I. Aра іtu mur ?


Dalam bahasa teknik, mur juga kerap disebut dengan ungkapan nut. Mur/nut yakni pengikat yang dipasangkan dengan baut. Mur mempunyai bentuk yang pipih dengan ketebalan beragam.

Pada potongan tengah mur terdapat lubang berulir dalam. Lubang berulir pada mur sering disebut dengan ungkapan internal thread. Lubang berulir inilah yang mau menjadi daerah untuk baut ketika keduanya dipasangkan untuk mengikat benda.

Mur dan baut memiliki peran yang sangat penting di mobil Perbedaan mur dan baut

Model dan bentuk mur bahu-membahu sangat bermacam-macam, namun yang paling lazim dan paling banyak dipakai dikala ini yaitu mur yang mempunyai bentuk sisi enam (hexagonal) simetris sehingga bisa dikencangkan atau dkendurkan dengan menggunakan kunci pas atau kunci ring.


II. Aра іtu bаut ?


Baut yang dalam bahasa tekniknya disebut bolt, ialah pengikat yang umum dipasangkan dengan mur/nut. Baut biasanya berupa batang silinder berulir dengan kepala baut yang diameternya lebih besar dari batang silinder berulir tersebut sehingga kerap mempunyai bentuk seperti payung.

Mur dan baut memiliki peran yang sangat penting di mobil Perbedaan mur dan baut

Di bab batang silinder berulir inilah nantinya baut akan dipasangkan ke dalam lubang ulir dari mur/nut. Sedangkan pada cuilan ujung yang lain yang merupakan kepala baut, mempunyai bentuk sisi enam (hexagonal) simetris sehingga baut bisa diputar ke kiri atau ke kanan dengan menggunakan kunci ring atau kunci pas.

Bаса jugа :


III. Pеrbеdааn mur dаn bаut


Dari definisi mur dan baut yang telah dipaparkan pada paragraf sebelumnya, maka kita bisa mendapatkan perbedaan mur dan baut secara terperinci. Berikut adalah3 perbedaan mur dan baut secara biasa .
  1. Mur bеrbеntuk ѕіѕі еnаm ріріh tеtарі tеbаl ѕеrtа mеmрunуаі lubаng bеrulіr dаlаm ѕеmрurnа dіbаgіаn tеngаhnуа (іntеrnаl thrеаd) , ѕеdаngkаn bаut bеruра bаtаng ѕіlіndеr bеrulіr luаr (еxtеrnаl thrеаd) уаng mеmаnjаng.
  2. Bеntuk dаn kеtіnggіаn mur аkаn ѕеnаntіаѕа lеbіh реndеk dаrі bаut (untuk ѕераѕаng bаut dаn mur). Mur mеmрunуаі tіnggі уаng nуаrіѕ ѕаmа dеngаn kераlа bаut ѕаjа bukаn tіnggі bаut ѕесаrа kеѕеluruhаn.
  3. Mur ѕеnаntіаѕа dіраѕаngkаn раdа bаtаng ѕіlіndеr bеrulіr dаrі bаut dеngаn саrа mеmutаrnуа ѕеаrаh аlur раdа ulіr уаng аdа ѕеhіnggа bаtаng ѕіlіndеr bеrulіr tеrѕеbut аkаn mеnеmbuѕ lubаng bеrulіr уаng аdа раdа mur.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.