no fucking license
Bookmark

Perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2

Ring piston pada kendaraan mempunyai fungsi penting mudah-mudahan mesin bisa tetap melaksanakan pekerjaan dengan perfoma optimal, efektif dan efisien. Ring piston untuk kendaraan beroda empat dengan mesin 4 langkah biasanya memiliki 3 jenis ring piston merupakan ring kompresi 1 , ring kompresi 2 dan ring oli.

Dalam prakteknya, untuk membedakan ring pison antara ring piston kompresi 1 dan 2 memang terbilang cukup membingungkan, pasalnya kedua ring ini sepintas tampaksama. Hal ini akan bertentangan kalau ketimbang ring oli. Ring oli mempunyai rancangan dan bentuk khusus sehingga dia lebih gampang untuk dibedakan.

Ring piston pada kendaraan memiliki fungsi penting agar mesin bisa tetap bekerja dengan pe Perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2

Jika dalam pemasangannya terjadi kesalahan dikala memilih dan meletakkan posisi ring piston (antara ring 1 dan ring 2 terbalik), maka saat mesin dihidupkan, mesin akan langsung timbul kendala mirip boros oli, ngebul, timbul noise, tidak inginlangsam, dan lain-lain yang alhasil akan merugikan waktu, biaya dan tenaga

Lantas apa saja perbedaan ring kompresi 1 dan 2? Dan bagaimana kita memutuskan mana ring piston kompresi 1 dan 2. Artikel berikut ini akan menjelaskan pada anda perihal perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2 secara biasa , simak isu lengkapnya dibawah ini...

I. Rіng ріѕtоn kоmрrеѕі 1


Ring piston kompresi 1 yakni ring piston yang berfungsi untuk membatasi terjadinya kebocoran udara ketika langkah kompresi. Selain itu, ring piston kompresi 1 juga mempunyai fungsi untuk menyalurkan panas yang diterima oleh kepala/mahkota piston menuju ke dinding silinder.

Karena keperluan akan dua fungsi tersebut maka kita bisa mendapatkan bahwa ring piston kompresi 1 akan selalu berada di susunan ring bab atas yang paling bersahabat dan mengarah ke ruang bakar mesin.

Dan untuk fungsi penyaluran panasnya, ring piston kompresi 1 biasanya memiliki segi tepian luar yang sudutnya rata dan sejajar dengan dinding silinder. Dengan betuknya yang rata dan sejajar dengan dinding silinder, maka penyaluran panas dari kepala/mahkota piston ke dinding silinder mampu lebih optimal.


II. Rіng ріѕtоn kоmрrеѕі 2


Ring piston kompresi 2 yakni ring piston yang berfungsi selaku lapis kedua untuk menghalangi kebocoran kompresi udara yang lolos dari celah ring (ring gap) pada ring piston kompresi 1. Dengan begitu, maka kobocoran kompresi mampu dihilangkan dengan adanya ring piston kompresi 2 ini.

Selain selaku lapis kedua untuk menghalangi kebocoran kompresi, ring piston kompresi 2 juga mempunyai fungsi untuk menyapu dan membersihkan sisa oli (minyak pelumas) yang ada pada dinding silinder supaya tidak menerobos masuk kedalam ruang bakar.

Untuk susunannya, ring piston kompresi 2 ini dipasang sempurna dibawah ring piston kompresi 1. Sedangkan untuk bentuk tepiannya, ring piston kompresi 2 lazimnya mempunyai sudut tepian yang meruncing/tirus dimana saat pemasangan sudut tirus ini dipasang di bagian bawah.

Bаса jugа:


III. Pеrbеdааn rіng ріѕtоn kоmрrеѕі 1 dаn 2


Ring piston kompresi 1 dan 2 merupakan komponen penting bagi mesin untuk membatasi kebocoran kompresi, namun begitu kedua ring piston ini memiliki perbedaan fungsi yang lain yang hendak saling melengkapi satu sama lain alasannya adalah jika terjadi kesalahan pemasangan , maka mesin akan memiliki masalah mirip yang sudah disebutkan di permulaan-permulaan paragraf.

Berikut yakni perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2

RING PISTON KOMPRESI 1 RING PISTON KOMPRESI 2
Dіраѕаng раdа bаgіаn раlіng аtаѕ раdа urutаn nо 1 Dіраѕаng tераt dіbаwаh rіng ріѕtоn kоmрrеѕі 1
Bаgіаn tері luаr rіng ріѕtоn bеntuknуа rаtа, ѕеdаngkаn tері dаlаmnуа tіruѕ аtаu аdа соаkаnnуа Bаgіаn tері luаr rіng ріѕtоn bеntuknуа tіruѕ (Tарреr), ѕеdаngkаn tері dаlаmnуа rаtа.
Sааt dіrаbа, tеріаn luаr rіng ріѕtоn kоmрrеѕі 1 іnі аkаn tеrаѕа hаluѕ dаn rаtа. Sааt dіrаbа, tеріаn luаr rіng ріѕtоn kоmрrеѕі 2 іnі tеrаѕа hаluѕ nаmun ѕеdіkіt tаjаm, tеrutаmа bаgіаn уаng mеnghаdар kе bаwаh
Umumnуа bеrwаrnа dеbu-аbu / ѕіlvеr / сhrоmе сеrаh Umumnуа bеrwаrnа lеbіh gеlар (kеhіtаm-hіtаmаn)
Mеmіlіkі tаndа khuѕuѕ ѕереrtі R, T, TOP, N dі ѕіѕі аtаѕ rіng bеrѕаhаbаt dеngаn rіng gар аtаu 1 wаrnа саt dі tеріаn rіng Mеmіlіkі tаndа khuѕuѕ mіrір 2R dі ѕіѕі аtаѕ rіng bеrѕаhаbаt dеngаn rіng gар аtаu 2 wаrnа саt dі tеріаn rіng

Namun begitu,tabel diatas cuma acuan menurut pengalaman yang ombro dapatkan selama ini dan tidak berlaku valid untuk semua kendaraan. Hal ini dikarenakan tiap-tiap mesin memiliki pengkodean dan penandaan yang berbeda-beda.

Oleh alasannya yakni itu, anda semestinya tetap berpedoman pada buku bimbingan service manual yang sesuai dengan kendaraan anda sebelum memastikan dan memasang ring piston ini.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.