no fucking license
Bookmark

Pertimbangan saat memilih power tool untuk suatu pekerjaan

Seperti yang telah pernah ombro sampaikan pada postingan terdahulu, power tools merupakan perlengkapan yang digerakkan dengan mengunakan tenaga selain dari tenaga manusia. Sumber tenaga yang digunakan untuk menggerakkan power tool ini umumnya bisa memakai tenaga listrik (memakai listrik atau baterai), menggunakan mesin pembakaran dalam, atau dengan memakai tenaga udara terkompresi (compressed air).

Seperti yang sudah pernah ombro sampaikan pada artikel terdahulu Pertimbangan saat memilih power tool untuk suatu pekerjaan

Bagi seorang mekanik, power tool banyak menampilkan faedah dan keuntungan saat melakukan pekerjaan, baik dikala perawatan kendaraan, perbaikan, ataupun penggantian potongan pada kendaraan. Berikut laba penggunaan power tool:
  • Mеmреrсераt рrоѕеѕ bоngkаr раѕаng unѕur ѕеlаmа mеlаkukаn реkеrjааn .
  • Mеmреrіngаn tеnаgа уаng dіреrlukаn
  • Mеnghеmаt lеbіh bаnуаk wаktu dіkаlа bеkеrjа

Namun begitu, faedah dan keuntungan memakai power tool yang disebutkan tadi, tidak akan didapatkan kalau power tool tidak dipakai dengan benar dan tepat, bahkan power tool bisa menjadi bumerang yang mau merugikan bagi mekanik itu sendiri.

Lantas apa yang mesti dipertimbangkan ketika menentukan power tool untuk suatu pekerjaan? Nah, pada postingan berikut, ombro akan menunjukkan info wacana apa yang mesti diperhitungkan dikala memutuskan power tool untuk suatu pekerjaan, simak infonya dibawah berikut...

1. Kоndіѕі lіngkungаn kеrjа dіkаlа mеnggunаkаn роwеr tооl


Hal pertama yang menjadi pertimbangan dikala memutuskan power tool untuk suatu pekerjaan yakni kondisi lingkungan dan daerah kerja. Ya, wilayah kerja dan kondisi lingkungan sangat menghipnotis jenis dan penyeleksian power tool. Berikut pola lingkungan daerah kerja dan pemilihan power tool yang tepat digunakan:

Lіngkungаn dаеrаh kеrjа уаng rаwаn аkаn kеbаkаrаn

Seperti misalnya, gudang penyimpanan bahan bakar atau dekat dengan benda-benda gampang terbakar (uap gas, bensin, solar, dll). Maka pilihan power tool yang paling baik yakni power tool yang memakai tenaga angin (compressed air). Hindari memakai power tool bertenaga listrik yang bisa menimbulkan percikan api dan menimbulkan terjadinya kebakaran.

Lіngkungаn kеrjа bаѕаh

Seperti contohnya, melaksanakan pekerjaan di saat kondisi hujan deras, area kerja tergenang air, atau di saat melakukan pekerjaan saat sebagian kendaraan terendam air. Jangan gunakan power tool bertenaga listrik alasannya adalah mampu menimbulkan korsleting listrik dan kecelakaan kerja balasan kesetrum. Gunakan power tool bertenaga angin untuk menghindari korsleting listrik dan kerusakan alat power tool yang digunakan.

Bаса jugа :


2. Kоndіѕі bеndа kеrjа


Pertimbangan berikutnya dikala memilih power tool untuk suatu pekerjaan yakni keadaan benda kerja yang hendak dilakukan. Power tool mempunyai kekuatan yang lebih besar dari tenaga manusia, oleh karena itu amati kondisi benda kerja yang digunakan sebelum memakai power tool untuk melakukan pekerjaan .

Jika benda kerja susah untuk dibuka dengan hand tools, maka ada baiknya memakai power tool. Seperti contohnya untuk membuka baut roda pada truk besar, atau dikala kita kesusahan membuka nut hub bearing roda.

Selain itu, hindari menggunakan power tool untuk benda-benda kerja berbahan lunak yang kemungkinan besar akan rusak jika menggunakan power tool.


3. Kеtеrѕеdіааn wаktu kеrjа


Pertimbangan terakhir yang perlu dimengerti dikala menentukan power tool untuk suatu pekerjaan yakni ketersediaan waktu kerja. Dalam melakukan pekerjaan , apalagi selaku mekanik sebuah bengkel resmi, ada waktu-waktu kerja yang sudah diputuskan dalam melaksanakan suatu pekerjaan.

Sepeti contohnya pekerjaan ganti kopling. Untuk kendaraan beroda empat berpenggerak belakang, biasanya mempunyai waktu kerja sekitar 2 hingga 5 jam kerja sampai kendaraan beroda empat betul-betul final dan siap dipakai.

Apabila waktu kerja yang tersedia cukup mepet (seperti pekerjaan penggantian kopling tadi), maka menggunakan power tool bisa mempercepat pekerjaan tersebut sehingga sasaran pekerjaan mampu cepat final.

Akan lain halnya jikalau pekerjaan yang dilaksanakan membutuhkan waktu lama (mirip misalnya engine overhoul) maka penyeleksian power tool pastinya bisa diadaptasi dengan ketersediaan waktu yang ada.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.