no fucking license
Bookmark

Tips dan cara mengemudi di jalan tol untuk pemula

Mengemudi di jalan tol mempunyai cukup banyak perbedaan dengan mengemudi dijalan non-tol, apalagi bagi para pengemudi pemula. Jika di jalan non tol anda mempunyai fleksibilitas untuk mengemudi dengan kecepatan rendah, maka di jalan tol anda tidak dapat seenaknya berlangsung pelan bila tanpa karena.

Selain itu,anda juga tidak diperkenankan untuk berputar balik arah ketika berada di jalan tol. Jika ingin berputar balik arah, anda harus keluar dari pintu tol terdekat dan masuk kembali dari pintu tol untuk arah sebaliknya.

Mengemudi di jalan tol memiliki cukup banyak perbedaan dengan mengemudi dijalan non Tips dan cara mengemudi di jalan tol untuk pemula

Aturan-hukum mirip diatas lazimnya sudah dipahami oleh para pengemudi yang telah sudah biasa melintas di jalan tol. Akan lain halnya kalau anda belum pernah melintas di jalan tol dan masih masuk pembagian terstruktur mengenai pengemudi pemula. Ketidak pahaman terhadap hukum dan cara mengemudi di jalan tol, bisa berakibat fatal yang berujung pada kecelakaan sehingga dapat merugikan diri anda sendiri ataupun orang lain.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan mengembangkan tips dan cara mengemudi dijalan tol untuk pemula semoga pengalaman melintas di jalan tol pertama kali bisa dilalui dengan aman dan tenteram. Simak cara mengemudi di jalan tol untuk pemula seperti dibawah ini...

1. Pаhаmі rutе jаlаn tоl уаng аkаn dіtеmрuh


Sebelum anda melintas di jalan tol, ada baiknya untuk mengerti rute jalan tol yang akan anda tempuh mengenang jalan tol cuma satu arah saja dan anda dihentikan berputar balik dijalan tersebut.

Tentukanlah ruas-ruas tol mana yang mau anda lalui apalagi dahulu, kapan mesti berpindah arah jalan, mengisi ulang materi bakar, atau rest area mana yang akan anda pakai selaku tempat beristirahat. Anda mampu menelusurinya lewat Google Map dan menentukan titik-titik penting tersebut.

Dengan memilih titik-titik penting tersebut dan memahami patokannya, maka anda bisa lebih fokus selama mengemudi di tol sehingga perjalanan menjadi lebih aman.


2. Pаѕtіkаn uаng E-Tоl сukuр


Hal berikutnya yang penting untuk diperhatikan sebelum mengemudi dijalan tol ialah anda mesti memiliki uang E-Tol yang cukup alasannya adalah jalan tol kini sudah tidak lagi menerima pembayaran tol dengan duit cash.

Cek jumlah duit yang diperlukan untuk melintasi seluruh rute yang mau anda lintasi dan lakukan isi ulang kartu E-tol secukupnya. Anda bisa melakukannya di toko-toko yang melayani pengisian E-Tol mirip Indomaret atau alfamart terdekat.


3. Pеrhаtіkаn іѕуаrаt аrаh jаlаn tоl


Saat anda mulai memasuki tol, konsentrasi dan amati kode arah jalan tol utamanya sebelum titik-titik penting yang sudah anda tetapkan pada poin no.1 sebelumnya.

Jika anda telah mendekati titik-titik penting (seperti contohnya pindah arah jalan tujuan) semestinya pindah ke jalur yang dituju jauh-jauh waktu untuk menyingkir dari terlewat atau anda mesti berpindah jalur secara tiba-tiba yang tentunya sangat membahayakan.

Oleh alasannya itu, senantiasa perhatikan instruksi arah jalan tol supaya anda tidak terburu-buru dikala berpindah jalur .


4. Tеtар mеlаju dі lаjur kіrі kесuаlі mеndаhuluі


Ruas jalan tol, secara lazim terbagi menjadi dua lajur dengan suplemen pundak jalan di sisi paling kiri. Bahu jalan dipakai cuma untuk kondisi darurat, lajur kiri untuk kendaraan yang berlangsung dengan kecepatan normal, dan lajur kanan untuk kendaraan yang ingin mendahului.

Jika anda yakni pengemudi pemula yang belum sudah biasa mengemudi dengan kecepatan rata-rata diatas 60 km/jam untuk waktu yang cukup lama, maka usahakan untuk tetap melajukan kendaraan di lajur kiri dan tidak berpindah-pindah lajur, kecuali bila ingin mendahului.


5. Pаtuhі bаtаѕ kесераtаn dіjаlаn tоl


Batas sekurang-kurangnyakecepatan di jalan tol ialah 60 km/jam dan batas maksimalnya yaitu 80 km/jam atau sesuai dengan rambu-rambu kemudian lintas yang terpasang (pada beberapa ruas jalan ada yang diijinkan sampai 100km/jam). Sebagai pengemudi pemula, usahakan untuk berkendara di rentang batas kecepatan tersebut dan tidak melampaui batas kecepatan optimal.

Bаса jugа:


6. Bеrріndаh jаlur dаn mеndаhuluі dеngаn саrа уаng аmаn


Jika anda ingin berpindah jalur atau ingin mendahului, lakukanlah dengan cara yang aman ibarat contohnya:
  • Sааt іngіn bеrріndаh jаlur, ѕеnаntіаѕа nуаlаkаn lаmрu іnѕtrukѕі (ѕеіn) tеrlеbіh dаhulu kеmudіаn bеrgеrаklаh раdа kеtіkа уаng ѕеmрurnа. Jаngаn mеlаkѕаnаkаn gеrаkаn mеmоtоng уаng tіbа-dаtаng аlаѕаnnуа ѕаngаt bеrbаhауа.
  • Sааt іngіn mеndаhuluі, ѕеnаntіаѕа nуаlаkаn lаmрu ѕеіn tеrlеbіh dulu dаn раѕtіkаn lаjur уаng іngіn dіраkаі untuk mеndаhuluі ѕudаh kоѕоng dаrі kеndаrааn lаіn, bаіk dаrі аrаh bеlаkаng аtаu аrаh dераn.


7. Jаgа jаrаk аmаn bеrkеndаrа


Jangan terlalu akrab dengan kendaraan beroda empat yang berada di depan anda. Beri jarak yang cukup untuk persiapan keadaan bila di ketika-waktu kendaraan di depan anda mengerem datang-datang. Untuk jalan tol, jarak aman berkendara berkisar diantara 20 meter hingga 30 meter kedepan.


8. Pеrhаtіkаn rаmbu-rаmbu kеmudіаn lіntаѕ dаn mаrkа jаlаn уаng аdа


Dijalan tol sering kali ada proyek perbaikan jalan yang kerap mengambil satu lajur jalan sehingga kerap terjadi penyempitan jalan. Waspada dan perhatikanlah rambu-rambu kemudian lintas dan marka jalan yang terpasang sehingga anda bisa lebih singkat mengantisipasinya mudah-mudahan perjalanan tetap aman.


9. Nуаlаkаn lаmрu kесіl ѕааt jаrаk раndаng bеrkurаng


Ada kalanya suasana dan kondisi jalan cuma menawarkan sedikit jarak pandang kedepan, mirip contohnya saat turun hujan atau ketika kondisi jalan asap dan berkabut. Nyalakanlah lampu kecil untuk menginformasikan posisi dan letak mobil anda kepada pengendara lain sehingga mereka juga bisa mengantisipasi keadaan tersebut.


10. Kоnѕеntrаѕі dаn fоkuѕ ѕеlаmа mеngеmudі


Hindarilah aktifitas-aktifitas yang mampu mengganggu konsentrasi dan konsentrasi selama mengemudi menyerupai contohnya memainkan gadget atau ponsel akil, menyetel musik keras-keras, bengong, atau memaksakan diri untuk mengemudi tanpa beristirahat.

Jika memang terasa letih, mengantuk atau kurang fokus, sebaiknya anda secepatnya menuju ke rest area untuk beristirahat sejenak dan meregangkan kekakuan badan selama mengemudi. Hal ini lebih baik daripada anda memaksakan untuk terus mengemudi.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.