no fucking license
Bookmark

Tips menghindari flat spot pada ban mobil

Flat spot pada ban kendaraan beroda empat yaitu suatu keadaan dimana sebagian permukaan ban menjadi rata/lurus akhir bagian tersebut menahan tekanan besar untuk waktu yang terlalu lama. Contoh termudah yang bisa mengakibatkan flat spot pada ban kendaraan beroda empat yakni memarkir mobil untuk waktu yang lama lebih dari 30 hari.

Ya, memarkirkan mobil untuk waktu yang usang bisa menjadi penyebab ban kendaraan beroda empat mengalami flat spot. Hal ini terjadi alasannya adalah belahan ban yang bersentuhan langsung dengan aspal atau permukaan lantai akan terus menerus frustasi oleh beban kendaraan beroda empat. Akibatnya, jalinan kawat dalam ban kendaraan beroda empat akan mengalami pergeseran dari melingkar menjadi lurus.

Flat spot pada ban mobil adalah sebuah kondisi dimana sebagian permukaan ban menjadi rata Tips menghindari flat spot pada ban mobil

Efek yang ditimbulkan final adanya flat spot pada ban kendaraan beroda empat ini tentunya bisa membuat tidak tenteram atau bahkan membahayakan dikala kendaraan beroda empat dipacu pada kecepatan tinggi mirip misalnya:
  • Munсul gеtаrаn уаng bеrаѕаl dаrі bаn
  • Mоbіl tеrаѕа lіmbung kеtіkа dіgunаkаn
  • Bаn mеnjаdі lеbіh rаwаn ресаh
  • Kеrjа ѕuѕреnѕі lеbіh bеrаt ѕеhіnggа lеbіh ѕіngkаt ruѕаk

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan mengembangkan tips dan cara wacana bagaimana menghindari flat spot pada ban kendaraan beroda empat alasannya kendaraan beroda empat tidak lama digunakan. Simak kiat dan caranya dibawah berikut ini...

1. Jаlаnkаn kеndаrааn bеrоdа еmраt ѕеmіnggu ѕеkаlі


Cara yang paling sempurna untuk menghindari flat spot pada ban kendaraan beroda empat yakni dengan melaksanakan kendaraan beroda empat setidaknya sepekan sekali. Cobalah untuk memanaskan kendaraan beroda empat dan mengganti posisi parkir mobil maju atau mundur sehingga ban mobil berputar dan posisinya tidak lagi sama dengan posisi sebelumnya.

Jika memungkinkan, ada baiknya untuk melaksanakan kendaraan beroda empat keluar / keliling komplek semoga ban mengalami perputaran dan pergerakan sehingga ban melentur dan bisa tetap menjaga bentuknya yang bulat.

Tujuan dari tindakan ini merupakan untuk memindah posisi referensi ban kendaraan beroda empat supaya bagian ban yang menjadi referensi tidak berada pada satu spot saja.


2. Tаmbаhkаn tеkаnаn аngіn ѕеbеlum dі tіnggаl раrkіr


Tips menyingkir dari flat spot pada ban kendaraan beroda empat lainnya yakni dengan cara menambahkan tekanan angin yang lebih besar dari tekanan angin standarnya. Tambahkan tekanan angin sebanyak 4 psi dari ukuran masuk akal .

Seperti misalnya pada mobil toyota avanza yang memiliki tekanan angin standard depan 34 psi dan belakang 38 psi. Maka, dikala kita ingin meninggalkan kendaraan beroda empat untuk waktu yang lama, tekanan angin ban depan di tambahkan menjadi 38 psi dan ban belakang menjadi 42 psi.

Namun jangan lupa, untuk melaksanakan pengecekan kembali tekanan angin ban dan jalankan peyesuaian sesuai dengan ukuran wajar saat kendaraan beroda empat ingin digunakan.

Menambahkan tekanan angin ini mempunyai tujuan biar ban tidak terlalu kempes sehingga permukaan ban tidak menjadi lurus setelah lama ditinggalkan.


3. Gunаkаn nіtrоgеn untuk mеnghеmаt bаn сераt kеmреѕ


Selain dengan menyertakan tekanan angin, kita juga bisa mengisi ban dengan nitrogen selaku cara untuk menyingkir dari flat spot pada ban kendaraan beroda empat yang terlalu lama diparkir. Nitrogen merupakan gas udara yang sudah tersaring dan tak memiliki kandungan air di dalamnya.

Perbedaan komposisi antara angin lazimdengan nitrogen inilah yang menciptakan ban dengan isi nitrogen dipercayai memiliki tekanan yang tidak gampang menyusut walaupun kendaraan beroda empat tidak digunakan dalam rentang waktu yang lama.

Bаса jugа :


4. Gаnjаl kе еmраt rоdа dеngаn ѕtуrоfоаm tеbаl


Selain cara diatas, mengganjal ke empat roda mobil dengan styrofoam yang tebal juga bisa digunakna sebagai cara untuk menghindari flat spot pada ban kendaraan beroda empat.

Siapkan 4 buah styrofoam dengan ketebalan setidaknya 5cm dan memiliki lebar sedikit lebih besar dari tapak ban kendaraan beroda empat. Pasang styrofoam dibawah ban selaku pengganti lantai lalu tambahkan tekanan angin menyerupai pada poin no 2.

Flat spot pada ban mobil adalah sebuah kondisi dimana sebagian permukaan ban menjadi rata Tips menghindari flat spot pada ban mobil

Dengan adanya styrofoam ini, maka tapak ban tidak pribadi menumpu pada lantai melainkan ke strofoam yang hendak mempertahankan permukaan tapak ban supaya tidak menjadi lurus ketika tekanan angin menyusut.


5. Gаnjаl kеndаrааn bеrоdа еmраt dеngаn jасkѕtаnd bіаr rоdа tіdаk mеnараk kе lаntаі


Jika memang kendaraan beroda empat tak ingin dipakai untuk waktu yang lebih lama, mengganjal kendaraan beroda empat dengan jackstand biar roda tidak menapak ke lantai atau pemukaan jalan yaitu penyelesaian yang paling tepat untuk menyingkir dari flat spot pada ban kendaraan beroda empat.

Dengan mengganjal kendaraan beroda empat memakai jackstand, maka roda tidak akan dibebani oleh berat mobil. Hal ini tentu saja akan membebaskan seluruh permukaan ban biar tidak menumpu pada lantai atau permukaan jalan sehingga bisa terhindar dari duduk perkara flat spot.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.