Setir Mobil Bunyi Pas Dibelokan, 6 Hal Ini Jadi Penyebabnya
David Sigalingging
2 min read
Sehingga masuk logika jikalau ada bunyi pada setir.
Namun bunyi setir yang normal itu kecil dan akan tersamar dikala kendaraan beroda empat berlangsung sehingga tidak terdengar oleh kita. Lalu mengapa tiba-tiba bunyi pada setir ini menjadi lebih keras ?
Itu tandanya ada suatu problem pada sistem steering kendaraan beroda empat anda, masalah ini tidak berarti bagian setir mesti diganti namun bisa juga masalahnya Cuma kurang pelumas.
Makara bagaimana solusinya ?
Pertama anda perlu mendeteksi dimana letak kerusakannya, dibawah akan kami berikan beberapa komponen setir yang sering memiliki masalah sewaktu ada gejala setir suara.
1. Bеаrіng оblаk
Bearing atau laher menjadi komponen yang sungguh wajib pada suatu prosedur, alasannya alas ini berfungsi selaku layer antara kepingan yang bergerak dengan unsur yang membisu sehingga tidak terjadi tabrakan yang berlebihan sehingga bunyinya bisa diredam.
Pada prosedur setir ada banyak ganjal, dari mulai bearing pada steering column, sampai pada rack steer.
Apabila satu saja ganjal ini aus/rusak maka setir akan bunyi pas dibelokan. Tipikal bunyinya itu ibarat ukiran plat, tinggal didengarkan saja sumbernya ada dimana ? bila ada disekitar steering column (area dashboard) maka yang rusak ialah bearing steering column.
Solusinya pertama dilumasi dengan pelumas mirip yang model spray (chain lube atau wd-40) juga bisa memakai grease. Kalau memang tidak memberi efek yang signifikan, maka perlu diganti bearingnya.
2. CV jоіnt аuѕ/kurаng реlumаѕ
CV joint atau constant velocity joint yakni penggalan untuk membelokan poros putaran setir, jadi seperti gambar diatas poros setir tidak terletak pada garis yang lurus. Alasannya supaya ketinggian setir bisa disesuaikan dengan ketentraman pengemudi.
Kaprikornus meski ketinggian setir dinaikan/diturunkan, putaran setir masih tetap mampu disalurkan ke roda dengan baik berkat adanya CV joint ini.
Kadang yang jadi masalah, CV joint ini oblak sehingga menciptakan getaran dan bunyi gemuruh dari bab bawah setir dikala setir dibelokan.
Untuk mendeteksinya, anda mampu menggoyangkan CV joint ini (ada poros setir dekat lantai kabin dibawah dashboard). Kalau oblaknya cukup terasa, maka CV joint ini perlu diganti namun bila oblaknya masuk akal cukup beri pelumas.
3. Stееrіng gеаr уаng оblаk
Bunyi ini juga mampu muncul dari perkaitan gigi didalam steering rack. Terutama apabila gear telah pada oblak, maka setir pun akan bunyi.
4. Bооt tіе rоd ѕоbеk
Boot tie rod berfungsi untuk melindungi ball joint pada lengan setir dari bubuk atau kotoran, selain itu dengan adanya boot/karet tie rod ini maka pelumas grease pada ball joint juga tidak akan bocor.
Tapi kalau boot ini sobek, otomatis pelumas akan bocor dan kotoran juga akan masuk, Hal ini mengakibatkan terjadinya ukiran pada ball joint sehingga setir akan suara dikala dibelokan.
5. Tіе rоd ruѕаk
Tie rod rusak sudah pasti akan mengakibatkan suara-bunyian pada setir, bahkan duduk perkara tie rod ini merupakan problem yang paling sering timbul pada tata cara steering, jadi biasanya jikalau ada keluhan setir bunyi maka yang dicek pertama merupakan tie rodnya.
Tie rod sendiri ada dua macam, merupakan long tie rod dan tie rod end. Long tie rod merupakan lengan setir yang menghubungkan serpihan steering rack dengan serpihan roda sementara tie rod end ialah engsel diujung long tie rod yang terhubung ke cuilan roda.
Tanda tie rod rusak, yaitu ball joint pada tie rod ringan/tanpa beban. Untuk mengeceknya goyangkan lengan tie rod, jikalau sungguh ringan maka itu tandanya tie rod rusak.
6. Kеruѕаkаn роmра роwеr ѕtееrіng
Terakhir, bunyi pada setir juga bisa disebabkan alasannya yakni pompa power steering rusak. Untuk mendeteksi kerusakan pada pompa, akan lebih gampang dilakukan oleh dua orang. Satu mengoperasikan setir dan satunya mengamati kinerja pompa di kap mesin.
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.