Ternyata 3 Hal Ini Menyebabkan Oli Bocor Pada Mobil Matic


    Apa anda pernah menyaksikan tetesan fluida atau oli dikolong kendaraan beroda empat anda ? lalu apa yang menjadikan oli tersebut menetes dan apa alhasil ? kita akan membahasnya secara detail dibawah.

    Perlu dimengerti apapun yang menetes dikolong mobil patut dicurigai karena bisa jadi itu bocor oli, tetapi tidak semua tetesan dikolong kendaraan beroda empat itu bocor oli, ada juga tetesan alasannya air AC.

    Kaprikornus bila anda mendapatkan kondisi mirip ini, cek dulu apa yang menetes apakah air atau oli. Saya rasa anda sudah paham betul apa bedanya air dengan oli.

    Ditopik kali ini kita akan membahas bocor oli pada kendaraan beroda empat matic, bahu-membahu baik kendaraan beroda empat manual ataupun matic jikalau olinya bocor kemungkinan penyebabnya itu sama. Tapi mengapa kendaraan beroda empat matic ini kita bahas khusus ?

    Itu disebabkan ternyata ada banyak kasus kebocoran oli transmisi matic dan jika dibandingkan lebih rumit mana transmisi matic atau manual ? terang transmisi matic sehingga yang membuat kebocoran juga bisa saja beda.

    Lalu apa saja yang menyebabkan oli bocor pada kendaraan beroda empat matic ?

    іmg bу соnfuѕеd.соm

    1. Olіnуа kоtоr

    Kita tahu oli itu berfungsi selaku pelumas, namun jikalau pada komponen yang dilumasi sarat dengan kotoran maka oli itu akan kotor. Itulah sebabnya ada filter oli, kalau oli mesin mungkin oli kotor masih bisa ditoleransi tetapi untuk transmisi matic tidak.

    Didalam transmisi matic terdapat banyak sekali plat yang saling bertautan dan bergesekan, ukiran antar plat itu sering menghasilkan friksi yang nantinya terbawa oleh oli.

    Kalau oli itu bersirkulasi, friksi yang tajam itu mampu meggores bagian seperti seal atau bahkan plat-platnya.

    Sehingga itu bisa memunculkan oli bocor, bahkan dalam kondisi parah transmisinya yang rusak.

    Sementara itu, jarang sekali kita mengganti filter transmisi matic yang ada hanya mengganti olinya. Oleh karena itu hal ini bisa diantisipasi dengan merubah oli transmisi matic secara rutin dan jangan samakan interval penggantian oli transmisi manual dengan matic.

    Transmisi manual masih bisa jikalau olinya tidak diganti hingga 40 ribu KM, tetapi transmisi matic 20 ribu KM saja telah harus diganti.

    2. Sеаl/gаѕkеt уаng ѕudаh ruѕаk

    Kalau anda lihat baik pada mesin atau transmisi, pasti dilengkapi banyak sekali terdapat seal baik yang terbuat dari karet atau plat aluminium.

    Kebocoran juga mampu timbul dari bagian ini, misal pada oli mesin sering bocor dibagian seal sambungan antara blok mesin dengan oil pan. Sementara pada transmisi matic juga sering terjadi kebocoran pada sambungan box transmisi.

    Untuk duduk perkara ini bahu-membahu cukup mudah, anda tinggal merubah seal yang bocor tersebut.

    3. Akіbаt kесеlаkааn

    Saat kendaraan beroda empat mengalami kecelakaan baik yang ringan sekalipun kadang kita tidak meneliti hingga ke dalam. Contohnya dikala ban depan kendaraan beroda empat pernah tertabrak kendaraan lain, bisa jadi oli transmisi bisa bocor karena untuk kendaraan berpenggerak roda depan as roda depan langsung terhubung ke transmisi.

    Sehingga ketika roda depan terbentur, ada dorongan as roda kearah transmisi dan itu bisa menjadikan kebocoran.

    Hal yang lain di saat bagian bawah kendaraan beroda empat terbentur pundak jalan atau terkena batu, juga bisa memunculkan kebocoran.
    David Sigalingging
    David Sigalingging Guru Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam.
    Post a Comment