Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Soak
Cara Memperbaiki Baterai motor Kering
Baterai motor / Accu atau bateray
adalah komponen yang sangat penting di dalam kendaraan. Bagaimana tidak
komponen ini adalah sumber listrik dalam sebuah kendaraan. Ada dua jenis Baterai
motor yang beredar saat ini yaitu Baterai motor kering dan Baterai motor basah.
Motor-motor keluaran sekarang kebanyakan menggunakan Baterai motor kering
sebagai pendulang kelistrikan. Selain dimensinya yang lebih kecil, tidak
memerlukan perawatan yang terlalu banyak. Namun bagaimana jika Baterai motor
kering pada kendaaraan anda sudah tekor atau rusak? Apakah bisa diperbaiki?
Jawabanya adalah bisa, nah berikut ini adalah cara bagaimana memperbaiki Baterai
motor kering.
Oke sebelum memperbaiki Baterai motor kering, siapkan terlebih dahulu bahan bakunya yakni sebuah suntikan dan accu zuur. Jika kedua bahan tersebut sudah disiapkan perhatikan langkah cara memperbaiki Baterai motor kering yang rusak sebagai berikut:
Lepaskan kedua kabel yang terhubung dengan Baterai motor
pada motor anda
Ambil / lepas Baterai motor dari kendaraan
Bukalah tutup Baterai motor dengan penutup karetnya
(biasanya ada tiga buah)
Isikan accu zuur menggunakan suntikan hingga volumenya
kira-kira 1 cm dari batas atas.
Tutup Kembali hingga rapat
Pasang kembali Baterai motor pada motor anda
Jika semuanya sudah terpasang, hidupkan motor agar memulai
proses pengisian.
Setelah Baterai motor/ baterai terisi penuh maka Baterai motor sudah bisa
berfungsi kembali. Namun jika sudah melakukan semua langkah memperbaiki Baterai
motor kering diatas tetapi Baterai motor tetap saja tidak berungsi, maka sudah waktunya
anda menggantinya dengan yang baru. Gimana mudah bukan? Dari pada harus membeli Baterai
motor yang baru, hanya dengan membeli accu zur dan suntikan saja yang harganya murah Baterai motor anda sudah bisa befungsi
kembali. Nah saya hanya memberikan informasi berdasarkan dari apa yang telah
saya lakukan, namun perlu diingat jika anda melakukanya resiko ditanggung
sendiri ya ...
MEMPERBAIKI BATERAI MOTOR YANG RUSAK (TEKOR)
Berangkat dari sepeda motor supra X keluaran tahun 2002 ku yang sudah mulai
ngadat lagi dikarenakan starter tangan udah g berfungsi, lampu-lampu udah mulai
redup apabila tidak digas, akhirnya saya mencari cari apa penyebabnya.
Setelah ditelusuri ternyata dikarenakan BATERAI MOTOR yang sudah mulai Rusak
atau Tekor, BATERAI MOTOR (Akumulator) dikenal dengan elemen listrik sekunder,
yang merupakan elemen listrik yang dapat diisi ulang setelah digunakan, Baterai
motor (Akumulator) memiliki dua kutub, kutub anoda (+) menggunakan timbal
dioksida (PbO2) dan pada katodanya menggunakan Timbal (Pb) berpori, dan
menggunakan Larutan elektrolit H2SO4 (Asam Sulfat). ini dipelajari pada mata
pelajaran fisika kelas IX SMP.
Baterai motor memang lambat laun akan mengalami kerusakan. Penyebab kerusakan
bisa bervariasi, mulai dari penggunaan yang salah hingga kerusakan alami
seperti umur yang memang sudah waktunya untuk rusak. Nah, kalo Baterai motor
motor anda rusak, apa yang akan anda lakukan ? membuangnya atau menjualnya
ketukang loak ? Dalam artikel kali ini saya akan sedikit sharing tentang cara
memperbaiki Baterai motor yang tekor dengan cara yang mudah dan murah.
Tetapi yang perlu digaris bawahi, cara yang akan saya sharing tidak sepenuhnya
berhasil, tingkat keberhasilannya tergantung dari kondisi Baterai motor itu
sendiri. Jika kondisi element didalam Baterai motor yang sudah sangat rapuh,
atau bahkan banyak yang sudah pada putus, maka kemungkinan tidak akan berhasil.
Dengan cara yang akan saya sampaikan disini, berlakuk untuk Baterai motor yang
kondisinya masih sedikit (cuma sedikit saja sich) bagus, masih ada element
(minimal belum pada rontok), dan kerusakannya hanya tidak mau menyimpan arus
listrik.
Ciri Baterai motor yang tidak mau menyimpan arus listrik adalah ketika anda
gunakan lampu rem atau lampu sent, nyalanya sangat redup, bahkan kadang tidak
mau nyala sama sekali, apalagi untuk menghidupkan mesin menggunakan starter
tangan, jelas merupakan sebuah tindakan yang bodohsia-sia.
Ok, langsung saja, berikut trik untuk memperbaiki Baterai motor yang tekor dan
tidak bisa menyimpan arus listrik:
Sediakan dulu air sedikit panas (diatas hangat tetapi
dibawah panas, he…)
Buka semua penutup cairan Baterai motor, kemudian buang
semua isinya. Hati-hati kalo bisa jangan sampai kena kulit, karena air Baterai
motor tersebut bisa menyebabkan gatal yang lumayan.
Setelah terkuras habis, masukan air yang sedikit panas
tersebut. Isi setengahnya saja, kemudian tutup semua lubangnya kembali dengan
penutup semula.
Kocok-kocok Baterai motor tersebut hingga air yang ada
didalamnya berubah warna menjadi hitam.
Tujuan dari pengocokan Baterai motor tersebut adalah untuk
membuang hasil sisa reaksi yang menempel di element Baterai motor dan di dasar
box Baterai motor. Disamping itu, pemberian air sedikit panas tersebut
berfungsi untuk menghidupkan kembali element yang sudah mati atau mati suri
(kata orang bengkel gitu)
Jika air yang ada didalam Baterai motor sudah terlalu hitam
dan pekat, anda bisa membungnya dulu, kemudian mengulanginya lagi dari tahap 3.
Ulangi terus hingga kotoran hasil reaksi yang ada didalam Baterai
motor bersih (Dasar box Baterai motor terlihat tampa ada endapan)
Jika dirasa sudah bersih, maka langkah terakhir, anda bisa
memasukan air Baterai motor jenis Zuur.
Setelah selesai, pasang Baterai motor pada motor anda. Tapi
ingat, jangan langsung menggunakan untuk menstarter mesin motor anda, tetapi
diamkan dulu sambil motor tersebut digunakan (buat mejeng dan jalan-jalan juga
gak masalah). Hal tersebut bertujuan untuk mengisi arus listrik dulu ke Baterai
motor. Gak perlu ke tukang listrik untuk mengcharge Baterai motor tersebut.
Cara diatas berlaku untuk semua jenis Baterai motor basah, bisa Baterai motor
motor, mobil (jika kuat mengocok Baterai motornya sich, atau Baterai motor-Baterai
motor yang lain). Tetapi sekali lagi cara diatas tidak semuanya berhasil,
kembali lagi ke kondisi Baterai motor. Tetapi walaupun tidak semua kondisi Baterai
motor bisa diperbaiki, minimal anda mencobanya, kalo gak jadi bisa anda jual ke
tukang loak, kalo jadi berarti keberutungan anda, dari pada beli Baterai motor
baru, lebih mahal bro harganya. Perbaikan Baterai motor dengan cara seperti ini
bisa awet sampai dengan waktu 1 tahun, lumayan buat ngumpulin duit untuk beli Baterai
motor yang baru.
MEMPERPANJANG USIA BATERAI MOTOR
Kita bisa membuat langkah alternatif untuk memperpanjang masa pakai accu basah pada mobil atau motor kita. Banyak informasi yang di dapat di Internet tentang bubuk EDTA ( ethylenediamine tetraacetic ) .
Bubuk EDTA sendiri umumnya sering digunakan untuk pengawet makanan. Namun karena penggunaannya ternyata juga bermanfaat untuk merontokkan deposit sulfat pada cell accu, dibuat EDTA yang lebih khusus dengan kode Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) . Pada beberapa toko kimia menyebutnya sebagai “EDTA Teknis“. Saya mendapatkannya dengan harga 33ribu/kg.Menurut pengalaman teman-teman dan referensi di Internet, khasiat Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) ini bisa membuat accu menjadi segar kembali, dan jika rutin menggunakan Na4-EDTA setiap bulannya, dapat membuat masa pakai accu bisa mencapai 2-3 kali lebih lama.. atau sekitar hingga 4-5 tahun!
Tentunya ini adalah solusi murah, hemat dan tepat guna.
Mari ber-EDTA…
Kita persiapkan terlebih dahulu adalah:
1. Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) atau (EDTA Teknis)
2. Air Destilasi (Air Aquadest), saya menggunakan air accu botol BIRU. (bukan air accu zuur!)
3. Sendok Teh
4. Gelas
5. Battery Hydrometer
6. Lap untuk bersih-bersih.
Langkah-langkahnya:
Pastikan komposisinya terjaga:Untuk ritual perawatan rutin accu, Siapkan 2-3 sendok teh Na4-EDTA untuk 1 liter air Aquadest. Untuk accu yang sudah tekor, siapkan 4-6 sendok teh Na-EDTA untuk 1 liter air Aquadest
Na4-EDTA harus diaduk larut dengan air accu, untuk itu agar mudah, pengadukan dilakukan di luar accu.
Setelah semua siap, mari kita mendekati accu yang akan kita kasih ‘vitamin’ ini.
Setiap lubang / cell, kita lihat kondisinya dengan Hydrometer, saya menemukan ukuran yang berbeda-beda untuk tiap cell.
Cell yang terlihat lebih dekat ke ‘merah’ memerlukan ‘vitamin’ lebih banyak ketimbang Cell yang sehat (hijau).
Tapi tiap Cell tetap perlu dituangkan ‘vitamin’ setiap bulannya agar deposit sulfat bisa dirontokkan, sehingga performa accu tetap prima.
Demikian apa yang bisa saya share, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih
-David Sigalingging, S.Pd-
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.