no fucking license
Bookmark

Fungsi Tombol Shift Lock Pada Mobil Matik

Mengoperasikan tuas persneling mobil matic memang tidak sama seperti saat kita mengoperasikan tuas persneling mobil manual. Terdapat beberapa aturan dan tata cara yang perlu diketahui untuk mempermudah penggunaan mobil matik.

Selain adanya huruf P,R,N,D,2,L, pada mobil matik kita juga kerap menemui tombol-tombol lain yang kerap digunakan saat mengoperasikan tuas persneling seperti contohnya tombol Over Drive (OD) dan tombol shift lock.

Mengoperasikan tuas persneling mobil matic memang tidak sama seperti saat kita mengoperasi Fungsi Tombol Shift Lock Pada Mobil Matik

Masing-masing tombol ini memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda. Namun, pada artikel kali ini, ombro hanya akan membahas lebih jauh terhadap fungsi tombol shift lock yang ada pada mobil matik. Simak fungsi tombol shift lock dibawah berikut ini...


Fungsi Tombol Shift Lock Pada Mobil Matik


Fungsi tombol shift lock pada mobil matik adalah untuk membebaskan penguncian pada tuas persneling matik agar tuas tersebut dapat di geser dari posisi P (park) ke posisi N (Netral) terutama saat mesin mati dan kunci kontak sudah di cabut. Tombol shift lock ini akan sangat berguna ketika mobil diparkir dengan posisi paralel.

Namun sebelumnya, perlu diketahui bahwa pada mobil matik, untuk dapat mematikan mesin dan mencabut anak kunci dari kunci kontak, posisi tuas persneling harus ada di posisi P (park). Jika tuas tidak di posisi P, maka kunci kontak umumnya tidak bisa dilepas dari slotnya.

Kondisi parkir paralel dengan tuas persneling pada posisi P dan rem tangan aktif pastinya akan membuat mobil menjadi sulit untuk digeser.

Oleh karenanya, dengan menekan tombol shift lock ini, maka kita dapat memindahkan tuas persneling dari posisi P ke posisi N meskipun kunci kontak sudah dilepas.

Dengan begitu, saat kendaraan menutup mobil lain yang akan keluar dari area parkir, petugas parkir bisa dengan mudah memindahkannya, karena roda-roda mobil dalam keadaan bebas berputar dan tidak terkunci.

Baca juga :

Oiya, jika sobat parkir mobil secara paralel dan sudah memindahkan tuas persneling dari P ke N dengan menekan tombol shift lock, jangan lupa untuk TIDAK mengaktifkan rem tangan. Rem tangan yang aktif dapat mengunci roda sehingga mobil juga menjadi sulit di geser.

Demikianlah artikel tentang fungsi tombol shift lock pada mobil matik yang bisa ombro sampaikan, semoga bermanfaat

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Teori-Otomotif
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.