no fucking license
Bookmark

Cara jumper aki mobil soak

Mobil mogok karena aki soak (tekor) kerap kali terjadi. Tidak hanya pada mobil lama, mobil-mobil yang tergolong baru pun bisa mengalami kejadian yang namanya aki soak.

Penyebab aki soakpun tergolong banyak, selain faktor usia dan kelalaian pengemudi, sistem pengisian listrik di mobil yang kurang baik / bermasalah atau penggunaan beban listrik di kendaraan yang berlebih seperti audio dan video kerap menjadi faktor penyebab aki soak.

Ciri-ciri umum yang akan di temui ketika mobil mogok karena aki soak adalah mesin mobil tidak mau di starter, lampu-lampu indikator di dashboard mobil akan tampak redup dan kurang terang dibanding biasanya.

Jika kondisi demikian yang terjadi, langkah termudah agar mobil bisa di starter dan di hidupkan adalah dengan cara menjumper aki mobil Anda dengan aki mobil yang lainnya.

Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari pengemudi mobil lain yang bersedia di mintakan tolong untuk melakukan jumper aki.

mobil yang tergolong baru pun bisa mengalami kejadian yang namanya aki soak Cara jumper aki mobil soak

Selain itu Anda juga perlu menyediakan kabel jumper (kabel jumper ini biasanya banyak di jual dipasaran, oleh karena itu disarankan untuk selalu menyediakan kabel jumper di bagasi mobil). Jika sudah siap , maka simak caranya menjumper aki mobil yang mogok di bawah ini.

Cara menjumper aki mobil

  1. Dekatkan kedua mobil agar kedua aki pada masing-masing mobil juga berdekatan dan terjangkau oleh kabel jumper.
  2. Hubungkan kabel positif (+) ke terminal positif (+) aki mobil yang mogok.
  3. Hubungkan kabel positif (+) ke terminal positif (+) aki mobil yang baik.
  4. Hubungkan kabel negatif (-) ke terminal negatif (-) aki mobil yang baik.
  5. Hubungkan kabel negatif (-) ke body atau rangka mobil yang mogok agar menjauh dari posisi aki.
    Perhatikan gambar di bawah
    mobil yang tergolong baru pun bisa mengalami kejadian yang namanya aki soak Cara jumper aki mobil soak
  6. Pastikan penjepitnya aman dan kuat menjepit masing masing terminal aki untuk menghindari munculnya percikan api ketika melakukan starting.
  7. Nyalakan mesin mobil yang sedianya dijadikan tempat menjumper aki.

    Pastikan mobil ini tidak menghidupkan ac, lampu, radio tape , dll. Selain itu, buka juga kaca pengemudi di mobil ini agar pintunya tidak terkunci dari dalam.

    Cara ini diperlukan untuk mencegah aki mobil yang dijadikan tempat menjumper, ikutan mogok dan akinya menjadi soak.
  8. Setelah semua terhubung, stater mobil yang mogok dengan memutar kunci kontak mobil ke arah start sambil menekan sedikit pedal gas agar mesin lebih mudah hidup dan stabil setelah di starter.
  9. Setelah mesin mobil hidup dan berputar normal, lepaskan kabel jumper. ( ketika melepas kabel jumper, lakukan cara yang terbalik dari cara pemasangan agar lebih aman).
Setelah mobil bisa hidup dengan normal jangan lupa untuk segera melakukan pemeriksaan dan pengecekan aki mobil serta sistem pengisian kelistrikan mobil Anda pada bengkel-bengkel terdekat.

Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.