no fucking license
Bookmark

Akibat Penyetelan Katup / Klep Yang Tidak Tepat

Akibat Penyetelan Katup / Klep Yang Tidak Tepat - Pemberian celah katup atau klep berfungsi agar klep atau katup dapat menutup dengan baik dalam setiap temperatur. Saat mesin hidup, komponen - komponen pada mesin akan bergerak dan saling terjadi gesekan antara komponen mesin, termasuk juga pada komponen mekanisme katup atau klep ini. Klep pada mesin jumlahnya tidak sama, jumlah klep / katup tergantung dari mekanisme katup dari mesin tersebut, sebagai contoh ada yang 1 silinder terdapat 2 katup, ada yang 3 katup dan ada yang 4 katup.

Mengapa Celah Klep Atau Katup Harus Dilakukan Penyetelan ?

Saat mesin hidup komponen mekanisme katup yang jumlahnya banyak bergerak bergesekan dan mendapat gaya ke berbagai arah serta beban panas, maka semakin lama komponen semakin aus pada sistem penekan katup dan pada daun katup dan dudukannya serta pengikat kendor.

Sehingga celah katup akan mengalami perubahan lebar (jaraknya). Akibat keausan ini maka celah katup akan menjadi besar, sehingga akan menurunkan kinerja dari mesin. Karena keausan-keausan tersebut tidak merata, celah katup berubah dan perlu distel, ± setiap 20.000 km.

Akibat Penyetelan Katup / Klep Yang Tidak Tepat


1. Celah Katup / Klep Terlalu Besar


Celah Klep / Katup Terlalu Besar

Jika penyetelan celah klep / katup terlalu besar atau longgar maka akan terdengar suara berisik akibat tumbukan rocker arm dan katup (terjadi pukulan-pukulan pada katup akibat celah yang longgar). Jika hal tersebut terjadi terus menerus dapat menyebabkan katup / klep patah.

2. Celah Katup / Klep Terlalu Kecil

Celah Klep / Katup Terlalu Kecil

Jika penyetelan celah katup terlalu kecil atau sempit maka mengakibatkan  bukaan katup akan menjadi lebih lama dari waktu yang semestinya. Akibat bukaan katup yang lebih lama maka dapat membuat kerugian gas baru (gas baru akan terbuang ke saluran exhaust karena bukaan katup exhaust lebih lama) sehingga mengakibatkan pada putaran idle menjadi tidak stabil (mesin bergetar).

3. Tidak Ada Celah Katup / Klep

Tidak Ada Celah Klep / Katup Tidak Ada

Jika celah klep atau katup tidak ada maka mengakibatkan katup tidak dapat menutup dengan baik, menyebabkan kerugian gas baru, pembakaran dapat merambat ke bagian karburator dan katup - katup menjadi panas sehingga memungkinan terbakar.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.