Topik :
Eletrik Starter Motor Tidak Mau Hidup? Bisa Jadi Komponen Ini
Penyebabnya

Eletrik Starter Motor Tidak Mau Hidup? Bisa Jadi Komponen Ini Penyebabnya

Eletrik Starter Motor Tidak Mau Hidup? Bisa Jadi Komponen Ini Penyebabnya - Pada sistem starter elektrik sepeda motor terdapat komponen utama yaitu aki, bendik / relay starter dan dinamo starter. Jika salah satu dari komponen tersebut trouble atau mungkin rusak, maka sistem starter elektrik tidak dapat berfungsi dengan normal. Fungsi starter elektrik adalah untuk memudahkan pengendara saat akan menghidupkan mesin sepeda motor. Untuk melacak penyebab kerusakan yang terjadi pada komponen starter pun cukup sulit karena harus mengecek beberapa komponen yang ada sistem starter motor. 

Ketika switch elektrik starter ditekan, pada kondisi yang normal umumnya beberapa lampu indikator yang ada di speedometer akan mengedip yang menandakan bahwa banyak sekali arus listrik yang dari Accu (aki) motor yang digunakan untuk menghidupkan mesin menggunakan starter elektrik.

Untuk bagian yang pertama yang harus dicek adalah Accu (aki, pastikan accu dalam kondisi normal, cara mengecek accu bisa menggunakan alat ampere meter atau multimeter, bila kuat arus atau besarnya ampere meter pada aki tersebut masih sesuai dengan yang tertulis di badanya maka aki tersebut masih dalam kondisi bagus. 

Kedua cek dinamo starter, akan tetapi untuk dinamo starter jarang sekali mengalami kerusakan, rusaknya dinamo starter biasanya ditandai dengan munculnya suara kasar pada saat motor distarter dengan menggunakan starter elektrik. Tetapi ketika semua komponen sistem starter telah dicek dan hasilnya tidak terjadi kerusakan, kemungkinan masalah yang terjadi pada bendik / relay starter.
Bendik  / Relay Starter


Pastikan bendik tersebut tidak rusak, karena bendik sering menerima beban arus lebih besar dari aki saat tombol starter ditekan. Bendik (Relay) starter ini berfungsi untuk menghubungkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Bentuknya ada kabel dari aki dan satunya lagi ke dinamo starter di dekat mesin.

Cara sederhana untuk memastikan bendik / relay starter masih normal atau tidak, bisa dengan menjumper langsung kedua terminal kabel bendik menggunakan tangkai obeng. Jika mesin hidup, maka dapat dipastikan bendiknya yang rusak. Untuk menghindari masalah di jalan seperti korsleting atau motor starter tidak dapat berhenti berputar, lebih baik komponen ini diganti. Pilih komponen yang orisinil agar usia pakainya lebih lama.

Cara Memperbaiki Bendik Motor


  • 1. Lepas mur yang terdapat pada kedua bagian terminal bendik
  • 2. Kemudian dengan menggunakan solder, kita lepas kabel-kabel yang terpasang di sekitar bagian tersebut.
  • 3. Langkah selanjutnya yaitu kita membuka bagian bodi dari bendik kemudian lepaskan
  • 4. Langkah selanjutnya adalah kita melakukan pengamplasan pada bagian kutub-kutub pertemuan yang ada di dalam bendik tersebut
  • 5. Langkah terakhir renggangkan pegas yang ada di dalam bendik tersebut
  • 6. Pasang kembali seluruh komponen yang ada di dalam bendik ke posisi semula

Tetapi keberhasilan dalam memperbaiki bendik sepeda motor yang rusak tersebut tergantung dari jenis kerusakan yang dialami oleh bendik tersebut.

Jika memang kerusakan sudah parah, akan memakan proses memperbaiki dengan langkah diatas kemungkinan besar tidak akan berhasil. Maka solusi terakhirnya ganti bendik tersebut dengan yang baru.

Post a Comment for "Eletrik Starter Motor Tidak Mau Hidup? Bisa Jadi Komponen Ini Penyebabnya"