Jenis - Jenis Karburator Sepeda Motor

Jenis - Jenis Karburator Sepeda Motor - Karburator merupakan komponen vital pada motor yang masih menggunakan sistem bahan bakar konvensional, pamor karburator sudah mulai tergantikan oleh inovasi yang terus dikembangkan salah satunya yaitu sistem bahan bakar ijeksi (menggunakan injektor). Jika dibandingkan motor yang masih menggunakan karburator, motor injeksi lebih efisien terutama dari segi konsumsi bahan bakar.

Secara umum karburator berfungsi untuk mengatur tinggi rendahnya RPM mesin serta mengatur campuran udara dan bahan bakar. Karburator memiliki komponen berupa katup gas yang tersambung ke stang melalui media kabel yang digunakan untuk tarik ulur katup gas (skep) agar RPM mesin bisa berubah, sesuai dengan kehendak rider memutar gas. Karburator motor ini ada beberapa jenis, apa saja?

Berikut Jenis - Jenis Karburator Pada Motor


Jenis Karburator Motor Berdasarkan Bentuk Venturi

Berdasarkan bentuk venturinya, karburator pada sepeda motor dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu :

1. Karburator Venturi Berubah - Ubah (Slide Carburettor Or Variable Venturi)
Karburator Venturi Berubah - Ubah (Slide Carburettor Or Variable Venturi)

Karburator dengan venturi berubah-ubah menempatkan throttle valve/throttle torak (skep) berada didalam venturi dan langsung dioperasikan oleh kawat gas. Oleh karena itu, diameter venturi bisa dibedakan (bervariasi) susuai besarnya aliran campuran bahan bakar udara dalam karburator.

2. Karburator Venturi Tetap (Fixed Venturi)
Karburator Venturi Tetap (Fixed Venturi)

Karburator tipe ini merupakan karburator yang diameter venturinya tidak bisa dirubah-rubah lagi. Besarnya aliran udaranya tergantung pada perubahan throttle butterfly (katup throttle/katup gas). Pada tipe ini biasanya terdapat pilot jet untuk kecepatan idle/stasioner, sistem kecepatan utama sekunder untuk memenuhi proses pencampuran udara bahan bakar yang tepat pada setiap kecepatan.

Karburator tipe ini dalam menyalurkan bahan bakar hanya melalui main jet (spuyer utama) yang dikontrol oleh jarum (needle), karena bentuk jarum dirancang tirus. Hal ini akan mengurangi jet (spuyer) dan saluran tambahan lainnya seperti yang terdapat pada karburator venturi tetap.

3. Karburator Kecepatan Konstan (Constant Velocity Carburettor)
Karburator Kecepatan Konstan (Constant Velocity Carburettor)

Karburator tipe ini merupakan gabungan dari kedua karburator di atas, yaitu variable venturi yang dilengkapi katup gas (throttle valve butterfly). Karburator constant velocity carburettor (CV caburettor) sering juga disebut karburator vakum. Torak valve berada dalam venturi yang berfungsi agar diameter venturi berubah-ubah dengan bergeraknya torak tersebut ke atas dan ke bawah.

Pergerakan torak valve ini tidak oleh kawat gas seperti pada karburator variable venturi, tetapi oleh tekanan negatif (kevakuman) dalam venturi tersebut. Berdasarkan gambar dibawah, udara yang mempunyai tekanan sama dengan udara luar mengisi daerah di bawah diapragma.

Jenis Karburator Motor Berdasarkan Bentuk Katup Gas (Skep)

1. Karburator PE


Bagi penyuka kecepatan, karbu ini cocok untuk harian maupun balap drag motor bebek 105-125cc maupun kelas motor matic bore up hingga 200 cc, dan sangat cocok untuk yang menginginkan top speed dan turing dalam kota maupun luar kota.Karburator PE ini memiliki beberapa ukuran diantaranya : PE 24, PE 28, PE 38. Ciri- ciri karburator PE, yaitu :
  • Skep dari ukuran 20-38 mm.
  • Setelan stationer warna hitam(sudco)
  • Setelan stationer kuning (NSR SP)
  • Skep bulat berlapis krom
  • Performa tarikan bawah dan atas bagus
  • Untuk venturi 28 mampu direamer hingga 31 mm
  • Setting PJ MJ nya mudah
  • Irit bahan bakar

2. Karburator PJ

Kerburator PJ memiliki katup (skep) berbentuk oval lapis chrome. Skep oval ini memiliki kelebihan pada lintasan kabut yang lebih cepat dibanding bulat karena skep tipis. Jarak lintas ke intake manifold (saluran masuk) lebih dekat jadi bahan lebih bakar cepat sampai. Karburator PJ umumnya diperuntukan motor 2-Tak, cirinya boros bahan bakar walaupun setingan dibuat irit. 

3. Karburator PWK

Karburator PWK berbentuk skep semi flat / skep D lapis chrome, performa bagus tetapi boros bahan bakar, cocok untuk Moto Cross dan Road Race

Dilihat sekilas, secara fisik karburator ini menyerupai karburator PJ. terutama tutup katup gas (skep) yang bulat dan berwarna hitam. Tetapi PWK ini memliki bentuk skepsemi-flat / skep berbentuk D. Karburator PWK menghasilkan tenaga yang beasar. 

Untuk ukuran karburator PWK ini diantaranya : PWK 28 biasa, PWK 28 sudco, PWK 35 air stiker (sudco) dan PWK 41 pro series, tipe ini paling spesial karena untuk tarikan bawah dan atas setting karbu mudah didapat. Tetapi untuk main-jetnya tidak sama, dimensi lebih panjang. Ciri-ciri karburator PWK :
  • Performa bagus di putaran bawah keatas.
  • Meskipun karburator sudah disetting irit ,konsumsi bahan bakar arbu ini akan tetap boros (tidak dapat irit).
  • Skep semi flat bentuk skep (D)dengan lapisan chrome.
  • Spare part mudah dicari.
  • Terdapata rangkaian quads vent untuk mengurangi tenaga drop saat udara melewati venturi.
  • Cocok untuk moto cross dan road race.

4. Karburator PWL

Karburator PWL performa putaran bawah bagus tapi yang atas sering kehilangan nafas, venturinya mengecil diatas.

5. Karburator TM

Karburator TM dengan bentuk skep kotak, performa lebih bagus dibanding skep bulat, karena udara yang masuk lebih lancar dan cepat

6. Kaburator TMX

Karburator TMX bentuk skep setengah lingkaran, memilikai kelebihan akselerasi dan powerband yang rata disemua RPM

0 Response to "Jenis - Jenis Karburator Sepeda Motor"

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.