no fucking license
Bookmark

Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak Dan Fungsinya - Kepala silinder (cylinder head) adalah komponen mesin yang tempatnya ada dibagian depan di motor bebek dan dibagian paling atas untuk motor sport. Kepala silinder ini memiliki sirip - sirip yang berguna untuk proses pendinginan mesin. 

Tetapi, sirip tersebut hanya ditemukan pada mesin yang menggunakan sistem pendingin udara. Artinya, sirip - sirip tersebut tidak ditemukan pada mesin motor degan sistem pendingin oli atau sistem pendingin air (radiator). Kepala silinder juga merupakan tempat keluar masuknya bahan bakar serta menjadi bagian dari proses pembakaran dan kompresi pada mesin.

Fungsi kepala lain dari kepala silinder (cylinder head) ini adalah untuk menutup lubang silinder yang ada terdapat di dalam blok mesin. Selain itu, dalam kepala silinder terdapat komponen - komponen penting mesin motor.

Jika terdapat kerusakan pada salah satu komponen yang ada di dalam kepala silinder maka dapat mempengaruhi kerja mesin motor. Lalu apa saja komponen - komponen yang terdapat didalam kepala silinder mesin motor 4-tak ?

Komponen Kepala Silinder (Cylinder Head) Motor 4 Tak Dan Fungsinya


Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak

1. Sil Katup (Valve Seal)
Sil katup / sil klep berfungsi untuk menjaga agar oli tidak masuk ke dalam ruang bakar

2. Bos Klep (Valve Guide)
Valve guide / bos klep berfungsi sebagai jalur bergeraknya batang klep. Jika bos klep sudah aus / longgar di bagian knalpot akan timbul asap putih tipis dan perbaikannya harus diganti dan pemasangannya di tukang bubut.
Bos Klep (Valve Guide)

3. Poros Bubungan / Noken AS (Camshaft)
Poros bubungan (camshaft) / noken as berfungsi sebagai pengatur dan penggerak katup / klep didalam mesin.
Noken AS (Camshaft)

4. Gigi Sentrik (Sprocket Cam)
Sproket cam berfungsi untuk memutar camshaft atau noken as yang terdapat di kepala silinder.
Sprocket Cam

5. Klep / Katup (Valve)
Klep / katup ini ada dua macam, yaitu :
  • Katup Masuk (Intake Valve), katup yang berfungsi untuk menutup dan membuka saluran masuk atau biasa disebut Intake Manifold.
  • Katup Buang (Exhaust Valve), katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran buang atau yang biasa disebut Exhaust Manifold.
Katup (Valve) / Klep

6. Pin Pengunci (Cotter)
Cotter / pin pengunci klep / kuku macan berfungsi untuk mengunci klep / katup dan pegas katup, selain itu pasangan komponen ini adalah penahan yang berfungsi menahan cotter itu sendiri.
Cotter Dan Penahan

7. Rocker Arm
Rocker arm juga biasa disebut templar berfungsi sebagai penghubung antara noken as dengan klep sebagai pengatur naik turunnya (buka-tutup) klep.
Rocker Arm

8. Pegas Katup (Spring Valve)
Pegas katup / per klep berfungsi untuk menutup (mengembalikan katup / klep ke posisi semula), pegas katup ini menahan katup pada saat posisi membuka.
Pegas Katup (Spring Valve)

9. Saluran Masuk (Intake Manifold)
Intake manifold atau saluran masuk merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalurkan campuran udara dan bahan bakar.
Intake Manifold

10. Saluran Buang (Exhaust Manifold)
Terakhir ada exhaust manifold / saluran buang / gulu banyak, komponen ini merupakan komponen yang berfungsi untuk mengalirkan gas sisa hasil pembakaran menuju ke knalpot.
Exhaust Manifold
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.