Penyebab Mesin Mobil Mati Saat AC Dinyalakan - Trouble kali ini terjadi kondisi mesin mobil mati atau rpm naik - turun saat AC dinyalakan, kondisi mesin mobil yang seperti ini memang membuat berkendara menjadi tidak nyaman. Dan mungkin menyebabkan kehawatiran juga bagi pengendara jika sewaktu - waktu mobil mogok di jalan. Untuk itu, penting mengenali gejala atau yang menjadi penyebab rpm mesin ini naik turun.
Mobil harus scan untuk mengetahui
penyebab mesin mati atau rpm naik-turun (gantung) saat ac ac dinyalakan, tetapi analisanya masalah ini disebabkan oleh komponen Idle Speed Control (ISC) yang sudah rusak / lemah. Atau bisa saja komponen ini kotor dipenuhi kerak karbon yang menyebabkan kerja ISC tidak berfungsi dengan normal.
ISC adalah komponen yang berfungsi mengatur rpm. Utamanya ketika AC mobil mulai dinyalakan. ISC dipakai untuk semua mobil yang telah menggunakkan sistem EFI dengan bentuk yang berbeda - beda.
Gejala yang timbul rpm naik-turun di rpm 1.500 rpm- 2.000. Jika ISC sudah rusak parah, mesin menjadi tidak stabil. Terkadang rpm tidak mau turun. Bahkan mesin bisa mati karena rpm tiba-tiba drop.
RPM naik-turun (gantung) dan mesin mau mati saat AC dinyalakan |
Mobil harus scan untuk mengetahui
penyebab mesin mati atau rpm naik-turun (gantung) saat ac ac dinyalakan, tetapi analisanya masalah ini disebabkan oleh komponen Idle Speed Control (ISC) yang sudah rusak / lemah. Atau bisa saja komponen ini kotor dipenuhi kerak karbon yang menyebabkan kerja ISC tidak berfungsi dengan normal.
ISC (Idle Speed Control)
ISC adalah komponen yang berfungsi mengatur rpm. Utamanya ketika AC mobil mulai dinyalakan. ISC dipakai untuk semua mobil yang telah menggunakkan sistem EFI dengan bentuk yang berbeda - beda.
Gejala yang timbul rpm naik-turun di rpm 1.500 rpm- 2.000. Jika ISC sudah rusak parah, mesin menjadi tidak stabil. Terkadang rpm tidak mau turun. Bahkan mesin bisa mati karena rpm tiba-tiba drop.
Kejadian ini banyak dialami oleh mobil Toyota Avanza model lama serta yang baru. Penyebab kerusakan bisa disebabkan karena usia pakai. Ketahanan massa pakai komponen ini termasuk barang elektronik yang sulit untuk diprediksi.
Cara Mengganti ISC (Idle Speed Control)
Posisi letak ISC (Idle Speed Control) ini sama pada beberapa tipe mobil ini :
- Toyota Avanza
- Toyota Rush
- Daihatsu Terios
- Daihatsu Xenia.
Cara Mudah Mengganti ISC (Idle Speed Control)
- 1. Matikan mesin mobil terlebih dahulu
- 2. Lepas socket atau konektor pada ISC
- 3. Lepas sekrup penahan ISC menggunakan obeng plus (+)
- 4. Lalu cabut ISC (lama), Ganti dan pasang dengan ISC (baru)
ISC Baru |
- 5. Setelah itu pasang kembali sekrup pengunci pada ISC dan pasang socket yang menyambung pada ISC yang sebelumnya di lepas tadi.
- 6. Jika sudah selesai maka jangan lupa untuk me-reset ECU terlebih dahulu.
Harga ISC (Idle Speed Control) berkisar antara 320 rb - 430 rb.
Penggantian komponen ISC Valve tersebut dilakukan jika memang ISC sudah rusak dan tidak dapat digunakan lagi walaupun ISC sudah dibersihkan dari kotoran dan kerak karbon yang menempel.
0 Response to "Penyebab Mesin Mobil Mati Saat AC Dinyalakan"
Post a Comment
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.