no fucking license
Bookmark

Perbedaan Tipe Kijang Kapsul SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX Dan Krista

Perbedaan Tipe Kijang Kapsul SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX Dan Krista - Kijang kapsul merupakan penerus dan penyempurna dari Kijang grand ekstra, dengan desain bulat dan mesin berapasitas 1800 cc - 2400 cc. Kijang Kapsul terkenal karena kabinnya yang lapang. Kriteria inilah yang menjadi nilai plus sehingga menjadikannya sebagai primadona di tanah air. Untuk legroom dan headroom bahkan lebih baik dari Innova. Konfigurasi kursinya menghadap ke depan hingga baris ketiga, kecuali untuk seluruh tipe dari Kijang dengan wheelbase pendek. 

Dashboardnya terlihat lumayan modern tetapi sayangnya terdapat ruang / gap antara bagian bawah dashboard untuk transmisi manual. Tata letak tombol konsol tengah dapat digapai dengan mudah oleh pengemudi. Selebihnya, visibilitas pengemudi ke depan cukup luas, begitu pula ke bagian belakang dan setiap sisinya berkat ukuran spion yang besar.

Terdapat 4 tipe mesin pada kijang kapsul, yaitu mesin bensin dengan kapasitas 1800 cc masih menggunakan sistem karburator dan juga sistem injeksi EFI, mesin bensin 2000 cc dengan pasokan bahan bakar full injection, dan yang terakhir adalah  mesin diesel 2400 cc. Mobil yang berkapasitas 8-9 penumpang ini memiliki banyak 7 tipe.

Tipe - Tipe Kijang Kapsul



Kijang kapsul tedapat beberapa tipe yaitu, SX LX, SSX, LSX, SGX, LGX, Kijang Kapsul Krista. Untuk tipe standart terdapat pada versi SX dan LX, disusul tipe Deluxe SSX dan LSX, Kemudian Grand SGX dan LGX, dan untuk tipe tertinggi adalah kijang krista.

Kijang memiliki versi pendek dan panjang. Hal ini bisa dilihat dengan Huruf Pertama pada Tipenya. S untuk Short dan L untuk kijang yang Long. Perbedaannya adalah untuk tipe S kursi bagian belakang menghadap ke samping, sedangkan pada tipe L, kursi belakang menghadap ke depan. 

Sedangkan untuk interior dan aksesorsinya ditandai dengan huruf dibelakangnya, untuk lebih detailnya baca rincian berikut :

1. SX Dan LX
Tipe standar minimalis, tanpa AC, power steering, power window, dan asesoris lainnya. 

2. SSX Dan LSX
Tipe medium, bagian interior lebih bagus, sudah menggunaka AC dan sistem audio yang cukup.

3. SGX Dan LGX
Tipe lengkap, menggunakan AC double blower, power steering, power window, audio, wiper depan belakang, lampu kabut, spoiler serta bumper depan.

4. Krista
Tipe teratas dan lengkap. Eksterior lebih sporty, dengan two tone colour.

Kijang Kapsul Di Indonesia Mengalami Perubahan Di 3 Periode


1. First Edition / Edisi Pertama (th 1997 – awal th 2000)
Pada edisi keluaran pertama, kijang Kapsul dapat dikenali dengan mudah melalui wajah depannya. Edisi ini menggunakan headlamp buram (belum kristal) model tipis, untuk lampu sein berwarna oranye. 

Ciri khasnya terdapat pada lampu kabut yang terdapat di samping grill. Sayangnya, model keluaran awal ini masih menggunakan bumper besi di bagian depan. Tipe ini Menggunakan mesin 2000cc berbahan bakar bensin.

2. Second edition (th 2000 – th 2003)
Berikutnya, kijang Kapsul mendapat jatah facelift pada tahun 2000. Body steel lebih tipis dari generasi pertama dengan tujuan mengurangi harga jual. Perubahan yang dapat terlihat jelas di model lampu depan yang diusungnya berupa kristal, tetapi stoplamp masih model buram. 

Ukuran lampu depan sedikit berubah, dengan lampu sein memanjang ke belakang. Sedangkan foglamp berganti posisi ke bumper. Bahan bumpernya sendiri berupa plastik, garisnya memanjang hingga mengenai fender. Edisi ini menggunakan mesin 2000 cc bahan bakar bensin, 2400cc diesel engine, dan juga 1800cc dengan teknologi EFI.

3. Third edition (2003–2005)
LSX, LGX series, dan SGX mengalami minor change dari sebelumnya seperti bagian door trim dan interior. dan menggunakan mesin yang sama dengan second edition.
Perbedaan dari tipe SX dan LX adalah pada bagian interior dan eksterior serta perbaikan pada suspensi depan yang menggunakan pegas batang torsi.

Selain itu, sistem kemudi lebih baik dari tipe seblumnya yaitu memakai power steering dan power assist. Perubahan yang paling kentara pada tipe LSX SSX ini adalah penggunaan mesin diesel dengan sistem EFI dan sistem injection.

Spesifikasi Toyota Kijang Kapsul

  • Mesin : 1.8 liter karburator (7K) ; 1.8 liter injeksi (7K-E) ; 2.0 liter bensin (1RZ-E) ; 2.4 liter diesel (2L).
  • Tenaga : - (1.8 karbu) ; 94 HP @5.000 RPM (1,8 injeksi) ; 105 HP @4.800 RPM (2.0 bensin), 86 HP (2.4 Diesel).
  • Torsi : - (1.8 karbu) ; 155 Nm @3.200 RPM (1,8 injeksi) ; 161 Nm @2.800 RPM (2.0 bensin) ; 165 Nm (2.4 Diesel).
  • Sistem penggerak : roda belakang.
  • KonsumsiBBM : 5-11 km/L (dalam kota); 7-12 km/L (luar kota) * perkiraan
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi : Depan independent double wishbone, belakang rigid axle dengan per daun.

Kelebihan Toyota Kijang Kapsul :
  • Mesin diesel hemat.
  • Ketersediaan suku cadang terjamin dan harganya murah.
  • Perawatan sangat mudah.
  • Visibilitas yang sangat baik.
  • Ground clearance tinggi.
  • Kabin lapang.
  • Torsi maksimal dapat dirasakan pada putaran rendah hingga menengah.
  • Model awet hingga sekarang.
  • Kaki-kaki dan mesin tangguh.
  • Cukup nyaman di kelasnya.
  • Harga bertahan hingga sekarang.

Kekurangan Toyota Kijang Kapsul :
  • Mesin bensin boros.
  • Mesin 1.8 liter sangat underpower.
  • Eksterior belakang tipe SX, SX, SGX dan Rangga kurang proporsional.
  • Top speed rendah, pada kecepatan 120 km/jam mesin meraung - raung.
  • Material interior murahan.
  • Minim fitur multimedia.
  • Fitur keselamatan / keamanan hanya sebatas seatbelt.

Harga Kijang Kapsul Bekas

Soal harga, Kijang Kapsul bekas harganya tidak terlampau terjun bebas meskipun sudah berusia cukup lama. 

Kisaran harga kijang kapsul berdasarkan tipenya :
  • Tipe SX : 60-70 juta.
  • Tipe SSX : 75-80 juta.
  • Tipe SGX : 80-85 juta.
  • Tipe Rangga : 55-70 juta.
  • Tipe LX : 55-70 juta.
  • Tipe LSX : 65-80 juta.
  • Tipe LGX : 70-115 juta.
  • Tipe Krista : 80-110 juta.

Harga tersebut tergantung dari kondisi mobil yang ada saja kekurangannya. Jika ada mobil yang kilometernya sedikit dan kondisinya mulus, hal tersebut tentu menjadi barang  langka yang jarang sekali ditemui. Terlebih karena mobil ini umumnya dijadikan mobil keluarga yang selalu berkeliling kota atau antar daerah. Jika soal spare part, mobil ini masih banyak sekali yang menjual spare part-nya.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.