Sesuai dengan judul diatas, bahwa kepala silinder ( Cуlіndеr Hеаd ) adalah komponen yang masuk dalam kategori tidak bergerak. Fungsi kepada silinder adalah sebagai sebagai berikut :
a. Mencegah kebocoran tekanan pembakaran.
b. Penghantar panas pembakaran kependinginan.
c. Sebagai saluran masuk dan keluarnya udara dan gas buang.
d. Tempat kedudukan valve, injektor / busi dan lain-lain.
e. Menyalurkan pendinginan kesekitarnya.
Pada beberapa jenis mesin, silinder mempunyai jumlah yang berbeda - beda. Pada mesin - mesin yang mempunyai kubikasi kecil ( kendaraan passanger ), jumlah silinder headnya 1 ( satu ). Yang mana pada setiap lubang silinder ditutup dengan menggunakan 1 ( satu ) silinder head. Jadi jika terjadi kerusakan pada salah satu lubang silindernya maka semua lubang silinder terbuka.
Namun pada beberapa jenis mesin yang berkubikasi besar ( truk ), desain kepada silindernya berbeda. Jenis yang digunakan adalah jenis segmen yang mana pada setiap 1 ( satu ) lubang silinder terpasang 1 silinder head ( didesain terpisah ). Tujuannya adalah sebagai efisiensi dalam perbaikan. Jadi, jika terjadi kerusakan hanya pada salah satu silinder saja, maka silinder tersebut yang hanya dibuka. Sepetti yang terlihat pada gambar dibawah.
Kераlа ѕіlіndеr jеnіѕ ѕеgmеn |
Mаtеrіаl Kераlа Sіlіndеr
Sebelumnya, pabrikan menggunakan besi cor untuk pembuatan kepala silinder. Saat ini, untuk mengurangi berat dan meningkatkan kinerja, pabrikan menggunakan paduan aluminium sebagai pilihan yang lebih tepat. Alasannya karena kepala silinder paduan aluminium mempertahankan suhu lebih seragam karena konduktivitas termal yang lebih baik. Selain itu pabrikan juga menggunakan aluminium aloi pada blok silinder dan poros engkol.
Besi tuang yang digunakan untuk mencetak kepala silinder sama dengan yang digunakan untuk mencetak blok silinder. Namun, komposisi paduan aluminium biasanya sangat berbeda. Mereka mengandung 3% tembaga, 5% silikon dan 0,5% mangan dalam aluminium-alloy.
Tembaga meningkatkan kekerasan dan kekuatan, ini karena sifat aluminium dari waktu ke waktu kualitas pengerasannya berkurang karena dimakan usia. Namun perlu diingat juga bahwa fungsi alumunium ini juga mengurangi ketahanan korosi. Ada paduan alternatif yang terdiri dari 4,5% silikon, 0,5% mangan dan 0,5% magnesium dalam paduan aluminium.
Tуре Kераlа Sіlіndеr.
Kepala silinder dapat diklasifikasikan tergantung pada desain tata letak katupnya. Ada 3 jenis kepada silinder yaitu :
1. Lоор Flоw
Pada jenis ini desain letak lubang katup masuk ( intake ) dan katup buang ( exhaust ) berada pada posisi yang bersebelahan. Selain itu lubang masuk dan keluarnya berada hanya pada satu sisi pada kepala silinder.
2. Crоѕѕ Flоw Offѕеt
Pada jenis crosh flow desain letak lubang katup masuk ( intake ) dan katup buang ( exhaust ) berada pada posisi juga bersebelahan dan mirip seperti pada type loop. Namun yang membedakan adalah saluran lubang masuk dan keluarnya berada berseberangan pada kedua sisi kepala silinder.
Pada jenis yang terkahir ini desain katup masuk dan katup buang berseberangan ( berhadapan ). Lubang masuk dan buangnya juga berada pada sisi kepala silinder yang berbeda. Desain ini dipercaya dapat meningkatkan performa pada kendaraan namun harganya juga lebih mahal.
Demikianlah informasi lengkap yang dapat kami tulis mengenai fungsi kepala silinder, material kepada silinder dan jenis - jenis kepala silinder.
0 Response to "Fungsi Kepala Silinder ( Head Cylinder ), Konstruksi Dan Jenis - Jenisnya"
Post a Comment
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.