no fucking license
Bookmark

Ini Alasan Mengapa Kerangka ( Chasis ) Pada Kendaraan Bermutan Negatif ( Massa )

Apakah kalian pernah berpikir mengapa setiap chasis atau kerangka pada kendaraan bermuatan negatif ( massa ) ? pada artikel ini saya akan mengulas mengenai hal tersebut yang mana ini sangat penting bagaimana perusahaan telah membuat produknya sedemikian rupa agar kendaraan yang diproduksinya seefisien mungkin dalam penggunaan material serta mudah dalam perawatan kedepannya.

Jika kalian belum percaya kerangka pada kendaraan bermuatan negatif, kalian bisa melihat kabel pada terminal negatif bаtеrаі ( Aki ) yang dihubugkan secara langsung dengan bagian bodi kendaraan. Ini menandakan bahwa memang benar jika bodi ( chasis ) kendaraan bermuatan negatif.

Adapun alasan teknik mengapa rangka/chasis kendaraan bermuatan negatif adalah sebagai berikut :

1. Efіѕіеnѕі Pеmаkаіаn Kаbеl

Apakah kalian pernah berpikir mengapa setiap chasis atau kerangka pada kendaraan bermuatan Ini Alasan Mengapa Kerangka ( Chasis ) Pada Kendaraan Bermutan Negatif ( Massa )
Cоntоh rаngkаіаn kеlіѕtrіkаn lаmрu bеlаkаng раdа mоbіl
Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa kabel positif dari baterai mengalir menuju saklar yang berfungsi untuk memutus dan menghubugkan tegangan ke lampu belakang. Sedangkan terminal negatif baterai ke Negatif yang ditempelkan pada bodi dan terminal negatif pada baterai juga ditempelkan pada bodi kendaraan yang sama-sama bermuatan negatif. Dengan demikian maka pemakaian kabel negatif dapat dikurangi. Ini masih satu yang diirit, bagaimana jika banyak ?

Apakah kalian pernah berpikir mengapa setiap chasis atau kerangka pada kendaraan bermuatan Ini Alasan Mengapa Kerangka ( Chasis ) Pada Kendaraan Bermutan Negatif ( Massa )
Jіkа kаbеl nеgаtіf bаtеrаі lаngѕung dіhubungkаn kе ѕеtіар kоmроnеn kеndаrааn
Berbeda dengan gambar sebelumnya, bahwa gambar diatas yang mana kabel negatif baterai langsung dihubungkan ke negatif komponen kelistrikan. Ini sangat tidak efisien dan pemborosan dalam pemakaian material. Sulit untuk dibayangkan seberapa banyak kabel yang harus dibutuhkan dalam pemasangan negatif baterai.


2. Mеmudаhkаn Pеngukurаn 

Jika suatu saat terjadi trоublе ( masalah ) pada salah satu sistem kelistrikan, maka untuk memeriksa tegangan pada beban, mekanik tidak harus repot-repot menempelkan stik negatif AVO meter langsung ke negatif baterai. Melainkan langsug saja menempelkannya pada bagian chasis / bodi kendaraan.



3. Mеngurаngі Bеrаt Kеndаrааn

Kok bisa ya ? ini sangat erat kaitannya dengan yang pertama yaitu efisiensi pemakaian material ( kabel ) pada setiap komponen kelistrikan. Faktanya pada sebuah mobil yang dilengkapi dengan sistem kelistrikan yang komplek, total berat kabel jika ditimbang semuanya mencapai 20 Kg. Bayangkan, jika negatif baterai juga harus menggunakan kabel maka bisa jadi berat total kabel pada kendaraan akan sangat berat. Ini akan sangat merugikan dan mengakibatkan penggunaan bahan bakar yang boros karena berat kendaraan yang besar.

Itulah alasan teknis mengapa kerangka ( chasis ) pada kendaraan bermuatan negatif. Semua kendaraan menggunakan rangkaian yang sama. Namun pada teknologi terkini, aliran tegangan pada komponen kelistrikan sudah menggunakan frekuensi yang dapat sangat menghemat kabel.
Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.