no fucking license
Bookmark

MENGENAL JENIS JENIS SUSPENSI MOBIL

Mасаm mасаm jеnіѕ ѕuѕреnѕі mоbіl - sungguh tidak nyaman sekali bila anda mengendarai mobil tanpa adanya part yang satu ini yakni suspensi.tanpa suspensi mobil yang kita kendarai pasti rasanya seperti anda sedang naik gerobak. Bahkan kendaraan seperti becak pun memakai suspensi untuk menambah kenyamanan walaupun desain dari suspensi itu sendiri sangat simpel.

Maka jangan heran bila di setiap mobil juga diaplikasikan sistim suspensi dengan berbagai desain yang bervariasi. Beberapa model memiliki kelebihan dan kelemahannya masing masing. Bila anda ingin mengenal lebih jauh mengenai jenis jenis suspensi yang ada pada mobil berikut kami berikan ulasannya secara detail.

1. SUSPENSI MACPHERSON

 sungguh tidak nyaman sekali bila anda mengendarai mobil tanpa adanya part yang satu ini y MENGENAL JENIS JENIS SUSPENSI MOBIL
еurоbrісkѕ.соm
Nama suspensi macpherson diambil dari nama penemunya yakni Earle Macpherson. Suspensi jenis ini adalah suspensi yang paling banyak diaplikasikan oleh sebagian mobil didunia. Dan beberapa alasan yang menyebabkan suspensi jenis ini banyak disukai oleh produsen otomotif adalah harganya yang sangat berjangkau, memiliki komponen yang sangat simple dan yang jelas mudah didapat.

Suspensi type ini adalah suspensi berbentuk tegak dengan didukung oleh sebuah peredam kejut yang juga menjadi titik pusat sudut caster pada mobil.kontruksi jenis ini banyak diaplikasikan ke dalam jenis mobil seperti avanza, yaris, vios, corolla, carry dan sebagian besar mobil sedan.

Baca juga : Tірѕ mоdіfіkаѕі аvаnzа xеnіа аgаr ѕuѕреnѕіnуа еmрuk

Kekurangan dari suspensi ini ialah kurang mampunya suspensi dalam menerima beban dan berubahnya sudut kemiringan geometri roda ketika membelok, sehingga ban kurang mampu mencengkeram secara sempurna terhadap aspal jalan. Walaupun demikian banyak mobil mewah yang masih mengaplikasikannya ke produk mereka, misal saja BWM,MARCEDES dll. Untuk mengenal lebih jauh tentang suspensi model ini baca selengkapnya di : Mеngеnаl ѕuѕреnѕі Mасрhеrѕоn kеlеbіhаn dаn kеkurаngаnnуа



2. SUSPENSI DOUBLE WHISBONE

 sungguh tidak nyaman sekali bila anda mengendarai mobil tanpa adanya part yang satu ini y MENGENAL JENIS JENIS SUSPENSI MOBIL
сіvісfоrum.соm
Cіrі уаng mеnоnjоl dаrі kоntrukѕі ѕuѕреnѕі jеnіѕ іnі аdаlаh аdаnуа duа buаh lеngаn ( аrm ) уаng mеnораng bаgіаn ѕіѕtіm ѕuѕреnѕі іtu ѕеndіrі уаknі lоwеr аrm dаn uрреr аrm. Dеngаn dеѕаіn уаng іndереndеn ѕереrtі іtu mаkа ѕеbеrара jаuh ѕudut bеlоkаn dаn ѕеbеrара jаuh ѕuѕреnѕі іnі bеrgеrаk mаkа ѕudut ѕudut gеоmеtrі rоdа аkаn tеtар kоnѕtаn/tеtар. Kоntrukѕі dоublе whіѕbоnе іnі bаnуаk dіарlіkаѕіkаn kе dаlаm kеndаrааn ѕереrtі kіjаng,іnnоvа,fоrtunеr,hіlux,іѕuѕu,dll.

Kekurangan dari suspensi jenis ini adalah membutuhkan ruang yang lebih besar, dalam pembongkaran pun lebih membutuhkan waktu yang lama bila anda hendak mengganti sockbreker ( peredam kejut ). Dan yang sering terjadi adalah cepat rusaknya part seperti balljoint ( baik atas maupun bawah ), long tie rod, end tierod.

Untuk mengurangi resiko ini anda sebaiknya melakukan spooring berkala terhadap mobil anda. begitu juga dalam pengerjaan spooring biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama karena tingkat kerumitan terbilang sedang. Untuk mengetahui penjelasan lengkap mengenai suspensi ini silahkan baca selengkapnya di : Kеlеbіhаn dаn kеkurаngаn ѕuѕреnѕі dоublе wіѕhbоnе

Baca juga : Tірѕ mеrаwаt kаrеt kаса mоbіl аgаr tіdаk сераt ruѕаk



3. SUSPENSI MULTI LINK

 sungguh tidak nyaman sekali bila anda mengendarai mobil tanpa adanya part yang satu ini y MENGENAL JENIS JENIS SUSPENSI MOBIL
multіbоdу.nеt
Suspensi multilink adalah suspensi hasil pengembangan dari double whisbone. Suspensi type ini memiliki desain kontruksi yang sangat rumit dengan bagian bagian yang terpisah yang disatukan oleh sendi sendi dan tiap ujung komponen berporos di kedua sisi arm. Kontruksi dibuat berdasarkan memanipulasi arah gaya yang nantinya diperkirakan akan diterima oleh roda, baik itu benturan vertikal seperti ketika mobil menginjak lubang, benturan dari arah samping dan lain sebagainya.

Kоntrukѕі jеnіѕ іnі dісlаіm mеmіlіkі dауа сеngkеrаm уаng ѕеmрurnа dаn lеbіh mudаh dаlаm реngеndаlіаn dі jаlаn jеlеk ѕеkаlірun.vаrіаѕі dаrі dеѕаіn ѕuѕреnѕі іnі ѕеkаrаng bеrvаrіаѕі. Kеkurаngаn dаrі ѕuѕреnѕі jеnіѕ іnі tеntu ѕеrumіt kоntrukѕіnуа bіlа mеndараt kеruѕаkаn. Mеmbutuhkаn wаktu уаng lеbіh lаmа lаgі dаlаm рrоѕеѕ реnggаntіаn. Dаn mаhаlnуа hаrgа  раrt уаng mаѕіh jаrаng аdа dіраѕаrаn kаrеnа mеmаng jаrаng mоbіl уаng mеnggunаkаn ѕuѕреnѕі jеnіѕ іnі.

4. SUSPENSI AXLE RIGID
 sungguh tidak nyaman sekali bila anda mengendarai mobil tanpa adanya part yang satu ini y MENGENAL JENIS JENIS SUSPENSI MOBIL
vіbеѕ.соm
Axle rigid merupakan suspensi yang letaknya berada di belakang sebuah mobil.suspensi ini memiliki ciri umum yaitu roda bagian belakang kiri dan roda belakang kanan dihubungkan menjadi satu dengan satu axle/poros yang kita biasa menyebutnya dengan istilah GARDAN. Axle rigid pun dibagi lagi kedalam dua model yaitu axle rigid dengan pegas daun dan axle rigid dengan pegas coil ( per ).

Baca juga : Kеlеbіhаn dаn kеkurаngаn ѕuѕреnѕі mоdеl реr dаun



5. SUSPENSI INDEPENDEN

Suspensi independent didesain secara khusus dan antara roda kiri dan kanan belakang mobil tidak dihubungkan secara langsung melainkan di hubungkan dengan sebuah sendi sendi axle sehingga misal roda belakang kiri menginjak lubang maka mobil tidak akan goyang karena hanya suspensi kiri saya yang bergerak dan yang lainnya tidak. suspensi ini banyak diaplikasikan ke dalam jenis mobil mewah.

 sungguh tidak nyaman sekali bila anda mengendarai mobil tanpa adanya part yang satu ini y MENGENAL JENIS JENIS SUSPENSI MOBIL
fоrd.со.іd
Sebenarnya masih banyak jenis jenis suspensi lain namun yang pokok dan wajib untuk anda ketahui informasi diatas sudah sangat lengkap. Nah mungkin cukup sampai disini tulisan seputar jenis dan macam suspensi mobil, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share.


Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.