1. Jenis ban yang tidak menggunakan ban dalam disebut….
a. with tube
b. tubeless
c. tyre
d. carcass
e. michelin
2. Meredam kejutan secara simultan/terus menerus merupakan fungsi dari….
a. roda
b. ban
c. velg
d. rantai
e. ruji
3. Ban yang lebih kuat, lebih stabil, bias menghemat bensin, tetapi harganya relative lebih mahal merupakan jenis ban….
a. balap
b. touring
c. modifikasi
d. radial
e. With tube
4. Sifat roda yang dibutuhkan pada sepeda motor yaitu....
a. Kuat, Kaku, Ringan
b. Kuat, Lentur, Ringan
c. Kuat, Lentur , Berat
d. Elastis, Kaku, Ringan
e. Elastis, Lentur, Berat
5. Ada 3 bagian roda pada sepeda motor, yaitu ....
a. Hub roda, gear roda, dan pelek roda
b. Jari-jari roda, pelek roda, dan ban
c. Hub roda, pelek roda, dan ban
d. Hub roda, ban dalam, ban luar
e. Hub roda, ban dalam, dan pelek roda
6. Hub dan pelek roda pada sepeda motor dihubungkan oleh....
a. Jari-jari
b. Poros
c. Rantai
d. Bodi
e. Plat tambahan
7. Design roda/pelek tergantung dari tipe...
a. Struktur, material dan biaya produksi
b. Pesanan, material dan biaya
c. Struktur, material dan trend
d. Struktur, material dan metode pembuatan
e. Struktur, material dan bahan pembuatan
Untuk soal no 10-12 perhatikan gambar di bawah ini!
8. Komponen no 1 pada gambar diatas yaitu...
a. Pelek
b. Jari-jari
c. Tromol
d. Roda
e. Ban
9. Komponen no 2 pada gambar diatas yaitu....
a. Pelek
b. Jari-jari
c. Tromol
d. Roda
e. Ban
10. Komponen no 3 pada gambar diatas yaitu...
a. Pelek
b. Jari-jari
c. Tromol
d. Roda
e. Ban
11. Tipe roda yang paling sering digunakan pada sepeda motor saat ini adalah...
a. Tipe roda jari-jari
b. Tipe roda dari composit
c. Tipe roda dari paduan tuang
d. Roda tipe khusus
e. Tipe roda dari paduan alumunium
12. Bagian ban area luar terbuat dari bahan.......karena bersentuhan langsung dengan tanah/aspal.
a. Karet yang lembut
b. Busa yang keras
c. Karet yang kasar
d. Karet yang keras
e. Fiberglass
13. Bagian luar ban disebut...
a. Breaker
b. Carcas
c. Tread
d. Layer
e. Hub
14. Lapisan bagian dalam ban disebut..
a. Breaker
b. Carcas
c. Tread
d. Layer
e. Jawaban A,B,C benar
15. Memiliki ciri-ciri lebih kuat, lebih stabil, tetapi harganya relatif lebih mahal. Ini adalah ban jenis...
a. Radial
b. Biasa
c. Tubeless
d. Cadangan
e. Composit
16. Kode ban memberikan informasi tentang.........dan.......dari ban
a. Ciri-ciri khusus, kerataan
b. Kelayakan, kerataan
c. Ciri-ciri umum, kerataan
d. Ciri-ciri umum, kelayakan
e. Kestabilan, keausan
17. Kode “4PR” pada ban menjelaskan bahwa....
a. Jumlah lapisan
b. Tebal lapisan
c. Lebar lapisan
d. kekuatan
e. Kecepatan
18. Rolling resistance/ban yang kempes menjadikan mobil melaju...
a. Lebih berat
b. Lebih ringan
c. Lebih cepat
d. Tidak seimbang
e. Berat sebelah
19. Kelebihan ban tubeless dibandingkan ban biasa adalah.....
a. Memiliki ban dalam dan bersifat statis
b. Tanpa ban dalam dan bersifat elastis
c. Tidak memerlukan banyak tekanan angin
d. Tidak akan pernah bocor
e. Tidak akan aus
20. Alat pengukur tekanan angin pada ban yaitu....
a. Dial gauge
b. Micrometer
c. Tyre gauge
d. Compresion tester
e. Feeler gauge
21. Jarak main bebas rantai roda pada pemeriksaan rantai roda adalah … mm
a. 15 - 20
b. 20 - 35
c. 25 – 35
d. 35 - 45
e. 45 - 50
22. Untuk mengencangkan mur selongsong roda belakang sesuai dengan torsi yang ditentukan adalah sebesar … kg-m
a. 3,5
b. 4,5
c. 5,0
d. 5,5
e. 6,5
23. Pada tahap penyetelan anda dapat melumasi rantai roda dengan dengan ….
a. oli bekas
b. spiritus
c. bensin
d. minyak pelumas transmisi
e. Minyak tanah
24. Istilah untuk perubahan bentuk perbaikan rantai adalah ….
a. deformasi
b. transformasi
c. denominasi
d. evolusi
e. revolusi
25. Jarak main bebas rantai roda yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian ….
a. roda
b. mesin
c. rangka
d. starter
e. Ban dan roda
26. Salah satu larangan adalah untuk tidak memasang rantai roda baru pada ….
a. sproket yang baru
b. sproket yang telah aus
c. Sproket yang lama dipakai
d. sproket
e. Sproket yang masih bagus
27. Menyetel tegangan rantai roda dapat dilakukan dengan menggunakan ….
a. baut
b. bor
c. mur
d. obeng
e. kunci
28. Rantai roda dan sprocket, setelah dilakukan perbaikan harus dalam kondisi yang ….
a. baru
b. baik
c. awet
d. aus
e. mahal
29. Jika terdapat kelebihan minyak pelumas yang digunakan untuk melumasi rantai roda, maka yang seharusnya dilakukan adalah ….
a. membuangnya
b. membiarkannya
c. menyikatnya
d. mengambil kembali
e. membersihkannya
30. Jika rantai roda menjadi kotor sekali, rantai roda harus segera ….
a. diperiksa
b. Dibongkar kemudian dilumasi
c. Disikat atau dicuci
d. diperiksa kemudian dicuci
e. Dibuka dan dibersihkan sebelum dilumasi
Jawaban ( Jawaban ini adalah versi penulis)
1. B
2. B
3. D
4. A
5. C
6. A
7. D
8. A
9. B
10. C
11. A
12. D
13. C
14. A
15. A
16. C
17. A
18. A
19. B
20. C
21. C
22. B
23. D
24. A
25. C
26. B
27. E
28. B
29. C
30. E
0 Response to "Soal + Jawaban Sistem Roda dan Ban Sepeda Motor"
Post a Comment
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.