no fucking license
Bookmark

Teknologi Tranmisi pada MotoGP

 

Apa itu Seamless Shift Gearbox Pada Motor MotoGP


Ketika kita melihat akselerasi sepeda motor MotoGP di MotoGP pasti sedikit heran kenapa sangat cepat yang jelas berbeda saat perpindahan gigi pada motor ini terkesan seperti motor matic saja padahal ini motor balap namun perpindahan giginya seperti tanpa jeda dan juga halus. Sangat berbeda jika dibandingkan kita mengendarai motor sport dengan Gearbox biasa.  saat kita menarik kopling dan mengganti pasti ada jeda waktu teknologi yang dipakai ini bernama Seamless Shift Gearbox . Seamless Shift Gearbox  mempunyai fungsi memperhalus dan mempercepat perpindahan gigi karena di dunia balap motor MotoGP selisish sepersekian detik  saja sangat berarti.

Hampir sama dengan gear shift. Pembalap Bisa melakukan perpindahan gigi tanpa menarik tuas kopling yang mana dengan cara mematikan mesin sepersekian detik. Namun untuk Seamless Shift Gearbox hentakan saat melakukan perpindahan gigi tidak ada dan teknologi ini harganya juga sangat mahal. Mungkin di antara kita masih ada yang asing dengan teknologi transmisi yang satu ini sebenarnya sudah lazim digunakan pada mobil balap F1 .pertama kali dikembangkan pada motor MotoGP pada tahun 2008. Hal ini bermula saat team balap HONDA  diajang balap F1 mengundurkan diri karena masalah ekonomi global yang terjadi pada saat itu. saat itu banyak mekanik bekas F1 ditarik menjadi teknisi pada tim balap Honda MotoGP. Dari sinilah awal mula dikembangkan teknologi  Seamless Shift Gearbox untuk motor MotoGP. teknologi ini juga merupakan solusi atas pelaranagan dual cluth tranmision untuk motor MotoGP oleh dorna sport.

Dimana teknologi tersebut juga sudah lazim digunakan pada mobil balap. selama 2 tahun Honda mengembangkan teknologi motor Honda arsi 212V mereka. lalu akhirnya mereka bisa secara sempurna mengaplikasikan teknologi ini pada motor arsi 212V pada tahun 2011 dengan Seamless Shift Gearbox motor 800 cc tersebut hanya membutuhkan waktu 0,009 detik untuk melakukan perpindahan transmisi. padahal saat itu Yamaha M1 yang belum dilengkapi Seamless Shift Gearbox milik tim pabrikan Yamaha Butuh Waktu 0,038 detik . hasilnya dapat ditebak pada musim tersebut honda  mendominasi balapan hingga meraih gelar juara dunia pada balapan pada musim itu.

Ahirnya pada musin 2015 baik honda, yamaha, suzuki maupun Ducati memiliki teknologi yang sama yang mampu mempercepat dan memperhalus perpindahan gir tersebut.

Yang kemudian disusul juga oleh pabrikan lainya. Lalu sebenarnya apa kegunaan Seamless Shift Gearbox ini salah satu yang paling penting adalah untuk memangkas jeda waktu saat ini gear. Baik itu up sift maupun down sift pada tranmisi konvensional saat melakukan perpindahan gear terdapat jeda transmisi Netral yakni sebuah keadaan di mana selektor tranmisi belum berada pada gear yang dituju. Hal ini membuat penyaluran Tenaga dari mesin menuju ban belakang terputus. Dan ketika gear sudah masuk ke gear yang dituju belakang akan mendapatkan tenaga yang besar secara mendadak. Hal ini bisa membuat ban belakang mengalami sepin dan motor bisa mengalami williy, tentunya hal tersebut sangat mengurangi catatan lap time pada pembalap.

Teknologi Seamless Shift Gearbox hadir untuk menghilangkan segala efek negatif itu. Dengan teknologi Seamless Shift Gearbox lebih mudah dalam perpindahan gear ini karena tidak ada jeda waktu Netral pada transmisi ini. Saat pembalap melakukan perpindahan posisi Gear yang dituju lansung terhubung  yang digunakan sebelumnya juga masih terhubung dan akan berubah sendiri dengan sendirinya sebelum gearbox mengunci pada transmisi yang dituju.

keuntungan yang didapat adalah:

  1.        Mesin akan terus Selalu tersalurkan ke roda belakang ketika memindahkan transmisi
  2.        Kompon ban menjadi lebih awet karena gejala slip berkurang
  3.        Motor lebih mudah dikendarai karena perpindahan tranmisi yang sangat halus

Lalu barapakah waktu yang bisa dipangkas dari Seamless Shift Gearbox? Katakan lah setiap pembalap mengalami 40 kali perpindahan tranmisi di sekali putaran dan Seamless Shift Gearbox dapat memangkas waktu perpindahan transmisi 0,022 detik dari transmisi konvensional maka dalam satu lab Seamless Shift Gearbox ini waktu mampu memangkas waktu lap time 0,88 detik. Pemangkasan waktu ini sangat berharga untuk balapan seketat MotoGP.

Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.