Arti Pin Kiprok Motor Yamaha, Honda, Suzuki
Mengenal tentang Regulator/kiprok pada sepeda motor, pada umumnya arus listrik yang dihasilkan dari spull sepeda motor adalah arus AC(Arus bolak-balik) maka dari itu pada setiap sepeda motor selalu dibekali dengan komponen yang bernama Regulator/kiprok.
Kiprok fungsinya sebagai penyearah arus listrik yang di hasilkan oleh spull motor menjadi DC(Arus searah) pada saat kondisi mesin hidup maka spull akan mengeluarkan arus listrik AC kemudian akan masuk ke kiprok dan keluar dari kiprok arus listrik yang dihasilkan dari spull tersebut akan menjadi arus DC.
Setelah arus listrik berubah menjadi DC maka akan masuk ke Aki motor dan ini di namakan sistem pengisian atau pengecasan karena aki motor adalah ber arus DC, jika aki motor sudah terisi penuh maka kiprok akan otomatis menghentikan pengisian pasokan listrik ke aki motor tersebut sehingga tidak terjadi overcharge terhadap aki.
Jika kiprok rusak maka sistem pengisian terhadap aki juga akan terhenti dan aki juga akan mengalami kerusakan, selain itu fungsi kiprok adalah untuk membatasi arus listrik dan mensetabilkan arus listrik terhadap lampu motor yang sumber listriknya didapat dari spull, jika kiprok rusak tidak hanya aki saja yang akan rusak tetapi salah satu penerangan motor yaitu lampu akan cepat putus pada saat rpm tinggi.
Bаса jugа : Wаrnа Kаbеl Sеmuа Mоtоr
Mari belajar bersama mengenal pin-pin yang ada pada soket kabel Regulator/kiprok sepeda motor.
YAMAHA
Pin 1 Kabel hitam (massa dan negatif aki)
Pin 2 Kabel putih (dari spull pengisian)
Pin 3 Kabel kuning (ke lampu penerangan)
Pin 4 Kabel merah (ke batteray +)
HONDA
Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel kuning (ke lampu)
Pin 3 Kabel putih (dari spull pengisian)
Pin 4 Kabel hijau (massa dan negatif aki)
SUZUKI
Pin 1 Kabel hitam strip putih (massa dan negatif aki)
Pin 2 Kabel Putih strip merah (dari spull pengisian)
Pin 3 Kabel kuning strip putih (ke lampu)
Pin 4 Kabel merah (ke batteray +)
YAMAHA OLD VIXION
Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel hitam (massa dan negatif aki)
Pin 3 Kabel putih (ke spull)
Pin 4 Kabel putih (ke spull)
Pin 5 Kabel putih (ke spull)
HONDA TIGER DAN MEGA PRO PRIMUS
Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel hitam (ke kunci kontak, cdi, speedometer, lampu-lampu, dan kelistrikan lainnya
Pin 3 Kabel hijau (massa dan negatif aki)
Pin 4 Kabel kuning (ke spull)
Pin 5 Kabel kuning (ke spull)
Itulаh реnjеlаѕаn dаrі ѕауа tеntаng аrtі dаrі ріn kірrоk ѕереdа mоtоr jіkа аdа уаng mаu mеnаmbаhkаn аtаuрun уаng dіtаnуаkаn ѕіlаhkаn tulіѕ dі kоlоm kоmеntаr. Sumber https://servismesinmotor.blogspot.com
Kiprok fungsinya sebagai penyearah arus listrik yang di hasilkan oleh spull motor menjadi DC(Arus searah) pada saat kondisi mesin hidup maka spull akan mengeluarkan arus listrik AC kemudian akan masuk ke kiprok dan keluar dari kiprok arus listrik yang dihasilkan dari spull tersebut akan menjadi arus DC.
Setelah arus listrik berubah menjadi DC maka akan masuk ke Aki motor dan ini di namakan sistem pengisian atau pengecasan karena aki motor adalah ber arus DC, jika aki motor sudah terisi penuh maka kiprok akan otomatis menghentikan pengisian pasokan listrik ke aki motor tersebut sehingga tidak terjadi overcharge terhadap aki.
Jika kiprok rusak maka sistem pengisian terhadap aki juga akan terhenti dan aki juga akan mengalami kerusakan, selain itu fungsi kiprok adalah untuk membatasi arus listrik dan mensetabilkan arus listrik terhadap lampu motor yang sumber listriknya didapat dari spull, jika kiprok rusak tidak hanya aki saja yang akan rusak tetapi salah satu penerangan motor yaitu lampu akan cepat putus pada saat rpm tinggi.
Bаса jugа : Wаrnа Kаbеl Sеmuа Mоtоr
Mari belajar bersama mengenal pin-pin yang ada pada soket kabel Regulator/kiprok sepeda motor.
YAMAHA
Pin 1 Kabel hitam (massa dan negatif aki)
Pin 2 Kabel putih (dari spull pengisian)
Pin 3 Kabel kuning (ke lampu penerangan)
Pin 4 Kabel merah (ke batteray +)
HONDA
Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel kuning (ke lampu)
Pin 3 Kabel putih (dari spull pengisian)
Pin 4 Kabel hijau (massa dan negatif aki)
SUZUKI
Pin 1 Kabel hitam strip putih (massa dan negatif aki)
Pin 2 Kabel Putih strip merah (dari spull pengisian)
Pin 3 Kabel kuning strip putih (ke lampu)
Pin 4 Kabel merah (ke batteray +)
YAMAHA OLD VIXION
Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel hitam (massa dan negatif aki)
Pin 3 Kabel putih (ke spull)
Pin 4 Kabel putih (ke spull)
Pin 5 Kabel putih (ke spull)
HONDA TIGER DAN MEGA PRO PRIMUS
Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel hitam (ke kunci kontak, cdi, speedometer, lampu-lampu, dan kelistrikan lainnya
Pin 3 Kabel hijau (massa dan negatif aki)
Pin 4 Kabel kuning (ke spull)
Pin 5 Kabel kuning (ke spull)
Itulаh реnjеlаѕаn dаrі ѕауа tеntаng аrtі dаrі ріn kірrоk ѕереdа mоtоr jіkа аdа уаng mаu mеnаmbаhkаn аtаuрun уаng dіtаnуаkаn ѕіlаhkаn tulіѕ dі kоlоm kоmеntаr. Sumber https://servismesinmotor.blogspot.com
Post a Comment for "Arti Pin Kiprok Motor Yamaha, Honda, Suzuki"
Post a Comment
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.