Casan aki ini terbilang cukup sederhana dikarenakan kita menggunakan bahan yang mudah dicari di sekitar kita.
Akan tetapi anda harus mengetahui dahulu arti pin kiprok yang ingin anda gunakan untuk membuat charger aki tersebut karena pada setiap kiprok memiliki pin yang berbeda - beda fungsinya, baik itu kiprok motor yamaha, honda, suzuki Atau yang lainnya.
Bаса Jugа : Artі Pіn Kірrоk Mоtоr
Kita juga harus berhati - hati untuk membuatnya jika kita salah maka akan merusak komponen tersebut dan tentunya juga kita akan menggunakan listrik PLN yang ada di rumah kita.
Untuk langkah pengerjaanya kita mulai saja dari trafo yang sudah kita siapkan,
Kali ini kita akan menggunakan trafo 3 ampere dan kiprok motor yamaha.
Saya akan membahas dua buah charger dengan menggunakan trafo yang berbeda yaitu trafo CT dan trafo non CT atau trafo NOL (0), dan dibawah ini saya sudah siapkan wirring charger aki otomatis menggunakan trafo 3 ampere, kiprok, dan dioda, dimana fungsi dioda adalah sebagai penyearah yang merubah arus bolak - balik (AC) menjadi arus searah (DC).
Rаngkаіаn сhаrgеr mеnggunаkаn trаfо CT
Rаngkаіаn сhаrgеr mеnggunаkаn trаfо nоn CT аtаu trаvо NOL (0)
Bаса jugа : Cаrа Mеmbuаt Rаngkаіаn Inѕtаlаѕі Lаmрu Sеіn Mоtоr
Pada gambar di atas adalah skema pemasangan casan atau charger aki yang menggunakan kiprok sepeda motor, kita menggunakan trafo 3 ampere dan menggunakan output dari trafo yang menuju ke kiprok sebesar 18 volt, dan itu masih arus bolak - balik (AC), setelah kita tambahkan dioda maka arus yang tadinya bolak - balik (AC) maka akan berubah menjadi arus searah (DC). dan arus tersebut akan setabil di tegangan searah (DC) kurang lebih 13 - 14 volt pada output kiproknya.
Kiprok ini bersifat charger otomatis karena setelah aki tersebut penuh maka kiprok ini akan berhenti dalam pengisian atau pengecasannya, pada saat pengisian kiprok ini akan menjadi hangat karna pada saat itu kiprok masih bekerja untuk pengisian aki, tetapi setelah Aki penuh maka kiprok akan menjadi dingin di karenakan kiprok sudah tidak melakukan pengisian terhadap aki, dan yang paling penting beri pendingin pada komponen charger tersebut menggunakan kipas kecil supaya suhu komponen dapat terjaga dan tidak terjadi panas yang berlebih pada saat charger tersebut digunakan selama berjam - jam.
Mungkіn іtu ѕеdіkіt реnjеlаѕаn dаrі ѕауа tеntаng реmbuаtаn аtаu реrаkіtаn сhаrgеr аkі оtоmаtіѕ уаng mеnggunаkаn ѕеbuаh kірrоk ѕереdа mоtоr, jіkа mаѕіh аdа уаng bіngung ѕіlаhkаn bеrtаnnуа. Sumber https://servismesinmotor.blogspot.com
0 Response to "Cara Membuat Casan/Charger Aki Motor Pakai Kiprok"
Post a Comment
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.