no fucking license
Bookmark

Cara Memperbaiki Regulator KIPROK rusak,pada sepeda motor Mio Soul

S P C E.com ! Assalamualaikum wr wb, saifulcomelektronik dalam kesempatan kali ini akan mengulas sedikit tentang Cara Memperbaiki Regulator KIPROK yang rusak, pada sepeda motor Meo, Regulator Kiprok adalah sebuat alat yang terdapat pada sepeda motor yang bertugas sebagai pensetabil tengangan listrik pada sepeda motor tersebut, pungsi dari Regulator Kiprok tersebut adalah merubah arus AC dari coil sepeda motor tersebut menjadi Arus DC lalu arus DC dialirkan ke baterai AKI agar Baterai selalu dalam keadaan terisi jika sepeda motor di hidupkan.



Cara Mengetahui Kerusakan umum Regulator Kiprok

1. Kerusakan Regulator Kiprok sering terjadi adalah panas berlebihan pada Regulator Kiprok tersebut apabila mesin sepeda motor di hidupkan. 2. Jika Baterai Aki sepeda motor sering mati alias jebol, padahal baterai Aki tersebut masih dalam keadaan baru itu artinya Regulator Kiprok sudah rusak, Karna mengalami kebocoran arus AC melewati qutput DC. 3. Jika Keadaan baterai Aki masih baru namun sering kali mengecas batrai tersebut dan baterai tersebut tekor kembali, pada saat menjalankan sepeda motor tersebut beberapa kilo meter kemudian. jika mengelami demikian artinya Regulator Kiprok Sudah mati total.

Nah, Para pembaca setia saifulcomelektronik.com, 3 poin diatas adalah kerusakan umum yang sering terjadi pada Regulator Kiprok sepeda motor. Namun anda tidak usah kuwatir, dalam kesempatan kali saya akan berbagi buat anda semua tentang cara memperbaiki Regulator Kiprok yang rusak. Sebenarnya didalam Regulator Kiprok tersebut terdapat sususan komponen elektronik, terdiri dari
Transistor, Resistor, Diode, Kapasitor Kemudian komponen tersebut di susun dirakit dan diberi pendingin sehingga menjadi sebuat alat yaitu Regulator Kiprok sepeda motor. Perhatikan gambar dibawah ini, Gambar Regulator Kiprok sepeda motor yang sudah saya bongkar.



Gambar diatas adalah gambar Regulator Kiprok sepeda motor MIO saya sendiri yang rusak, kemudian saya bongkar lem siliconnya, kenapa saya bongkar ? Karna saya mencurigai alat ini. Kenapa saya mencurigai alat ini ? Karna battrai Aki sepeda motor saya sering kali tekor, padahal saya baru mengecas batrai tersebut menggunakan alat pengecas baterai AKI.

Kerusakan Regulator Kiprok sepeda motor saya adalah salah satu PIN konektor telepas dan gosong dipangkal pin konektornya, pin tersebut menyatu pada komponen Regulator Kiprok itu sendiri, sehingga batrai aki tidak mendapat suplay teganggan DC dari Regulator Kiprok Tersebut, sehingga baterai menjadi tekor. Kemudian, pin konektor yang terlepas tersebut saya sambungkan kembali menggunakan Solder listrik. Untuk menyambungkan kaki pin yang putus tersebut harus membongkar lem SILIKON Regulator Kiprok dari cangkangnya, untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini :



Pungsi Lem SILIKON pada Regulator Kiprok Tersebut adalah sebagai pelindung dari AIR komponen yang terdapat pada Regulator Kiprok tersebut.
Kesimpulannya

Nah, Didalam Regulator Kiprok sepeda motor tersebut  terdapat komponen – komponen yang mudah di ganti dan di  temukan satu persatu di pasaran. Artinya bahwa : Regulator Kiprok tersebut bisa di perbaiki tampa harus membeli Regulator Kiprok yang baru yang tergolong mahal juga,….
Sahabat Pembaca setia S P C E.com demikian dulu artikel yang satu ini yang membahas Cara Memperbaiki Regulator KIPROK sepeda motor Meo Soul yang rusak semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. jika ada yang salah dengan penjelasan pada artikel ini, anda bisa menambahkannhya memlalui kolom komentar yang tersedia pada website yang sederhana ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih,….


Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.