no fucking license
Bookmark

Pembagian Sistem Starter Sepeda Motor Secara Umum

Sistem starter berfungsi memberikan tenaga putar bagi mesin untuk memulai siklus kerja mesin.dan sistem stater speda motor rebagi atas dua bagian yakni:

1)  Sistem Starter Elektrik
Pada umumnya menggunakan motor listrik, yang dipasangkan/ dihubungkan dengan poros engkol menggunakan perantara roda gigi maupun rantai. Sumber tegangan diperoleh dari tegangan baterai, dan motor starter harus dapat menghasilkan momen yang besar dari tenaga yang kecil yang tersedia pada baterai. Hal lain yang  harus  diperhatikan  adalah  konstruksi  motor  starter  harus sekecil mungkin. Kebanyakan sistem starter menggunakan motor seri arus searah (DC).

2)  Sistem Starter Manual / Kick Starter
Merupakan sistem starter dengan menggunakan tuas/engkol, dan dihubungkan  ke  poros  engkol   melalui  serangkaian  mekanisme poros,  pegas  dan  roda  gigi  penghubung.  Sistem  starter  tipe  ini
dioperasikan  secara  manual,  untuk  dapat  menghidupkan  mesin
maka  kita  perlu  mengoperasikan  sistem  starter  dengan  cara menekan/menginjak tuas/engkol starter sampai mesin hidup.

Kоmроnеn Sіѕtеm Stаrtеr Elеktrіk
1)  Bаtеrаі, merupakan sebuah alat elektro-kimia yang dibuat untuk mensuplai energi listrik tegangan rendah (pada sepeda motor menggunakan 6 Volt dan atau 12 Volt) ke sistem pengapian, starter, lampu dan komponen kelistrikan lainnya. Baterai menyimpan listrik dalam  bentuk  energi  kimia,  yang  dikeluarkan  apabila diperlukan sesuai beban/sistem yang memerlukannya.
2)  Kunсі Kоntаk, berfungsi sebagai saklar utama untuk menghubung dan memutus (On-Off) rangkaian kelistrikan sepeda motor.
3)  Rеlау  Stаrtеr  (Mаgnеtіс Swіtсh), sebagai  relay  utama  sistem
starter  yang  berfungsi  untuk  mengurangi  rugi  tegangan  yang disalurkan dari baterai ke motor starter.
4) Sаklаr Stаrtеr (Stаrtеr Swіtсh), berfungsi sebagai saklar starter
yang bekerja pada saat kunci kontak pada posisi ON.
5)  Mоtоr Stаrtеr, merupakan motor starter listrik (kebanyakan tipe DC) yang berfungsi untuk mengubah tenaga kimia baterai menjadi tenaga putar yang mampu memutarkan poros engkol untuk menghidupkan mesin.

Gаmbаr . Kоmроnеn Sіѕtеm Stаrtеr Elеktrіk

Gаmbаr . Skеmа Rаngkаіаn Sіѕtеm Stаrtеr Elеktrіk


Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.