no fucking license
Bookmark

Penyebab Oli Mesin Motor Cepat Habis

 pada artikel ini sekaligus menjadi jawabannya Penyebab Oli Mesin Motor Cepat Habis

Untuk kemarin yang bertanya tanya, kenapa oli pada motor bisa sampe habis? Nah, pada artikel ini sekaligus menjadi jawabannya.


Jangan sampai kalian mengalami cuma karena lupa ganti oli yang cuma 100rb ke bawah, malah jadi harus ganti blok mesin dan yang lainnya yang bisa habis 1jt lebih.

Gaspol Terus


Cara berkendara yang suka gaspol sampai red line bisa jadi penyebab oli motor cepat menguap, karena full throttle terus.

Juga ditambah sering ketemu macet, mesin pasti panas. Karena panas itulah oli menguap. Saran kami lebih baik bawa motor santuy saja, tidak usah seperti dikejar revo koprasi.

Ring Piston Aus


Lagi manasin motor, eh pas lihat knalpot kok ada asap putih yang keluar, terus baunya tidak enak. Nah, itu bukan pertanda bagus.

Itu adalah sebuah pertanda sederhana kalau Ring Piston motor kita sudah aus. Ada oli yang masuk ke ruang pembakaran, jadi asap itu adalah tanda ada oli yang ikut terbakar.

Hal seperti ini secepatnya wajib diganti, kalau dibiarkan begitu saja yang pasti mesin jajannya bakal bikin dompet terkuras banyak.

Jarang Ganti Oli


Ini hampir bisa dibilang mustahil kalau kalian memang petrolhead. Ganti oli itu sudah ibarat seperti "say hai" tiap pergi ke gebetan, tidak boleh dilupain.

Mungkin ada beberapa momen kita "terpaksa" kalau oli sampai limit apalagi pas masa masa pandemi kaya gini kan.

Saran kami oli itu wajib diganti setiap 2000-2.500 km atau kalau jarang dipakai oli diganti paling lama 3 bulan. Jadi tinggal pilih saja yang mana duluan yang dicapai.

SAE Tidak Sesuai


10W-30 / 20W-50 itu namanya SAE atau bahasa mudahnya tingkat kekentalan oli. Ini juga harus jadi bahan pertimbangan kalian.

Oli boleh ganti merk lain, tapi pastikan nilai SAE atau kekentalan olinya sesuai dengan bawaan pabrik. Karena kalau beda bisa jadi tarikan lebih enteng, tapi olinya cepat menguap.

Disebabkan nilai viskositasnya rendah tidak sesuai dengan rekomendasi pabrik. Jadi kalau mau coba ganti oli merk lain, pastikan nilai SAE-nya sama.

Seal / Gasket Aus


Melihat mesin mulai ada bercak basah? Pas dipegang lengket, dan pas dicium bau oli. Yaps motor kalian berarti baru saja mengalami rembes.

Tapi tenang, oli rembes ini biasanya cuma karena Seal/Gasket yang sudah aus atau getas.


Jadi solusinya tinggal ke bengkel dan menggantinya. Untuk harganya biasanya tidak sampai 50rb. Tapi biasanya juga jasa bongkarnya yang mahal. Apalagi kalau daerah rembes lumayan ribet.

Post a Comment

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.